Review Mighty Switch Force! Hose It Down – Puzzle Pemadam Kebakaran

Game Review - naruto - May 6, 2015

  1. Tổng

    8.3/10

    Graphic
    Sound
    Game Play

    Playtoko.com – Pernah bercita-cita menjadi pemadam kebakaran? Kalau begitu, sekarang kamu bisa membantu Patricia Wagon menyelamatkan Hooligan Sisters di game iOS yang lagi gratis minggu ini!

    [​IMG]

    Kadang saya suka game-game WayForward . Kadang tidak. Kalau baru-baru saja mereka mengumumkan game pertama mereka di untuk iPhone dan Apple Watch berjudul Watch Quest! -Heroes of Time-, kita akan melirik sebuah game iOS bergenre puzzle yang merupakan spin-off dari serial Mighty Switch Force . Mumpung game berjudul Mighty Switch Force! Hose It Down ini lagi menjadi game gratis di App Store , nggak salah kalo kamu segera mengunduh game unyu ini.

    Mighty Switch Force sendiri merupakan seri game yang dikembangkan WayForward untuk Nintendo 3DS. Game ini berkisah mengenai seorang polisi cyborg bernama Patricia Wagon yang ditugaskan menangkap narapidana wanita yang kabur. Mighty Switch Force! Hose It Down sendiri bisa dibilang merupakan spin-off dari sekuel Mighty Switch Force, di mana Patricia Wagon ganti pekerjaan menjadi pemadam kebakaran. Pekerjaan yang cukup berbeda memang, namun setidaknya kedua pekerjaan tersebut sama-sama menyelamatkan nyawa.

    [​IMG]
    Itu apinya tolong dimatikan ya dek.

    Meraih penghargaan, akhirnya WayForward melirik iOS untuk menjadi target seri Mighty Switch Force juga. Namun kalau kamu pernah memainkan kedua judul Nintendo 3DS-nya, game iOS yang satu ini meninggalkan unsur platformernya dan lebih menekankan elemen puzzlenya sebagai desain utama. Mungkin kamu kecewa saat mengetahui bahwa Mighty Switch Force! Hose It Down mendaur ulang desain dan aset game dari Mighty Switch Force 2 , namun syukurlah dalam minggu ini ia turun harga, dari $1.99 menjadi... gratis!

    Sama seperti judul-judul sebelumnya, kamu dapat melihat aksi opsir Patricia Wagon dalam dunia 16-bit – hal yang khas dari WayForward. Kamu ditugaskan untuk memadamkan kebakaran dalam gedung, dan mirip dengan game Pipeline, kamu akan mengarahkan air melalui sela-sela blok. Infinity Dousing Apparatus menjadi sumber air tak terbatas yang bisa kamu andalkan dalam Mighty Switch Force! Hose It Down. Untung sebagai mantan polisi, Patricia Wagon nggak dikasih pistol air, ya.

    [​IMG]
    Salah satu level di dunia terakhir. Celahnya baru keliatan kalo disiram -_-

    Kalau dalam Pipeline kamu harus menempatkan berbagai jenis pipa untuk mengalirkan air ke sasaran, dalam Mighty Switch Force! Hose It Down ‘pipa-pipa’ tersebut telah tersedia dalam bentuk blok-blok bercelah. Kamu tidak bisa menambahkan apapun, sehingga yang dapat kamu lakukan adalah mengubah letak blok-blok tersebut. Jika kamu sudah membuat jalan menuju api yang akan dipadamkan, kamu dapat meminta – tepatnya menyentuh – sang opsir untuk menggelontorkan air.

    [​IMG]
    Diputer, digeser, ditembakin!

    Dua tantangan utama disodorkan WayForward untuk Patricia Wagon dalam Mighty Switch Force! Hose It Down. Pertama, tentu saja membuat jalan agar gelontoran airmu dapat mencapai api. Tantangan pertamanya saja sudah cukup membuatmu memutar otak, namun tantangan keduanya jauh lebih sulit: time attack – memadamkan semua api dalam waktu yang ditentukan. Kamu tidak akan kalah saat batas waktu terlewati, jadi saya santai-santai saja dan lebih fokus menyelesaikan puzzlenya.

    Terdapat 5 dunia dengan total 25 level yang dapat kamu selesaikan dalam Mighty Switch Force! Hose It Down. Tiap dunia memiliki tema dan tingkat kesulitan yang berbeda, dimulai dari dunia pertama yang paling mudah sampai dunia terakhir yang sulitnya bukan main. Kamu bisa menakar tingkat kesulitan dengan melihat jenis blok yang kamu pindah-pindahkan. Terdapat empat macam blok di samping blok yang tak dapat bergerak. Pertama, blok standar yang tidak dapat diputar, namun dapat kamu pindahkan. Kedua, blok lumpur yang bisa kamu hancurkan dengan air. Ketiga, blok merah yang tak dapat kamu gerakkan, namun dapat diputar sehingga posisi celahnya berubah. Terakhir, blok tak kasat mata, yang celahnya baru dapat kamu lihat dengan melewatkan air.

    [​IMG]
    Woi!

    Satu kesalahan yang mungkin WayForward lakukan pada Mighty Switch Force! Hose It Down adalah tantangan time attack yang terlalu cepat. Kamu mungkin dapat mengulang suatu level setelah paham cara memindah blok dengan benar, namun memadamkan api sebelum batas waktu terlewati membutuhkan kelihaian dan ingatan yang super. Beberapa puzzle di dunia ketiga dan keempat baru bisa saya selesaikan dalam 6 menit, padahal batas waktu untuk memenangkan time attack adalah satu menit. Namun kualitas puzzlenya tak perlu kamu ragukan, tingkat kesulitan yang bertambah secara teratur membuatmu semakin paham cara memenangkan tiap levelnya. Kamu juga dapat membebaskan Hooligan Girls dari gedung yang terbakar; yang perlu kamu perhatikan adalah bahwa blok yang mereka injak tidak dapat kamu gerakkan.

    Aspek visual maupun musik dalam Mighty Switch Force! Hose It Down tidak perlu kamu ragukan; WayForward kerap kali menggandeng nama-nama besar seperti BraveWave. Sama seperti judul-judul sebelumnya, game puzzle ini memutar komposisi musik Jake Kaufman – salah satu musisi chiptune Barat yang oke punya – yang sama kerennya. Terlepas dari tantangan time attack yang terlampau sulit, fans game puzzle – terutama yang ingin meluangkan waktunya untuk duduk dan berpikir – akan sangat mencintai game keluaran Wayforward ini. Apalagi, game iOS ini menjadi Free Game of the Week di App Store, yang tentunya tidak boleh kamu lewatkan. Jadi, tunggu apalagi, segera unduh dan padamkan kebakaran bersama Patricia Wagon!

    Unduh Mighty Switch Force! Hose It Down untuk iOS, gratis
    [​IMG]

    Baca juga ulasan-ulasan game mobile Playtoko lainnya:


    game iOS, Mighty Switch Force, Mighty Switch Force 2, Mighty Switch Force! Hose It Down, puzzle, spin-off, WayForward, free game of the week, App Store

Share This Page