Review Kriminalisasi - Game Arcade Casual Yang Memberikan Lebih Dari Sekedar Permainan

Game Review - adibasir - Feb 20, 2015

  1. Tổng

    6.7/10

    Graphic
    Sound
    Gameplay

    Playtoko.com - Kisruh cicak vs buaya memang pastinya menarik perhatian para penduduk Indonesia dari segala kalangan, Madfal studio memakai topik panas ini sebagai tema utama game-nya. Simak ulasan saya!

    [​IMG]

    Madfal studio memang sebenarnya bukanlah suatu pendatang baru sebagai developer game mobile lokal karena memang sebenarnya jumlah game yang sudah berhasil dikembangkan oleh studio indie asal Pamulang ini cukup banyak. Dan meskipun memang kebanyakan dari game-game Madfal hanyalah sekedar sebagai bahan becandaan seperti misalkan game Coli, Sahrini maju mundur cantik, "Demi Tuhan" Wars dan sebagainya. Tetapi banyak juga game karya Madfal yang membawakan semacam aspirasi dan pesan moral seperti Bersihkan wakil rakyat. Kali ini Madfal studio baru saja merilis game dengan judul Kriminalisasi yang juga memberikan pesan moral untuk para pemainnya.

    Dalam game Kriminalisasi, karakter utama yang kita mainkan adalah seorang pengucara dan aktivis yang menyerupai seorang dalam dunia nyata. Tugas utama kita adalah menolak atau melawan para penjahat dan suapan-suapan dengan cara menepisnya sesuai dengan urutan mereka berdatangan. Apabila saya bisa mengumpamakan gameplay game ini, maka saya akan bilang bahwa game ini memiliki mekanisme gameplay yang sama persis dengan salah satu minigame yang ada dari game arcade klasik Bishi Bashi Special dimana kita memainkan seorang karateka yang harus melawan para penjahat yang berdatangan dari tiga arah yaitu kanan, tengah dan kiri.

    [​IMG]

    Kontrol dari game ini pun juga sangat sama dengan minigame dari Bishi Bashi Special yang saya sebutkan sebelumnya. Kita diberikan tiga tombol dibawah layar yaitu kiri, tengah dan kanan. Masing-masing adalah kontrol untuk menyerang arah tersebut. Tingkat kesulitan dalam game ini akan semakin sulit semakin jauh kita memainkan game ini maka akan semakin cepat dan banyak musuh yang berdatangan.

    Sama layaknya game Madfal yang dulu yaitu Bersihkan Wakil Rakyat, menurut saya inti dari game ini bukanlah dalam pengalaman bermain para pemain tetapi lebih kearah developer Madfal ingin menunjukan suatu macam dukungan terhadap KPK dalam kisruhnya melawan Polri yang akhir-akhir ini sedang sering menjadi isu dalam media massa.

    Tampilan dari game ini kurang lebih sama dengan game-game Madfal lainnya, yaitu sangatlah sederhana tetapi lebih menyerupai kartun-kartun simpel yang dibikin memakai flash yang menurut saya sudah sangat "ketinggalan jaman". Dan terkadang animasi dari game ini terlihat kurang berkesan dan membosankan sehingga saya pun juga tidak begitu tertarik melihat tampilannya.

    Tetapi pada intinya, sama seperti game Bersihkan Wakil Rakyat, game Kriminalisasi tidak bisa saya lihat secara kritis karena saya tahu dibalik gameplay yang tidak orisinil, dan animasi serta tampilan yang membosankan terdapat suatu pesan moral yang menurut saya sangat bagus. Game ini bisa juga dibilang sebagai salah satu dukungan terhadap lembaga anti-korupsi Indonesia yang sudah terbukti kinerjanya dan menurut saya pesan itulah yang seharusnya kita ambil dari game ini.


    Kriminalisasi
    [​IMG]


    Lihat juga:


    Review, Kriminalisasi, Madfal, KPK, Arcade, Casual, Android, Gratis, Abraham Samad, Polri, Cicak, Buaya, Berita, Serius, Game

Share This Page