Review Guns Girl Z - Side-scrolling Zombie Shooter Untuk Para Otaku

Game Review - adibasir - Dec 5, 2014

  1. Tổng

    8.5/10

    Graphic
    Sound
    Gameplay

    Playtoko.com - Apa yang kamu dapatkan bila menggabungkan Anime, Zombie, Side-scroll dan game shooter? Jawabannya adalah Guns Girl Z, namun apakah game ini patut dicoba? Simak ulasan saya!

    [​IMG]

    Terjadi pada suatu hari ketika saya sedang membuka Facebook, terdapat iklan dengan gambar karakter-karakter perempuan dengan gaya anime sedang memegang senjata. Memang jujur saya cukup tertarik karena memang gaya visualnya menurut saya bagus. Dan pada akhirnya, saya download game tersebut karena tidak ada salahnya dan gratis juga. Side-scrolling shooter sudah tidak banyak dapat ditemukan sekarang ini, game yang paling berkesan untuk saya dalam sub-genre ini adalah seri Metal Slug.

    Dan mungkin dengan ini akan muncul yang terbaru. Saya memang dari dulu selalu menyukai perpaduan dua ide yang secara logis tidak menyambung seperti contoh dalam game Fallout 3 dan Fallout: New Vegas, perpaduan antara lagu-lagu folk, jazz dan swing yang bernuansa bahagia atau melankoli bertemu dengan tema post-nuclear dystopia dan hancurnya sistem kemanusiaan yang seperti kita ketahui. Dalam game ini kasus itu pun juga terjadi dimana gaya gambar anime yang moe bertemu dengan konsep pembasmian zombie, namun perbedaannya yaitu zombie-nya tidak berbentuk seperti zombie-zombie biasanya, melainkan berbentuk karakter-karakter anime perempuan yang sedikit diwarnai lebih gelap.

    Gameplay inti dari game ini sangat mudah untuk dipelajari di sebelah kiri layar terdapat kontrol joypad untuk menggerakkan karakter kita, disebelah kanan terdapat 3 tombol senjata kita, sentuh sekali untuk mengganti senjata menjadi yang kita pilih dan sentuh tombol senjata yang aktif atau sedang kita pakai untuk menembak atau menyerang bagi senjata non-api. Penataan ini menurut saya jauh lebih enak dibanding dengan pemakaian sistem slot karena menurut saya terkadang dengan sistem slot saya sering salah memencet tombol entah dikarenakan oleh saya ingin cepat-cepat memakai atau karena tombol-tombol slot yang terlalu kecil atau bahkan mungkin gabungan dari keduanya.

    [​IMG]

    Kita harus mengalahkan bermacam-macam zombie pada setiap stage dengan menggunakan persenjataan kita. Dan satu hal yang saya suka yaitu peluru kita terbatas, meskipun ada pick-ups dalam game, tetapi apabila kita terlalu boros maka tentu saja pada akhirnya kita akan kehabisan peluru dan harus memakai senjata yang lainnya. Masing-masing stage memiliki boss-nya sendiri, dan dari stage terakhir di setiap level terdapat boss yang lebih susah. Pada setiap stage kita harus memilih buddy yaitu karakter para pemain lain yang dapat kita pakai sebagai bantuan untuk beberapa saat.

    Ada beberapa hal dari game ini yang mengingatkan saya pada game-game lain yaitu dengan adanya fitur summon yang menggunakan kurs premium(kurs yang bisa dibeli dengan uang asli). Selain itu, ada juga fitur yang menurut saya mirip dengan game Brave Frontier yaitu apabila di Brave Frontier kita dapat evolve unit kita, maka di game ini kita dapat enhance senjata-senjata dan peralatan kita agar menjadi lebih bagus. Kita juga bisa menemukan kostum yang dapat dipakai oleh karakter kita. Yang mesti diingat adalah bahwa karakter kita bukanlah satu karakter yang harus kita pakai seterusnya melainkan kita bisa mendapatkan karakter-karakter lain melalui summon juga (dalam game ini disebut 'Gacha').

    Ada sekitar 450 jumlah peralatan yang bisa kita dapatkan dalam game ini dan menurut saya para developer akan menambah lagi agar pemain tidak kehabisan. Selain dari itu ada juga skill-skill pasif yang dapat dipakai untuk membantu kita.

    Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, visual dari game ini sangatlah diarahkan untuk menarik perhatian para otaku, pecinta anime, pecinta manga. Para karakter memakai gaya chibi ketika kita sedang bermain, akan tetapi ada juga karya-karya CG yang sangat memukau yang dimasukkan untuk loading screen, title screen dan character sheet. Dan dari segi audio pun game ini juga terasa diarahkan dengan sama. Ketika kita bermain, karakter kita akan mengkomentari hal-hal kecil dengan gaya-gaya omongan anime, bahkan ketika baru mulai saya sempat menyangka bahwa mereka mengambil audio tersebut dari oreimo. Bahkan lagu BGMnya pun terasa seperti lagu-lagu anisong.

    [​IMG]

    Sayangnya untuk saat ini game ini masih terasa monoton, dan saya berharap nanti kedepannya akan diadakan fitur-fitur baru seperti PvP atau mungkin karakter-karakter baru. Tetapi secara keseluruhan saya tidak bisa memberikan review ini secara sepenuhnya 100% adil karena memang saya menyukai hal-hal berbau anime dan memang itu menjadi alasan mengapa saya download game ini pada awalnya. Tapi selain itu memang game ini dapat dimainkan secara kasual dan bagi orang-orang seperti saya yang menyukai anime, saya yakin akan menyukai dengan aspek audiovisual dari game ini.


    Lihat juga:


    Anime, Guns, Girl, Guns Girl Z, School Dayz, School, Days, Jepang, Shooter, Sidescroll, Side-scroller, Android, iOS, Gratis, Game Gratis

Share This Page