Review Nono Islands - Biar Lambat Asal Selamat

Game Review - achmadfaizal - Jul 13, 2015

  1. Tổng

    8/10

    Graphic
    Sound
    Game Play

    Playtoko.com - Nono Islands bukan berarti pulau yang tidak-tidak, justru di sini kamu akan menemukan banyak harta karun yang berharga. Yuk, coba serunya mainkan ekspedisi merebut harta karun dan lari dari kejaran suku Nono dalam game platformer heksagonal yang modern ini!

    [​IMG]

    Asyiknya nge-game jaman sekarang ngga perlu repot-repot keluar rumah untuk membeli CD/DVD game, menyalakan tv, dan menyetel game-nya di konsol. Sekarang cukup nyalakan smartphone atau tablet, hubungkan dengan internet, pilih deh game gratis apa yang mau diunduh dan dimainkan. Kalau sedang bingung mau main apa, saya punya rekomendasi seru buat kamu mobile gamers yang menyukai game dengan grafis yang indah, yakni game-game keluaran Ilusion Labs seperti Nono Islands yang akan saya bahas pada kesempatan ini.

    Kalau kamu belum pernah mendengar nama ini sebelumnya, Ilusion Labs adalah sebuah tim developer independen asal Denmark yang berfokus pada pengembangan game kasual di perangkat iOS . Beberapa produk game-nya yang banyak digemari di antaranya Rocket Cars , Touchgrind Skate , Mr. Crab , dan Blast-A-Way . Keunikan dari berbagai karya game mobile yang diciptakan oleh pengembang ini adalah game dengan kualitas grafis yang sederhana namun nyaman dipandang mata.

    [​IMG]

    Nono Islands merupakan sebuah game arcade yang mengusung gaya gameplay platformer dalam balutan yang modern. Kalau biasanya di dalam game platformer kamu akan melompat dari satu platform yang lebih rendah ke platform yang lebih tinggi dan sebaliknya dalam tampilan side-scrolling, bedanya di dalam game ini kamu akan bermain dalam tampilan third-person atau sudut pandang orang ketiga.

    Di dalam game gratis ini kamu akan berekspedisi menjelajahi sebuah pulau yang bernama pulau Nono demi menemukan sejumlah harta karun dan mengumpulkan potongan peta yang tersebar di setiap stage-nya. Pilih salahsatu karakter, pria atau wanita, maka kamu siap untuk merebut idol dan berlari dari kejaran para suku Nono. Ya, kamu tidak sendirian, pulau yang kamu jelajahi didiami oleh suku Nono yang tidak akan tinggal diam melihat hartanya dirampas olehmu.

    [​IMG]

    Untuk berlari dari kejaran para Nono, kamu akan menghadapi jalan lurus bebentuk heksagonal yang akan sangat menentukan arahmu berjalan. Cukup dengan gunakan satu sentuhan (single tap), maka karakter penjelajahmu akan melompat lurus kedepan dan swipe ke arah kiri atau kanan agar ia melompat ke arah yang kamu inginkan. Cara bermain dan kontrolnya sederhana dan mudah dimengerti, saya rasa siapa saja dapat cepat menyukai game ini dengan mudah.

    Namun dibalik kemudahan yang kamu temukan di stage-stage awal, Nono Islands merupakan game yang cukup kompleks di mana tingkat kesulitannya akan semakin meningkat sejauh permainanmu berlangsung. Awalnya mungkin kamu memang hanya akan melompat lurus, menunggu waktu yang tepat agar tidak terjatuh, atau menghindar dari rintangan berbahaya seperti duri tajam, ikan hiu, atapun suku Nono yang berpatroli.

    Lama-kelamaan, kamu pasti akan merasakan bahwa game arcade ini akan memerlukan keselarasan dan keharmonisan bermain layaknya sebuah game rhythm. Ada stage di mana kamu tidak hanya berdiam diri menunggu agar pijakanmu selanjutnya muncul, kamu akan memerlukan usaha lebih seperti menemukan irama ketukan yang tepat agar kamu bisa berjalan terus tanpa harus tercebur di tengah perjalanan. Jika tidak, maka mungkin saja kamu akan stuck di stage yang sama dan mengulang-ulang perjalanan dari awal stage lagi dan lagi.

    [​IMG]

    Sebenarnya hanya ada satu hal utama yang perlu kamu dapatkan di setiap stage, yakni potongan kunci yang lengkap untuk membuka peti di akhir stage yang berisikan potongan idol. Namun kamu juga dapat kumpulkan benda lain seperti token hijau yang bermanfaat untuk memberikanmu kesempatan checkpoint (ban pelampung) di stage yang baru saja kamu mulai mainkan. Tidak memiliki checkpoint tidak masalah, hanya mungkin akan terasa lebih sulit jika keadaannya seperti ini:

    Kamu sudah berhasil menyelesaikan stage 1, 2, dan 3 di Volcano Isle, namun kamu hanya memiliki checkpoint di stage 2. Saat melanjutkan ke stage 4 ternyata kamu terjatuh, dan kamu tidak memiliki token hijau lagi, maka mau tidak mau kamu harus mengulang lagi dari stage 2 meskipun stage 3 sudah berhasil kamu lewati sebelumnya.
    [​IMG]

    Sistem stage dan checkpoint di Nono Islands memang agak ribet, karena di sinilah developer menempatkan kesempatannya untuk menawarkan pembelian item di dalam game alias in-app purchases (IAP). Jika ingin aman, kamu dapat membei checkpoint untuk semua stage yang telah kamu lalui seharga Rp 35ribu atau kamu bisa membeli 5 buah token hijau seharga Rp 12ribu.

    Terlepas ribetnya dan (mungkin) sulitnya yang akan kamu rasakan setelah mencapai stage yang lebih jauh, Nono Islands adalah game yang sangat menghibur dan sejuk di mata. Tampilan grafisnya memiliki warna dan kecerahan yang seimbang, animasi karakter utama dan objek-objek di sekitarnya juga terasa hidup, bahkan cuaca yang berganti-ganti juga di setiap stage, namun semua hal ini tidak membuat game terasa berat dijalankan di iPhone dan iPad. Selain itu musik dan efek suara yang diberikan juga cukup terdengar harmonis dengan nuansa alam di dalam game.

    [​IMG]

    Sebenarnya game gratis ini juga merupakan game arcade yang kasual alias santai, namun kamu bisa uji kemampuan bermainmu dengan cara menyelesaikan stage secepat mungkin kamu bisa dan adu hasilnya dengan total waktu yang dibutuhkan oleh temanmu dalam menyelesaikan stage yang sama. Di sini barulah lebih terasa menantangnya Nano Islands. Tapi kalau kamu bermain untuk menghibur diri sendiri, tidak masalah jika lompatanmu lambat, asalkan selamat.

    Baca juga:


    nono islands, Rocket Cars, Touchgrind Skate, Mr. Crab, Blast-A-Way, ios, game ios, game iphone, game ipad, ilusion labs, game mobile, game gratis, arcade, platformer

Share This Page