Review Religion Simulator - Uniknya Simulasi Menjadi Tuhan Tanpa Menyinggung SARA

Game Review - achmadfaizal - Mar 17, 2015

  1. Tổng

    8.7/10

    Graphic
    Sound
    Game Play

    Playtoko.com - Ingin coba serunya bermain game mobile sambil belajar sedikit mengenai sejarah persebaran agama? Kamu bisa coba mainkan game indie satu ini: Religion Simulator! Simak ulasan selengkapnya di sini ya!

    [​IMG]

    Genre game simulasi memang tidak akan ada habisnya di berbagai platform, mulai dari PC, konsol, hingga mobile. Ketertarikan para gamer untuk mencoba game-game simulasi yang baru juga saya rasa tidak ada habisnya berkat berbagai jenis simulasi yang semakin kreatif beredaran di pasaran. Khusus untuk game simulasi yang berorientasi pada simulasi bisnis, biasanya disebut dengan istilah Tycoon , adalah salahsatu jenis ragam game simulasi yang banyak digemari kalangan gamer, mungkin juga termasuk kamu.

    Bagi para penggila game tycoon pasti sudah tidak asing lagi dengan game-game mobile dari developer Kairosoft . Game developer asal Jepang tersebut senantiasa menghadirkan game-game simulasi bisnis dengan puluhan jenis bisnis mulai dari berbisnis majalah, bisnis sushi, bisnis game developer hingga jenis-jenis bisnis yang absurd seperti Ninja Village yang mengurusi bisnis di pedesaan ninja. Atau tidak melulu harus berbisnis, game simulasi dalam skala besar seperti SimCity BuildIt dari EA juga masih cukup banyak diminati gamer masa kini. Nah bagaimana kalau game simulasinya seperti seolah-oleh kamu menjadi Tuhan yang mengatur persebaran agama di dunia?

    [​IMG]

    Kebetulan sekali karena kali ini saya akan membahas Religion Simulator , seperti judul game-nya, kamu akan bermain simulasi persebaran agama, atau lebih tepatnya simulasi untuk menguasai dunia dengan satu jenis agama. Sebelum membahas game-nya lebih mendalam, ada baiknya jika kamu ketahui dahulu sedikit mengenai tim studio developer pembuatnya. Gravity Software adalah studio game independen asal Inggris yang baru saja meluncurkan game ini untuk Android dan iOS sebagai game debut pertamanya. Dan jika kamu memainkannya di PC, kamu bisa mendukung aksesnya agar menembus Greenlight di Steam.

    Kalau inti dari game-nya tentang menguasai dunia dengan satu jenis agama, apakah game ini menyinggung SARA (suku, agama, ras dan antar golongan)? Ngga kok, tenang saja, game mobile ini benar-benar hanya memberikanmu pengalaman unik bagaimana serunya menyebarluaskan sebuah paham (yang di sini digambarkan sebagai kepercayaan/agama) ke seluruh dunia dan bersinggungan dengan paham lainnya yang memiliki misi yang serupa. Sontak saya langsung teringat dengan game simulasi yang serupa, yaitu Plague, hanya saja bedanya di dalam game ini bukan jenis penyakit baru yang akan kamu sebarluaskan. Yang pasti, untuk impresi awal saya dapat memahami sistem dan mekanisme gameplay dengan mudah dengan tutorial yang diberikan hanya dalam waktu 5 menitan saja.

    [​IMG]

    Kamu akan disuguhkan dengan tampilan dunia dalam bentuk globe 3-dimensi yang indah beserta kilauan bintang-bintang jauh di sekitarnya, sekilas kalau kamu tidak tahu mengenai game ini sebelumnya malah kelihatan seperti memainkan game bertema sci-fi. Bumi, mungkin bumi, entah planet apa tapi yang pasti saya rasa organisme yang meninggalinya adalah manusia, dibuat dengan pola heksagonal seperti sarang lebah untuk memetakan populasi persebaran penduduk di planet tersebut. Untuk permulaan, kamu akan memilih satu titik segienam sebagai tempat pertama lahirnya agama yang nantinya akan kamu sebarluaskan. Dengan bentuk heksagonal yang merata mengitari planet tersebut kmau dapat memfilter masing-masing seginenamnya untuk melihat berdasarkan kepadatan populasi, kekayaan harta yang dimiliki, kekayaan sumber daya alam, dan tingkat pendidikan yang dimiliki penduduk di dalam area segienam tersebut.

    Titik agamamu akan ditandai dengan warna pinggiran biru di bangun segienamnya, dan agama-agama lainnya (yang berarti adalah sainganmu) ditandai dengan warna lainnya seperti pink, hijau, dan kuning. Dari titik tersebut, tugasmu tentunya adalah menyebarluaskannya ke berbagai arah populasi lain dengan membayarkan sejumlah Gold. Gold, sebagai mata uang utama di dalam game bisa kamu peroleh dengan membangun Treasury atau mengambil Gold yang akan muncul secara acak di peta. Ada 4 macam persebaran yang bisa kamu lakukan, persebaran secara linear dan persebaran secara radial dalam 3 ukuran. Jangan lupa juga untuk membangun Temple agar kekuatan keyakinan para pengikut agamamu semakin kuat dan tidak mudah dipengaruhi oleh keyakinan agama lain.

    [​IMG]

    Kecepatan, arah persebaran, kekuatan keyakinan, dan perluasan agamamu akan sangat dipengaruhi oleh keadaan populasi yang kamu tuju. Maka di Religion Simulator sangat penting sekali bagi kamu untuk memperhatikan apakah populasi yang kamu tuju memiliki tingkat pendidikan, penghasilan, dan sumber daya alam yang tinggi atau tidak. Untungnya yang saya sukai dari game ini adalah dimana mekanisme unsur strateginya masih menggunakan logika dan nala manusia yang wajar. Contohnya jika kamu membangun Temple di segienam populasi dengan warna coklat yang pekat (yang berarti berpendidikan tinggi), maka sangat besar kemungkinannya para pengikut agamamu bisa cepat menerima ajarannya dan akan setia berpegang teguh pada agama yang kamu sebarluaskan.

    [​IMG]

    Sama juga seperti ajaran agama pada kenyataannya, kamu dapat menggunakan sistem skill tree yang akan sangat mempengaruhi persebaran agamamu. Skill tree di sini digambarkan sebagai ajaran-ajaran yang nantinya disampaikan oleh Nabi atau makhluk utusan Tuhan kepada para penduduk yang masih belum dan sudah beragama. Empat cabang ajaran utama akan mengajarkan tentang Regulation (aturan dalam agama seperti dosa, hukuman, dll.), God’s Word (pepatah Tuhan yang disampaikan melalui kitab suci, ceramah, dll.), Fundamental Thought (pemikiran fundamental dalam kehidupa sehari-hari seperti etika, moral, etc.), dan Rituals (yang berisikan perayaan hari-hari keagamaan yang besar/penting). Saya sangat terkagum dengan seluruh sistematika rancangan agama di Skill tree di dalam game ini yang dikemas sedemikian rupa sehingga nampak benar-benar seperti agama asli pada kehidupan nyata.

    Serunya bermain sebagai Tuhan di Religion Simulator tidak berhenti sampai di sana saja. Masih dalam misi utama untuk menguasai dunia dengan agamamu sendiri, maka kamu perlu mendesak, atau lebih kejamnya, menjatuhkan agama lain dengan upaya yang lebih keras. Tanpa basa-basi lagi, kamu bisa meruntuhkan persebaran agama lain dengan menggunakan 4 jenis weapon yang tersedia, mulai dari bom hingga Armageddon! Well, ini hanya game fiktif belaka ya, guys, jadi jangan pernah ikuti atau tiru kekerasan seperti itu. Weapon yang tersedia di dalam game anggap saja seperti bencana alam yang diturunkan oleh Tuhan atas segala kehendak-Nya.

    [​IMG]
    Hebohnya Armageddon meluluhlantahkan agama pink!

    [​IMG]

    Kesimpulannya, Religion Simulator adalah game simulasi jenis baru yang wajib untuk kamu coba mainkan. Dan sekali lagi perlu saya sampaikan bahwa game ini tidak menyinggung hal-hal yang berkaitan dengan SARA sama sekali. Game mobile ini hanya sekedar memperihatkan kita sedikit gambaran mekanisme kasar mengenai sejarah persebaran agama-agama yang ada di zaman ini. Mudah-mudahan saja setelah bisa memenangkan game ini kamu mulai sadar betapa perjuangan para Nabi atau utusan Tuhan itu tidak mudah dan perlu kita hargai dan yakini bahwa Tuhan itu memang ada dan Maha Kuasa. Selamat bermain!

    Baca juga:
    Download Religion Simulator
    [​IMG]


    religion simulator, android, ios, game android, game ios, game premium, game iphone, game ipad, simulasi, tycoon, game simulasi, kairosoft, ninja village, simcity buildit, gravity software

Share This Page