Review Fruit Fusion: Game Buah-Buahan yang Kurang Matang

Game Review - naruto - May 12, 2015

  1. Tổng

    7.3/10

    Graphic
    Sound
    Game Play

    Playtoko.com – Inovasi bisa datang dari mana saja, dan Fruit Fusion menunjukkan bahwa game three tiles matching tidak melulu didesain dalam petak-petak. Tetapi rasanya game buatan Insomniac Games ini perlu polesan biar lebih matang.

    [​IMG]

    Game bergenre puzzle dengan bentuk three tiles matching sudah membuatmu bosan? Banyak pengembang game yang mencoba berinovasi dengan game macam ini – beberapa sukses, beberapa jatuh pada lubang kegagalan yang sama. Dari game klasik macam Bejeweled, lalu Candy Crush Saga yang digandrungi para cewek maupun penggemar game kasual , hingga game Eggward’s Lab karya anak bangsa yang saya ulas minggu lalu, kini kita akan menjumpai sebuah game iOS baru berjudul Fruit Fusion .

    Kalau mau ditelusuri lebih jauh, three tiles matching sendiri berasal dari mesin arcade pachinko slot, di mana kamu harus mendapatkan tiga gambar yang sama – atau kalau beruntung ya dapat angka 777 – untuk mendapatkan hadiah. Adiksi manusia dengan jenis game yang demikian tentu saja dipengaruhi oleh banyak hal – misalkan saja, keberuntungan pemula – namun saya juga bisa merasakan betapa nikmatnya menanti-nantikan satu gambar terakhir yang kita harapkan sama dengan dua gambar yang sudah nongol terlebih dahulu.

    Lagipula, manusia memang suka mencari dan menemukan pola, sehingga pola tiga gambar atau tiga angka ini nggak pernah ada habisnya dimainkan oleh para gamer kasual yang tidak mencari keseriusan dalam bermain game. Lalu apa yang spesial dari Fruit Fusion yang dikembangkan oleh Insomniac Games ini? Tentu saja, selain gembar-gembor bahwa pengembangnya telah mengembangkan game-game terkenal macam Ratchet & Clank maupun Spyro the Dragon (yang kedua pasti pernah kamu mainin, deh).

    [​IMG]
    Sang profesor sedang menjelaskan cara main Fruit Fusion

    Kalau kita biasa bermain puzzle dengan gaya three tiles matching, kamu akan segera mengetahui bahwa game A mirip game B, dan seterusnya, dari penataan ikon-ikon yang akan dipasangkan. Memang, kebanyakan akan disusun dalam petak-petak a la Candy Crush Saga yang masih nangkring sebagai salah satu game kasual favorit. Game three tiles matching yang bisa dibilang berbeda dengan yang sudah saya sebutkan, misalkan saja Zuma, meskipun menurut saya Zuma lebih linier karena ikon-ikon yang akan dipasangkan hanya terletak pada satu garis.

    Fruit Fusion sendiri bisa dikatakan lebih cenderung menggunakan formula Zuma ketimbang Bejeweled, karena game puzzle ini tidak menempatkan ikon buah-buahannya – tema yang digunakan dalam game ini – dalam petak-petak. Alih-alih melihat banyak ikon dalam layar, kamu hanya akan melihat maksimal belasan buah-buahan segar yang siap diperas. Pemerasan buah ini diinisiasi oleh Professor Kumquat – yang juga merupakan nama buah mirip jeruk – namun bukan untuk jus, melainkan reaksi nuklir. Tidak terdengar ilmiah, namun tetap menakjubkan, hehehe.

    [​IMG]
    Awalnya memang cuma tujuh buah, namun pasti bertambah!

    Dalam Fruit Fusion, ikon buah-buahan yang akan kamu pasangkan terletak di pinggir sebuah reaktor nuklir berbentuk lingkaran, sehingga – seperti kata saya tadi – tidak ada jumlah buah yang terlalu banyak. Tugasmu adalah memasangkan buah menjadi minimal tiga deret serupa untuk mengisi dua hal: pertama, bar reaktor yang bisa penuh dan diupgrade menjadi lebih besar diameternya – yang berarti jumlah buah yang kamu mainkan jadi lebih banyak – dan gelas buah di layar bagian atas yang akan dihitung sebagai bonus.

    Berbeda dengan Zuma yang linier atau Candy Crush Saga yang udah banyak klonnya, Fruit Fusion menghadirkan permainan yang lebih asyik. Kalau biasanya kamu menukar suatu ikon dengan ikon berbeda di sebelahnya, Fruit Fusion memintamu untuk menukar buah yang kamu pilih ke seberang lingkaran. Wah, beda juga ya? Jadi misalnya, kamu memilih buah jeruk yang terletak di jam 12 – tidak ada angka 12 dalam game, sehingga penjelasan saya dimaksudkan sebagai ilustrasi – kamu dapat memindahkannya ke arah bawah lingkaran, alias di jam 6.

    [​IMG]
    Berbagai power-up dan bonus yang bisa didapat dalam game ini.

    Gameplay yang demikian membuat Fruit Fusion punya premis puzzle yang berbeda jauh dengan game-game biasanya. Jika kita biasa memindah suatu ikon agar dia berpasangan dengan ikon yang sama, dalam game ini kamu memindah suatu ikon agar tiga ikon yang berbeda bisa berpasangan. Jadi ketika bermain, jangan menggunakan pola pikir Candy Crush Saga, melainkan bayangkan sebutir buah sebagai sebuah penghalang. Kita memindahkan sebutir buah agar buah-buah lain tak lagi terpisahkan – ini mirip mengusir obat nyamuk agar yang sedang pacaran bisa lega :p

    Tempo permainan Fruit Fusion cukup cepat, dan tidak ada tantangan tertentu selain mencetak skor tertinggi dalam waktu singkat. Saat kamu berhasil mengupgrade reaktor, jenis buah-buahan yang kamu lihat akan berubah, dan buah dengan tanda petir maupun +1 menandakan bonus skor yang harus cepat-cepat kamu pasangkan. Tiap kali reaktor terupgrade, kamu akan mendapatkan power-up acak yang akan menambah bonus skor, tambahan waktu, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa menggunakan koin yang kamu dapatkan di akhir permainan untuk membeli power-up sebelum mengulang permainan.

    Sayangnya, kontrol Fruit Fusion masih agak kurang dipertajam, karena kita bisa dengan tidak sengaja memindah dua buah yang berseberangan, padahal niatnya hanya memindahkan satu saja. Tidak ada tantangan tertentu berarti kamu hanya mengusir bosan dengan mencetak skor yang lebih tinggi saja; gamenya jadi kurang matang, deh. Untung saja Insomniac Games menyediakan musik pengiring yang berbeda-beda tiap memulai game. Ditambah tidak adanya IAP yang membuatmu dapat bersaing dengan pemain lain secara fair. Jika kamu menginginkan variasi puzzle three tiles matching, nggak salah kok kalau kamu mengunduh dan mencoba Fruit Fusion ini. Sementara game ini masih tersedia untuk perangkat iOS saja, tapi kalau versi Androidnya dirilis juga, Playtoko pasti ngabarin kamu!


    Baca juga ulasan-ulasan game puzzle lainnya di Playtoko:


    puzzle, game iOS, Fruit Fusion, Insomniac Games, three tiles matching, gratis, kasual

Share This Page