Review Lunar Flowers - Game Adventure 2-Dimensi Terindah tanpa Narasi

Game News - achmadfaizal - Sep 29, 2015

  1. Tổng

    9.3/10

    Graphic
    Sound
    Game Play

    Playtoko.com - Kalau sudah mendengar genre adventure, pasti sudah terbayangkan teks narasi cerita dan dialog antar tokoh yang panjang, namun tidak pada Lunar Flowers. Di sini kamu dapat menikmati perjalanan sang Princess sepenuhnya dengan permainan puzzle yang kasual.

    [​IMG]

    Mungkin memang masih jarang ada game mobile yang mempertahankan kebudayaan atau tradisi leluhur Indonesia sebagai inspirasi utama, tapi game berkebudayaan Tionghoa dapat kita temukan dimana-mana. Salahsatu pengembang game yang tetap menjaga kebudayaan China adalah NetEase . Setelah cukup lama berkecimpung dalam game online PC, NetEase juga melebarkan sayapnya pada platform game mobile.

    Speedy Ninja adalah produk game mobile yang sempat kami rilis dan cukup berkesan dan pada kesempatan ini saya akan mengulas game terbarunya yang berjudul Lunar Flowers . Lunar Flowers adalah sebuah game adventure dengan gameplay puzzle yang kasual . Berbeda dari produk game ninja-nya, game yang satu ini memiliki tempo permainan yang lebih santai dan lebih terfokus pada jalan cerita dengan konten objek dan animasi yang menawan.

    [​IMG]

    Judul game ini mungkin terdengar tidak begitu asing bagi beberapa orang karena game ini memang merupakan sebuah adaptasi fabel dengan judul yang sama, yakni Lunar Flowers. Lunar Flowers dikenal sebagai bunga yang akan memberikan petunjuk jalan yang terang menuju surge. Bukan berarti sepenuhnya karya fiktif belaka, jenis bunga ini (salahsatu spesiesnya Hylocereus undatus) memang ada dan hanya akan mekar di satu tahun sekali di satu malam. Julukan lain dari bunga ini, princess of the night, juga menggambarkan kisah di dalam game Lunar Flowers.

    Tanpa ada narasi baik dalam bentuk tertulis maupun suara, game akan dimulai dengan sesosok putri yang turun menuju bumi, entah dari mana asalnya, untuk menjalani sebuah misi. Misi yang dimaksud adalah menerangi bumi dengan cara menghidupkan kembali terang bulan dengan bantuan bunga-bunga lunar di sepanjang perjalanannya. Tidak ada nama juga yang menjelaskan sosok putri berbaju putih ini, tapi saya pikir bukanlah sebuah masalah. Monument Valley pun tetap dapat kita nikmati tanpa mengenal latarbelakang sang putri sebagai tokoh utamanya, kan?

    [​IMG]

    Selain tidak menjelaskan kisah game secara naratif, game ini juga tidak memberikan tutorial cara bermain secara gamblang. Kamu akan langsung diberikan sejumlah bunga putih di layar dengan garis putus-putus yang menghubungkannya. Dengan menyuguhkan interaksi seperti itu saja saya sudah dapat menebak cara bermainnya, yakni menghubungkan para bunga untuk membentuk sebuah pola. Awalnya kamu memang akan selalu dipandu dengan garis putus-putus, namun kedepannya kamu harus mencari tahu sendiri pola apa yang diminta.

    Seperti learning-by-doing, semakin sering menemukan puzzle yang diminta maka kamu akan semakin lancar memahami cara untuk memecahkan tantangan puzzle di Lunar Flowers. Kehebatan utama yang menjadi daya tarik dan daya jual game ini memang adalah kualitas grafisnya yang menawan. Bukan dibuat semata-mata sekedar untuk menghibur mata, tapi akan selalu ada petunjuk tersembunyi di objek-objek pada area non-fokus yang akan membantumu menyelesaikan sebuah puzzle.

    Ada sebuah keunikan gameplay pada gambar di bawah ini. Awalnya garis-garis dipijakan tempat berdiri sang princess tidak menyala dan hanya terlihat seperti ukiran pajangan belaka. Padahal pola garis yang terukir di sana merupakan sebuah petunjuk untuk membentuk pola pada bunga-bunga putih yang bermunculan nantinya.

    [​IMG]

    Dapat saya katakan bahwa Lunar Flowers adalah satu dari sekian game bergrafis 2 dimensi yang tidak mengecewakan sama sekali dari kualitas grafis dan suaranya. NetEase membuktikan kebolehannya dalam meramu sebuah game beranimasi fluid dan juga penggunaan musik yang orisinil dalam membuat kemasan game ini terlihat lebih apik dan berkelas, meskipun dibuat sebagai sebuah game free-to-play. Mungkin memang tidak akan memuaskan kebutuhan para hardcore gamer sama sekali, tapi jika kamu ingin berelaksasi, game ini adalah pilihan yang tepat.

    Dengan gameplay puzzle kasual yang mudah di beberapa chapter awal, saya mengira bahwa game ini akan terasa mudah sepenuhnya. Untuk tingkat kesulitan secara keseluruhan mungkin memang terasa mudah, tapi saya yakin kamu akan menemukan tantangan yang harus kamu tebak berulang kali di chapter-chapter akhir. Bayangan pola yang dicerminkan, pola memori kombinasi, dan berbagai jenis manipulasi imajinasi lainnya adalah hal-hal yang akan memicumu untuk terus bermain.

    [​IMG]

    [​IMG]

    Terus bermain melalui fase bulan dari bulan sabit hingga bulan purnama, maka kamu telah mencapai puncaknya. Dari seluruh keunikan game yang terasa surealis dan indah, kamu mau-tidak-mau harus merelekan Lunar Flowers yang mungkin berhasil kamu tamatkan dalam waktu kurang dari 3 jam saja. Hal ini sama seperti apa yang saya rasakan saat berhasil menamatkan chapter orisinil Monument Valley. Singkat, padat, dan cukup berkesan. Mungkin bukan pilihan yang tepat jika kamu menginginkan game mobile yang berumur panjang, tapi setidaknya yang satu ini gratis.

    [​IMG]


    Baca juga:


    netease, speedy ninja, lunar flowers, ios, game iphone, game ipad, game mobile, game gratis, puzzle, kasual, adventure, monument valley, china, lunar

Share This Page