Review Lara Croft GO - Turn-based Puzzle yang Apik dan Hidup Untuk Mengasah Otak

Game Review - achmadfaizal - Sep 1, 2015

  1. Tổng

    8.5/10

    Graphic
    Sound
    Game Play

    Playtoko.com - Aksi sang arkeolog cantik dan seksi Lara Croft ngga harus selalu dalam tempo cepat dan melibatkan dual-pistolnya. Di Lara Croft GO bukan soal otot, tapi otak yang paling diperlukan untuk menyelesaikan semua tantangan turn-based puzzle demi memecahkan misteri Queen of Venom.

    [​IMG]

    Jujur saja sebelumya saya belum pernah memainkan Hitman GO yang merupakan pelopor seri game GO dari Square Enix , atau Square Enix Montreal tepatnya. Maka Lara Croft GO ini akan menjadi kesan awal bagi saya dalam seri game GO. Dan sejauh ini (meskipun saya belum berhasil menyelesaikan game hingga tamat) saya sudah bisa dapatkan maksud atau pesan yang ingin disampaikan sang pengembang game melalui game puzzle-nya ini. Kira-kira pesan apa ya yang dimaksud? Mari kita sama-sama temukan hal tersebut di dalam ulasan game mobile ini.

    Masih dengan tema ‘jelajah reruntuhan’ khas game Tomb Raider, Lara Croft GO menceritakan kisah lain sang arkeolog cantik dalam misinya memecahkan misteri dibalik Queen of Venom . Buat kamu yang suka memainkan serial game Tomb Raider sejak dulu, pasti kamu sudah tidak akan asing lagi dengan ornament-ornamen, interaksi, dan suasana yang ditampilkan di dalam game ini. Meskipun alur ceritanya berkesan sangat linear, memang sudah sewajarnya franchise game adventure ini memiliki jalan cerita yang pasti tanpa ada unsur modifikasi cerita yang bisa diubah-ubah oleh pemainnya.

    [​IMG]

    Sangat menarik dan tidak meninggalkan kesan yang kaku, kurang-lebih penilaian itu yang bisa saya berikan bagi Lara dalam beraksi di game ini. Masih menggunakan formula turn-based puzzle yang unik, kamu akan mengendalikan Lara dalam tampilan isometrik dan bergerak dalam jalur yang sudah ditentukan. Tidak jauh berbeda dengan Hitman GO, Lara hanya bisa bergerak pada jalur yang telah memiliki titik-titik sebagai patokan turn-based nya. Maksudnya adalah setiap kali Lara bergerak menuju satu titik, maka ada hal/objek lain yang juga bergerak sebanyak satu titik.

    Kedengarannya memang seperti game puzzle dengan giliran berjalan yang kaku, tapi kenyataannya tidak. Kamu bisa ekspektasikan dunia yang terasa hidup meski dalam sistem turn-based seperti halnya game puzzle Monument Valley . Kamu akan menemukan banyak objek seperti mesin gerigi tajam atau makhluk hidup buas yang bisa menjadi lawan atau bahkan teman dan mereka akan ikut bergerak bersamaan jika Lara telah bergerak.

    [​IMG]
    Untungnya ular bukanlah tipe hewan buas yang agresif, ia tidak akan bergerak kemanapun

    Salahsatu hal penting yang harus dimiliki sebuah game puzzle adalah sistem kontrol yang mudah untuk dipelajari, dan saya rasa Lara Croft GO sudah menyuguhkan sistem kontrol yang nyaman. Cukup dengan menggunakan swipe geser ke arah yang kamu inginkan, maka Lara akan berjalan, melompat, atau memanjat ke arah yang dituju. Jika akan berhadapan dengan hewan buas, kamu tidak perlu repot memikirkan kendali mengeluarkan pistol, mengarahkan sasaran dan menembaknya karena cukup atur strategi langkah terbaik agar Lara berada di belakang atau di samping hewan tersebut untuk membunuhnya. Dengan kata lain, jika Lara berada tepat di hadapan hewan buas tanpa ada jarak minimal satu titik, maka Lara akan diterkam seketika.

    Keunikan puzzle yang saya sukai dari game ini adalah sistem manupulasi benda-benda yang rapuh atau berbahaya sebagai jalan untuk memecahkan puzzle dan memberikan jalan bagi Lara, begitu juga dengan manipulasi hewan buas. Lara Croft GO akan menantangmu untuk dapat memprediksi dan menghitung langkah di setiap rintangan yang akan kamu hadapi. Terkadang kamu harus berjalan mundur agar mesin gerigi roda dapat menggiling laba-laba raksasa atau kamu harus melewati dinding rapuh satu kali agar nantinya dilewati kadal buas yang mengejarmu dan ia terjatuh saat melewati dinding rapuh yang hancur ketika dilewati untuk kedua kalinya. Satu hal lagi yang tidak perlu kamu khawatirkan adalah tidak semua hewan buas harus kamu bunuh dan kamu cukup menghindarinya untuk bisa ke tahap selanjutnya.

    [​IMG]

    [​IMG]
    Ini bukan Gems ataupun Relics, melainkan kunci untuk membuka level berikutnya

    Di samping sibuk konsentrasi memikirkan jalan terbaik untuk memecahkan puzzle, ada hal lain yang bisa kamu lakukan di dalam game premium ini. Yakni mengumpulkan benda-benda kuno seperti bebatuan mulia (Gems) seperti Sapphire, Emerald, Quartz, dll. dan kepingan-kepingan artefak (Relics) seperti The Gilded Skull, The Twin Snakes, The Frozen Spider, dll. Nantinya jika kamu berhasil mengumpulkan benda-benda kuno tersebut sepenuhnya, kamu akan mendapatkan kostum Lara Croft yang spesial. Hal ini mengingatkan saya dengan game Lara Croft: Relic Run yang memiliki sistem fitur yang serupa.

    Tapi mengumpulkan Gems dan Relics tidak semudah yang kamu bayangkan. Meskipun cara mengumpulkannya mudah yakni cukup dengan menyentuh guci coklat yang kamu temukan di reruntuhan, namun letak para guci lah yang membuatnya sulit. Seringkali guci-guci diletakkan di tempat yang tersembunyi atau sangat jauh dan samar-samar sehingga kita tidak ngeh dan hanya fokus pada penyelesaian puzzle. Untungnya kamu bisa mengulang stage-stage yang telah kamu lalui di Lara Croft GO.

    [​IMG]
    Apa kamu bisa lihat dan temukan guci yang berada di jembatan jauh di sana?

    Menjadi produk game penerus seri game GO berarti game mobile ini harus bisa memberikan ciri atau identitas khas yang menjadi nilai jual seri game GO. Menurut saya Lara Croft GO berhasil dalam menyempurnakan sistem turn-based puzzle yang diadopsi dari Hitman GOsehingga tidak terasa begitu kaku. Selain itu tingkat kesulitan puzzle yang diberikan masih berada dalam batas wajar, hanya cukup dua hingga lima kali percobaan saja untuk bisa menyelesaikan satu stage.

    [​IMG]
    Apakah naga atau ular raksasa ini yang disebut dengan Queen of Venom?

    Mengenai pesan yang saya sebutkan di awal artikel tadi, saya bisa simpulkan bahwa pesannya kurang lebih adalah sebuah karya franchise game adventure bisa dibuat se-fleksibel mungkin ke dalam sajian puzzle yang tidak membosankan dan tetap memiliki unsur action di dalamnya. Lara Croft GO pantas dibanderol seharga Rp 59ribu dan bisa kamu nikmati dengan cara serius hingga kamu tamatkan dalam satu kali bermain atau memainkannya dengan lebih santai untuk kamu tamatkan dengan sempurna (mengumpulkan semua Gems dan Relics di semua stage) dalam jangka waktu yang lebih lama.

    Baca juga:


    lara croft go, lara croft, lara croft: relic run, hitman go, square enix, square enix montreal, puzzle, turn-based, turn-based puzzle, game mobile, game premium, monument valley, android, ios, game android, game ios, isometrik, queen of venom

Share This Page