Review Heroki - Game Indie Berkualitas Tinggi dari Picomy

Game Review - achmadfaizal - Jul 7, 2015

  1. Tổng

    9.3/10

    Graphic
    Sound
    Game Play

    Playtoko.com - Meskipun diterbitkan oleh SEGA, namun game ini dikembangkan oleh developer indie. Heroki adalah sebuah petualangan baru bernuansa fantasi dari Picomy. Terbanglah bersama Heroki di Levantia untuk merebut kembali Emerix dari tangan yang salah!

    [​IMG]

    Game mobile masa kini memang bukan sekedar game ringan yang biasa, dan tidak hanya pengembang game rakasasa saja, kini para pengembang game independen pun menciptakan game berkualitas AAA dengan sangat serius. Keseriusan di sini tentunya membuahkan game mobile bergrafis tingkat tinggi, kemasan game yang apik, serta balutan jalan cerita yang menarik untuk diikuti. Sebut saja serial game horror survival Five Nights at Freddy’s yang masih meninggalkan sejuta misteri jelang kehadiran babak terakhirnya di perayaan Halloween nanti.

    Begitu juga dengan Picomy , sebuah tim studio pengembang game asal Belanda yang telah meramu Heroki selama lima tahun. Ya, lima tahun. Waktu yang sangat panjang bagi sebuah game mobile dalam tahap perkembangannya, masih jarang rasanya ada game yang serius dikembangkan dengan rentan waktu selama ini. Tapi mungkin juga bila proses pengembangan game yang lama belum tentu menghasilkan kualitas game yang sesuai dengan ekspektasi. Bagaimana dengan Heroki? Mari kita temukan jawabannya bersama melalui artikel ulasan game kali ini.

    Diterbitkan oleh SEGA , tentunya Heroki bukanlah sekedar game indie pasaran yang mampu menarik perhatian penerbit game raksasa asal Jepang tersebut. Secara kasat mata saja saya sudah bisa membaca sejumlah nilai jual tersendiri yang dimiliki game premium ini dan masih jarang ditemukan pada game mobile pada umumnya, bahkan termasuk juga game-game yang dikembangkan oleh developer ternama. Satu kesan awal yang akan menjadi kunci ulasan ini adalah: rasa bermain game konsol dalam genggaman mobile.

    [​IMG]

    Pertama dimulai dari penampilannya, game mobile ini mampu menarik perhatian saya hanya melalui beberapa gambar screenshot yang dibagikan oleh pengembangnya bahkan sejak game-nya belum mencapai tahap final build. Mungkin kedengarannya terlalu melebih-lebihkan, tapi memang sosok karakter Heroki ini memiliki ciri khas yang memberikannya identitas tersendiri. Layaknya tokoh-tokoh karakter game ternama yang pastinya sudah kamu kenal seperti Crash Bandicoot , Rayman , Mario , Kirby , dan lain-lain, kamu pasti akan langsung teringat dengan wujud Heroki sejak pertama mengenalnya.

    Masih dari segi kualitas grafis, Picomy juga memiliki nilai estetika tersendiri berkat tampilan dunia bernama Levantia yang menjadi arena bermain Heroki. Meskipun konsep floating island sudah biasa, namun kualitas render pada grafis game mobile ini setara dengan sebuah game konsol. Lihat saja kehalusan bentuk 3-dimensi, efek pencahayaan dan bayangannya yang dibuat sedetil mungkin, game mobile ini mengingatkan saya dengan karakteristik game Nintendo Wii yang banyak beredar.

    [​IMG]

    Sebuah game berkualitas tinggi, terutama pada platform mobile, tentunya juga harus memiliki kenyamanan sistem kontrol yang baik bagi para pemainnya. Untuk Heroki, saya cukup puas dengan tiga opsi kendali yang ditawarkan, meskipun ketiganya tetap memerlukan kemampuan pengendalian layar sentuh yang baik. Kadang beberapa kali saya merasa kesulitan untuk mengendalikan arah terbang Heroki terutama saat ingin terbang membentuk lingkaran demi mengumpulkan semacam koin-koin kuning yang bertebaran bebas di udara. Entah mungkin memang sengaja diberikan hukum gravitasi di dalam mekanismenya, tapi saya rasa bagi yang tidak terbiasa pasti akan merasa kesulitan menerbangkan Heroki dengan baik dan benar.

    Oh ya, untuk jalan ceritanya sendiri sebenarnya cukup ringan. Kamu akan berperan sebagai Heroki yang hidup di sebuah negeri bernama Levantia. Kedamaian Levantia yang selama ini terjaga diusik oleh Vapor, antek-antek dari si otak jahat Dr. N. Forchin, yang berhasil mencuri Emerix. Emerix merupakan semacam jimat berkekuatan magis yang berfungsi untuk menjaga keharmonisan di Levantia. Jika Emerix disalahgunakan, maka akan terjadi kekacauan yang luar biasa. Heroki sebagai penerbang pemula memberanikan diri untuk merebut kembali Emerix dari tangan yang salah.

    [​IMG]

    Untuk mulai bermain di Heroki, kamu akan melewati beberapa tutorial yang diberikan mulai dari cara terbang hingga cara melempar monster dengan boks. Nantinya kamu akan menjelajahi sisi alam liar dari Levantia agar Heroki mendapatkan banyak bekal pengalaman sebelum menghadapi Dr. N. Forchin. Mekanisme gameplay-nya cukup sederhana, kamu akan memulai stage dari sebuah titik di bagian kiri dan kemudian kamu akan menjelajahi isi stage sambil memecahkan puzzle yang tersedia agar bisa memasuki portal sebagai penanda akhir stage di bagian kanan.

    [​IMG]

    Game platformer seperti ini memang sudah biasa dikemas dalam dinamika side scrolling agar mudah dipahami oleh para pemainnya. Namun kamu akan menemukan sensasi bermain lebih dari sekedar menggeser badan Heroki dan kamera dari kiri ke kanan di dalam game mobile ini. Kamu akan seringkali terbang ke atas, kemudian terbang ke bagian terdasar, dan kembali lagi ke atas karena ada gerbang yang sudah terbuka atau karena kamu sudah berhasil mengumpulkan benda yang kamu cari. Ada banyak hal yang bisa kamu kumpulkan, lebih dari sekedar koin kuning, namun ada juga benda-benda seperti rune, huruf H E R O K I, dan kotak hadiah yang seringkali tersembunyi. Jadi, meskipun side scrolling kamu tidak akan mudah bosan memainkan game premium ini.

    [​IMG]

    Nantinya dari benda-benda collectibles yang berhasil kamu kumpulkan, bisa kamu tukarkan dengan pernak-pernik unik di desa Levantia. Bahkan tidak hanya berbelanja, kamu juga bisa menelusuri negeri tempat tinggal para makhluk berkepala baling-baling ini untuk menemukan quest sampingan. Contohnya seperti permintaan Gumbo si bajak laut di Harbor yang membutuhkan pertolonganmu untuk membebaskan burung kakaktuanya yang terkunci di kandang.

    [​IMG]

    Jawabannya, Heroki mampu memenuhi ekspektasi dari para gamer yang telah menantikan perkembangan game ini lima tahun lamanya. Kualitas audionya oke, visualnya oke, story-nya oke, gameplay-nya juga oke, mungkin yang kurang oke adalah banderol harganya yang tidak murah (Rp 89ribu). Well, inilah cara SEGA dalam mempublikasikan produk game terbarunya yang mungkin tidak akan kamu sukai. Namun bagaimanapun juga, saya rasa SEGA tidak salah memilih Picomy sebagai partner dalam memperkaya portfolio koleksi game mobile-nya.

    Baca juga:



    heroki, picomy, sega, ios, game ios, game iphone, game ipad, game mobile, game premium, mario, crash bandicoot, rayman, kirby, action, adventure, platformer

Share This Page