Review Marvel Mighty Heroes - Bentuk Chibi tapi Tetap Ganas!

Game News - achmadfaizal - Apr 6, 2015

  1. Tổng

    6.3/10

    Graphic
    Sound
    Game Play

    Playtoko.com - Hey mobile gamer! Apa kamu sudah coba bertarung sebagai super heroes Marvel yang cebol bersama 3 pemain lainnya di gadget Android dan iOS kamu? Simak ulasan Marvel Mighty Heroes dan download game-nya di sini!

    [​IMG]

    Game action adalah salahsatu genre video game tetua yang saat ini cukup jarang ditemui di platform mobile. Masih banyak sih bisa kita temukan game-game action di platform video game lainnya seperti konsol, handheld, dan PC, namun kebanyakan yang ada pun tidak sepenuhnya action. Maksudnya adalah genre ini biasa dikombinasikan dengan genre lainnya dan melahirkan sebuah genre game yang cukup banyak menjadi favorit belakangan ini, contohnya adalah action RPG. Sebut saja serial game Elder Scrolls (judul ke-5 nya yang terpopuler Skyrim) dan serial Assassin’s Creed yang kepopulerannya sudah mendunia. Lalu bagaimana dengan kabar game action RPG untuk mobile?

    Ada beberapa judul yang saya rasa pastinya sudah tidak asing juga bagi kalian untuk game cross-genre ini. Contohnya serial game Zenonia dari Gamevil yang sangat klasik dan bisa dibilang sebagai pelopor jenisnya untuk platform mobile, dan Dungeon Hunter dari Gameloft yang masih dilanjutkan hingga sekuel ke-5 nya yang terbaru. Masing-masing judul game tersebut menawarkan fitur-fiturnya tersendiri walaupun gameplay-nya serupa. Nah, berbicara tentang game action, ada juga nih judul game franchise Marvel yang dirilis oleh publisher DeNA yang perlu kamu ketahui, yaitu Marvel Mighty Heroes .

    [​IMG]

    Di Google Play store memang dituliskan sebagai game action, tapi sebelum kamu download dan mulai memainkannya, sebaiknya kamu simak dahulu ulasan game-nya di sini. Untuk impresi awal, saya cukup kagum dengan gaya baru dari suguhan game franchise Marvel yang dibawakan dengan gaya DeNA kali ini. Ditambah lagi dengan pilihan karakternya yang tidak hanya berkisar pada tokoh-tokoh jagoan The Avangers saja, kamu juga bisa menemukan superheroes dari judul Marvel lainnya seperti Guardian of the Galaxy dan serial komik lainnya. Pokoknya, lumayan menyenangkan buat penggemar Marvel kalau ingin punya koleksi superhereos secara digital.


    Chibi-chibi tapi tetap ganas!
    Satu hal terunik yang saya rasa bisa menjadi kelebihan dari game ini adalah gaya gambar khas chibi-nya yang cebol-cebol dalam bentuk 3 dimensi. Sebenarnya gaya gambar seperti ini (kurang-lebih) sudah ada tapi dalam bentuk LEGO yang khas dalam judul LEGO Marvel Super Heroes . Tapi mungkin setiap orang pun memiliki seleranya masing-masing. Ada yang suka LEGO dan ada yang tidak suka bentuknya sama sekali. Kalau boleh saya katakan, desain karakter di dalam game ini seperti desain karakter pada judul Marvel Contest of Champions namun dibuat dalam bentuk yang lebih mungil dan padat.

    [​IMG]

    [​IMG]

    Meskipun bentuknya chibi-chibi (bukan Cherrybelle ya, guys!), masing-masing super heroes di sini tetap ganas! Kamu bisa mengoleksi 40 karakter super heroes Marvel baik yang sudah maupun mungkin belum kamu kenal sebelumnya. Dan masing-masing super heroes pun memiliki jurusnya masing-masing yang berbeda satu sama lain, dan sangat terasa sekali hasilnya jika kamu gunakan untuk menumpas musuh-musuh di dalam game. Jadi, jangan remehkan Iron Man, Thor, Gamora, dan kawan-kawan lainnya walau mereka cebol ya!


    Walau bersama namun tetap bersaing
    Nah sekarang saya akan membahas gameplay utama di dalam game ini. Kembali mengenai statement sebagai game action, perlu saya sampaikan bahwa game ini lebih seperti multiplayer brawler. Bukan seperti multiplayer online battle arena (MOBA), brawler di sini maksudnya adalah kamu akan memasuki sebuah arena mungil dimana berbagai musuh akan bermunculan dari berbagai arah dalam beberapa wave atau beberapa grup dalam frekuensi waktu tertentu. Atau terkadang kamu hanya akan dihadapkan dengan satu monster berbadan besar dan tentunya memiliki health points yang lebih besar juga, seperti level boss.

    Kamu juga tidak akan bertarung sendirian, kamu akan selalu bermain dengan 3 pemain lainnya dan masing-masing menggunakan satu karakter super hero. Dengan kata lain, kamu harus selalu bermain secara online. Walaupun kalian berempat akan sama-sama bertarung melawan musuh, namun sebenarnya kamu tetap bersaing dengan pemain lainnya dalam mencetak skor setinggi mungkin. Scoring atau penilaian tentunya dihitung dari berapa banyak musuh yang kamu berhasil bunuh pada arena tersebut. Akan terasa sangat menjengkelkan ketika kamu sudah susah payah menghabisi sekian health points musuh namun malah teman kamu lainnya yang mendapatkan points karena dialah yang mendapatkan last hit pada musuh tersebut.

    [​IMG]

    [​IMG]

    Agak aneh sih, bahkan sangat aneh. Saya masih belum mengerti benar apa fungsi multiplayer brawler di Marvel Mighty Heroes mengingat tidak adanya interaksi lebih yang bisa kamu lakukan dengan pemain lainnya yang bertarung bersamamu selain meminta request untuk menambahkan sebagai teman baru di daftar pertemanan di dalam game.


    Kalau tidak suka Marvel mungkin akan cepat bosan
    Semuanya terasa monoton, mulai dari gameplay, sistem kontrol, dan fitur-fitur tambahan di dalam game. Namun tentunya ada sisi positif dan negatif dari masing-masing elemen di dalam game ini. Pertama-tama mulai dari gameplay utamanya, kamu bisa menyelesaikan satu arena hanya dalam waktu kurang dari 5 menit. Cocok banget buat kamu yang super sibuk tapi ingin tetap bisa bermain game mobile , dan sebaliknya terasa sangat membosankan bagi kamu gamer hardcore.

    Kemudian dari segi sistem kontrol di dalam game. Meskipun memang ada sistem level dan skill untuk masing-masing karakter super heroes yang memberikan kesan RPG, namun saat bertarung kamu hanya menggerakkan sang jagoan dengan sentuh ke arah mana ingin berjalan dan musuh mana yang ingin kamu lawan. Saya kira awalnya game ini akan memiliki sedikit unsur action seperti hack and slash karena sudut pandang kamera yang memperlihatkan dari atas, tapi kenyataannya tidak. Jadi saya rasa buat kamu yang tidak terlalu menyukai Marvel mungkin akan cepat bosan dengan game gratisan ini.

    [​IMG]

    Untuk fitur-fitur lainnya, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu menarik. Hanya ada sistem reward atau hadiah berupa mata uang di dalam game jika kamu berhasil memenuhi berbagai kriteria yang diminta. Selebihnya, kamu akan lebih terfokus pada koleksi karakter super heroes dengan desain chibi-chibi yang cukup menarik. Tapi jika melihat bahwa game ini adalah game Free-to-play (F2P) dan ukurannya juga tidak terlalu besar, Marvel Mighty Heroes bisa kamu jadikan alternative gaming yang casual dan ringan untuk gadget Android dan iOS kesayanganmu saat ini juga. Untuk kabar berita, update, dan tips-trik bermain game lainnya, sering datang kembali ke Playtoko ya!

    Baca juga:

    Download Marvel Mighty Heroes
    [​IMG]


    marvel mighty heroes, marvel, android, ios, game android, game ios, game mobile, game gratis, marvel contest of champions, lego marvel super heroes, game iphone, game ipad, dena, dungeon hunter, gameloft, zenonia, gamevil

Share This Page