Review Marble Monster - Permainan Kelereng Modern yang Cukup Adiktif

Game Review - achmadfaizal - Jun 30, 2015

  1. Tổng

    7.8/10

    Graphic
    Sound
    Game Play

    Playtoko.com - Waktu masih kecil dulu kamu suka bermain kelereng atau gundu, kan? Nah, cobain deh serunya main kelereng modern di layar sentuh dalam game action RPG Marble Monster. Kumpulkan kelereng monster sebanyak mungkin sampai kamu lupa waktu!

    [​IMG]

    Bukan cuma game puzzle, game RTS, atau game simulasi yang bisa bikin kamu ketagihan main berjam-jam lamanya di smartphone kamu. Game RPG juga jelas menjadi salahsatu penyumbang terbesar dalam maraknya perkembangan industri game mobile . Berkat fleksibilitas gameplay, berbagai kreativitas dalam olahan game RPG pun semakin beragam. Seperti yang kamu ketahui, kamu sudah bisa menikmati action RPG , puzzle RPG, strategi RPG, dan lain-lainnya di perangkat mobile. Dan yang terpenting, kebanyakan di antaranya dikemas dalam bentuk free-to-play alias gratis!

    Sama seperti game action RPG yang akan saya bahas kali ini, tidak perlu menyombongkan kualitas grafis berkelas-AAA tapi bagi saya gameplay-nya sudah cukup menyenangkan dan bahkan juga bikin ketagihan. Yakni, Marble Monster , game mobile terbaru keluaran Inflogames yang sudah bisa kamu download gratis di Google Play dan App Store. Sebelumnya pengembang dan penerbit game asal California, Amerika Serikat, ini telah memiliki sebuah game match 3 puzzle berjudul Yogurting Pop! yang tidak kalah seru. Maka dari itu saya rasa kamu juga perlu ketahui serunya bermain kelereng di Marble Monster lebih lanjut.

    [​IMG]

    Sesuai dengan judul game-nya, Marble dan Monster, adalah sebuah perpaduan antara kelereng dan monster. Jadi, para karakter monster, baik monster musuh maupun monster karaktermu sendiri, hadir dalam bentuk kelereng di dalam game gratis ini saat bermain. Masing-masing karakter tetap ada wujud ilustrasinya kok, hanya kamu tidak bisa melihat wujud aslinya tesebut saat bermain. Lucu dan unik, kalau biasanya pada game TCG/CCG para karakter dikemas dalam bentuk kartu persegi panjang, namun di sini kamu hanya akan melihat bagian kepala/mukanya di dalam selubung kelereng.

    Bukan hanya dalam hal ilustrasi, namun cara bermain Marble Monster memang sama seperti bermain gundu atau kelereng. Kamu akan menjumpai gaya bermain slingshot atau seperti tarik-lepas ketapel di dalam game Angry Birds . Atau mungkin jika kamu pernah memainkan Slingshot Braves dari Colopl sebelumnya, kurang-lebih game ini memiliki gameplay yang serupa hanya saja tidak dalam tampilan 3-dimensi. Kamu akan memiliki tim yang terdiri dari tiga karakter dan kamu akan menjelajahi sebuah dunia untuk beratarung melawan sejumlah monster dalam bentuk kelereng juga.

    [​IMG]

    Cara bermainnya cukup mudah untuk dipahami. Dengan sistem turn-based, sentuh, tahan, dan tarik kelereng karaktermu lalu arahkan kemana dan seberapa kuat kamu ingin menembak saat giliranmu tiba. Nanti si kelereng akan melesat, menabrak, dan memantul dari satu kelereng musuh ke kelereng musuh lainnya hingga menghasilkan combo. Semakin banyak memantul, semakin banyak combo, maka semakin besar damage yang dihasilkan terhadap hit points (HP) tim musuh. Saat seringkali memantul dengan baik, maka ada pertanda baik bahwa saya akan memenangkan pertandingan dengan mudah. Dan saat memantul juga muncul animasi dan efek suara yang menyenangkan, itulah salahsatu alasan mengapa game ini bikin ketagihan.

    Pada intinya, kemenangan akan kamu raih jika kamu berhasil menghasilkan damage hingga HP musuh mencapai angka nol. Angka HP ini sendiri sebenarnya merupakan hasil penggabungan HP antar karakter yang terdapat di sebuah tim musuh, yang juga berlaku pada tim-mu sendiri (Party). Selain itu kekuatan serangan (total Attack) sebuah tim juga dipengaruhi oleh akumulasi kekuatan serangan masing-masing anggota tim. Maka dari itu penting sekali untuk mengatur strategi pembentukan tim yang terbaik di Marble Monster.

    [​IMG]

    Di awal game kamu akan diberikan kesempatan untuk memilih satu dari tiga Heroes yang masing-masing mewakilkan elemen utama di dalam game. Di sini saya memilih Malevolent Hellknight yang berelemen api, dan dua sisanya berelemen air dan alam. Ya, ada sistem elemen dengan sistem suit yang berlaku di dalamnya – Air lebih kuat melawan Api, Api > Alam, Alam > Air. Selain itu ada juga elemen Cahaya dan Kegelapan yang saling imbang kekuatannya.

    [​IMG]

    Terlebih dari sistem elemen, para karakter di dalam game RPG ini juga memiliki perkembangan yang cukup kompleks. Masing-masing karakter memiliki skill yang diaktifkan bila hitungan mundur (angka yang terdapat di ikon gambar karakter) sudah menapai nol dan muncul tulisan ‘OK’. Skill-nya pun sangat beragam, ada yang mempercepat laju melesatnya kelereng, ada yang menghasilkan damage tambahan, dan ada juga yang dapat menyembuhkan HP tim jika menabrak dengan kelereng anggota tim sendiri. Para karakter di Marble Monster juga dapat kamu tingkatkan levelnya dan kamu evolusikan dengan sejumlah material yang diperlukan agar lebih kuat dan lebih langka lagi.

    [​IMG]

    Selain bermain sendirian di 30 level yang tersedia di Adventure, kamu juga dapat memainkan fitur seru lainnya. Ada Arena di mana kamu dapat langsung melawan pemain lainnya (player vs. player) atau mengikuti kompetisi Arena Guild dengan cara tergabung dulu di dalam sebuah Guild sebelumnya. Atau buat kamu yang suka memainkan game collectible RPG seperti Pokemon, kamu bisa koleksi kelereng monster sebanyak mungkin dengan cara terus bermain atau tukarkan sejumlah mata uang (Marble Point atau Friendship Point) untuk melakukan Draw monster secara acak, kemudian kamu cek seberapa banyak koleksimu di Index.

    [​IMG]

    Secara keseluruhan, Marble Monster adalah sebuah game berumur panjang yang menyenangkan dan cocok dimainkan untuk menghabiskan waktu, seperti untuk ngabuburit saat bulan puasa seperti ini. Unsur RPG yang masih tergolong midcore dan serunya bermain kelereng modern di layar sentuh jarang bisa ditemukan saat ini. Apalagi ukuran game yang tidak terlalu besar menjadikan alasan kedua mengapa game ini wajib kamu mainkan, dan bikin ketagihan tentunya.

    Baca juga:



    android, ios, game android, game ios, action, rpg, action rpg, kelereng, inflogames, slingshot, slingshot braves, game mobile, game gratis, yogurting pop!, angry birds, marble monster

Share This Page