Review Hitman: Sniper - Tembak Tepat Sasaran, Bung!

Game Review - achmadfaizal - Jun 10, 2015

  1. Tổng

    8.7/10

    Graphic
    Sound
    Game Play

    Playtoko.com - Ingin tahu rasanya tegang menjalankan misi sebagai Agen 47? Walau hanya dari sekedar bidikan jarak jauh, kamu bisa lihat percikan darah targetmu dengan jelas di Hitman: Sniper!

    [​IMG]

    Game Action dengan gameplay shooter memang sudah lama digemari bahkan sejak masih pada zaman NES dahulu dengan judul game Contra yang pasti kamu sudah ketahui. Sewajarnya game shooter kebanyakan lebih disukai oleh gamer hardcore namun sejak berkembanganya teknologi game mobile , kini siapapun bisa menikmati dan menyukai jenis gameplay ini dalam berbagai kemasan. Mayoritas game shooter yang bisa banyak dijumpai di Google Play dan App Store biasanya adalah game bertema peperangan militer dan zombie apocalypse, memang tema yang paling tepat untuk jenis game yang membutuhkan ketelitian dan ketepatan tinggi ini.

    Entah sejak kapan mulai banyak disukai, tapi yang pasti, ada banyak sekali jenis game shooter dengan penggunaan kata ‘Sniper’ bukan hanya sebagai judul tapi juga sebagai konsep utama game-nya. Salahsatu alasannya mungkin karena cara bermainnya yang lebih mudah dipahami dan dikendalikan dibandingkan game shooter yang bersifat adventure dengan tampilan TPS (third-person shooter) atau FPS (first-person shooter). Atau mungkin ada alasan lain? Apapun alasannya, saya langsung jatuh cinta dengan Hitman: Sniper sebagai impresi awal.

    Wajarlah, kualitas produk game mobile yang dipasarkan oleh Square Enix memang tidak perlu diragukan lagi. Judul game dari franchise serial Hitman juga sebelumnya sudah dibawakan oleh Square Enix ke layar smartphone dan tablet, yakni Hitman GO yang mengusung genre puzzle dan bergaya roguelike. Laris di pasaran, maka tak mengherankan jika Hitman: Sniper yang sebelumnya sudah dirilis untuk PC melalui Steam juga diporting untuk platform mobile.

    [​IMG]

    Padahal sebenarnya game ini tidak jauh berbeda dengan berbagai game sniper lainnya yang sudah ada. Contohnya seperti serial game Contract Killer dari Glu, sebenarnya game tersebut tidak kalah bagusnya dengan game ini. Hanya saja sentuhan Square Enix pada beberapa elemen di dalam game menghasilkan kesan yang berbeda saat bermain.

    Satu-dua hal yang langsung terasa saat pertama kali mencoba game ini adalah musik yang digunakan sebagai backsound pada menu utamanya, musiknya sangat khas dan seolah-olah memang benar mencirikan nuansa kehidupan mafia di Montenegro yang sesuai dengan jalan cerita game-nya. Kemudian hal kedua tentunya adalah dari segi kualitas visualnya, mulai dari tampilan antarmuka hingga kualtas grafis 3-dimensi yang memukau serta pemandangan lokasi target Contract saat sebelum mulai membidik pasti akan membuatmu terbuai dengan keindahannya. Semuanya tampak natural dan bersinergi secara harmonis.

    Permainan dimulai setelah kamu bersedia untuk memenuhi isi Contracts yang diminta, yang berarti merupakan misimu. Di dalam Contracts, ada tujuan utama yang disertakan dengan sejumlah Bonus lainnya. Sebenarnya target utamamu tidak akan berganti dari satu orang yang sama, yang berganti dari satu misi ke misi lainnya adalah tujuan utamanya. Pastinya akan terasa repetitif karena kamu akan kembali menemukan gedung yang sama di lokasi yang sama dalam set waktu yang sama juga. Ya memang begitulah scenario di dalam Hitman: Sniper.

    [​IMG]

    Setelah melewati tiga hingga lima kali misi, wajar saja jika kamu akan cepat merasa bosan, tapi justru di sanalah letak tantangannya. Bukan, game ini bukan bermaksud untuk mengetes kebosananmu. Melainkan, skill kamu dalam bermain akan benar-benar diuji di dalam game sniper ini. Nama Markus Krug akan menjadi santapan utamamu, namun kamu akan diminta untuk membunuhnya berulang kali dengan berbagai scenario yang berbeda dari satu misi ke misi berikutnya. Misalnya, kamu harus berhasil menembak headshot sebanyak tiga taget terlebih dahulu sebelum membunuh Markus tepat di kepalanya juga, atau mungkin kamu juga harus membunuh Markus dengan menggunakan ledakan melalui peluru khusus.


    Dari satu misi ke misi berikutnya kamu pasti akan mampu mempelajari tata letak setiap target yang ada di gedung di Montenegro tersebut berikut juga dengan peranannya masing-masing. Bahkan jika kamu melihat pola-pola misi yan diberikan, Hitman: Sniper sebenarnya menginginkan pemainnya untuk berimajinasi lebih tinggi mengenai segala kemungkinan yang terjadi di sebuah lokasi sebelum jatuhnya seorang Markus Krug melalui peluru tajam dari senapanmu.

    [​IMG]

    Di samping dari segala keunikan dari segi scenario dan jalan ceritanya yang kemungkinan besar tidak dapat kamu pahami, ada juga sistem leveling dan skill di dalam game Action ini. Level dan skill-nya berlaku pada senjata yang kamu gunakan dan bisa kamu akses melalui menu Armory. Skill-skill yang tersedia sangat beragam, ada peluru yang bisa meledak, ada juga peluru tak terbatas selama 60 detik setelah skill diaktifkan, hingga skill Instinct yang akan membuat pandanganmu menembus objek dan tembok untuk membidik target yang kamu incar. Terkadang ada juga beberapa skill yang memang harus kamu miliki untuk memenuhi tujuan utama dari misi yang akan kamu kerjakan. Dan skill yang diminta tidaklah murah….

    [​IMG]
    Pandangan mata super! Tembus pandang!
    Game premium ini menggunakan sistem hadiah yang unik, gambling, dan cukup menyulitkan. Setiap kali berhasil menyelesaikan sebuah Contract, kamu berkesempatan untuk memenangkan hadiah yang acak, bisa berupa sejumlah mata uang game atau bagian-bagian senjata baru secara acak. Ya, untuk dapat menggunakan senjata baru kamu harus mengumpulkan bagian-bagian dari senjatanya atau membayarkan sejumlah uang yang tentunya tidak murah. Kalau boleh saya katakan, game ini adalah salahsatu dari sekian game mobile termahal yang pernah saya temui. Bukan hanya harga game-nya yang lumayan tergolong mahal (Rp 80ribu-an) tapi juga harga berbagai penawaran IAP (in-app purchases) didalamnya tidak murah.

    [​IMG]

    Mungkin kamu malah akan beranggapan bahwa Hitman: Sniper adalah game mobile yang matre karena di dua paragraf sebelumnya saya selalu menyebutkan ‘tidak murah’, well, sebenarnya semua hal itu kembali pada kemampuan aslimu dalam memainkan game sniper ini. Buat kamu yang ingin coba melatih kesabaran, kecermatan membidik, hingga berimajinasi membentuk sebuah cerita absurd dari tujuan dan bonus misi yang diminta, maka game ini adalah pilihan yang paling tepat. Kurang-lebih kesimpulannya seperti itu. Sedikit tips, mungkin jika kamu ingin benar-benar jago bermain sebagai Agen 41 di sini, maka cobalah untuk selalu tembak tepat sasaran, bung!

    Baca juga:



    hitman, sniper, square enix, hitman: sniper, android, ios, game android, game ios, game mobile, game premium, action, shooter, square enix montreal, contra, contract killer

Share This Page