Review Rob and Roll - Serunya Bermain Pachinko bersama Robin Hood

Game Review - achmadfaizal - Oct 28, 2015

  1. Tổng

    8/10

    Graphic
    Sound
    Game Play

    Playtoko.com - Buat kamu yang belum tahu dan tidak pernah bermain game Pachinko khas Jepang, kamu bisa coba simulasinya di Rob and Roll. Game arcade kasual yang bercerita tentang Robin Hood ini dijamin akan membuatmu ketagihan untuk cepat kaya raya.

    [​IMG]

    Saat membutuhkan hiburan ringan ketika membuka smartphone di dalam kereta atau jika sedang menunggu janjian dengan teman yang tidak kunjung tiba memang game arcade kasual adalah pilihan yang tepat. Selain ringan untuk dimainkan dalam waktu singkat, biasanya tipe game mobile ini juga hadir dengan kemasan yang sangat menghibur – seperti penuh warna, bernuansa cerah, dan animasi yang sedap dipandang mata. Contohnya seperti game Rob and Roll, game terbaru dari DeNA Corp.

    Game kasual mungkin memang bukan bidang yang didalami oleh DeNA Corp., mengingat produk-produk game andalannya berotasi dalam genre RPG dan strategi. Sebut saja seri game Blood Brothers, Star Wars: Galactic Defense, Transformers: Battle Tactics, Marvel Mighty Heroes, dan Final Fantasy Record Keeper. Skema game yang dikembangkan juga biasanya mengangkat konten dari franchise ternama. Melihat kehadiran Rob and Roll bisa dikatakan menjadi satu keragaman lain yang ditawarkan oleh DeNA Corp.

    [​IMG]

    Dikembangkan oleh Paladin Studios, Rob and Roll merupakan sebuah game arcade yang terinspirasi dari gameplay arcade klasik Pinball dan mengangkat kisah Robin Hood di dalamnya. Atau lebih tepatnya terinspirasi dari Pachinko , yakni semacam permainan arcade khas Jepang yang memadukan unsur lempar objek, halang rintang, gravitasi, dan skor sebagai hasil akhir, atau bahkan beberapa juga dilengkapi dengan mesin slot a la mesin permainan perjudian di kasino. Semakin tinggi skor yang diraih, maka semakin banyak uang yang didapat. Sistem seperti itu yang kurang lebih diterapkan di dalam game, tapi tenang saja, tidak ada unsur perjudian sama sekali kok di dalam game ini.

    Mengenai Robin Hood, sosok yang dikenal sebagai pencuri berhati mulia ini merupakan tokoh utama di dalam game. Tugasmu adalah untuk membantu Robin mendapatkan uang (Gold) sebanyak-banyaknya dengan bantuan para Minions. Minions di sini bukanlah makhluk kuning pecinta pisang, melainkan seperti prajurit kecil yang dianalogikan sebagai peluru di dalam arena Pachinko yang cukup luas. Arena Pachinko yang dimaksud di sini merupakan dunia Robin Hood dengan tema kolosal dengan latar yang berpindah-pindah mulai dari hutan, ke pegunungan bersalju, hingga penjara kerajaan.

    [​IMG]

    Cara bermain Rob and Roll sangatlah mudah, buat kamu yang sudah familiar dengan permainan Pachinko pasti akan cepat menguasai game ini. Cukup lemparkan Minion dengan cara swipe ke arena dan biarkan si Minion terpantul-pantul melalui tiang-tiang kayu dan halang rintang lainnya hingga sampai ke posisinya semula di bawah. Di arena tentunya bertebaran banyak Gold untuk dikumpulkan bila Minion-mu berhasil menyentuhnya. Dan kamu dapat melempar Minion berulang kali hingga waktu di level tersebut habis.

    Dengan sistem skoring seperti game arcade kasual pada umumnya, kamu harus memenuhi Gold dalam jumlah tertentu untuk mendapatkan 1 bintang yang berarti aman dan level berhasil diselesaikan. Dengan total maksimal 3 bintang, nanti juga akan disediakan bonus 3 gerobak dorong yang akan menerobos dari atas ke bawah dan mengumpulkan Gold tambahan.

    [​IMG]

    Salahsatu alasan yang akan membuatmu semakin betah bermain Rob and Roll adalah keragaman Minions yang terdapat di dalam game gratis ini. Dengan Piggles sebagai Minion pertama berwujud babi, kamu dapat membentuk Team yang terdiri dari 3 Minions. Nantinya kamu akan menemukan beragam jenis Minions lainnya yang bisa jadi lebih lucu dan bahkan lebih powerful!

    Sedikit lebih kompleks dari yang saya kira awalnya, ternyata koleksi Minions-mu dapat kamu Training agar performanya semakin meningkat saat menjadi peluru Pachinko. Kamu dapat meningkatkan kecepatan berlari, damage yang dihasilkan untuk menghancurkan boks, hingga mengurangi durasi cooldown agar Minion dapat segera dilempar lagi ke arena. Training ini dapat kamu lakukan dengan membayarkan sejumlah Gold dan Crystal yang sesuai dengan elemen Minion-nya.

    Ya, bahkan ada sistem elemen yang belaku bagi para Minions di Rob and Roll. Ada tiga elemen Minions yang tersedia, yakni api (merah), air (biru), dan bumi (hijau). Bukan seperti game RPG yang menggunakan sistem elemen untuk saling menjatuhkan satu sama lain, elemen di sini akan bermanfaat ketika si Minion dapat mengisi slot di ujung bawah arena Pachinko dengan warna yang sesuai dengan elemennya. Jika sesuai, nantinya mesin slot akan berputar dan bisa memberikanmu bonus Gold.

    [​IMG]

    Bukan cuma Gold yang dapat kamu ambil di arena, ada banyak benda lainnya yang sangat bermanfaat. Di antaranya seperti Crystal elemen, Keys, dan juga panah dan busur Robin Hood untuk mengaktifkan power-up: Fever. Saat Fever akan semakin banyak objek yang dijatuhkan ke dalam arena, kebanyakan adalah Gold, tapi bisa juga berupa rintangan yang menghambat seperti perangkap beruang atau bahkan mematikan seperti bom.


    Bila hanya memainkan mode Adventure, arah swipe yang kamu lakukan untuk melempar Minion memang tidak terlalu penting karena fokusmu adalah untuk mengumpulkan Gold sebanyak-banyaknya. Perlu kamu ketahui, ada banyak fitur mode permainan lainnya yang memiliki gameplay yang sedikit lebih serius. Fitur yang dimaksud adalah mode Expedition, Arena, dan Guild.

    Fitur Expedition adalah seperti fitur bonus level di mana tidak ada persyaratan sebanyak apa Gold yang harus kamu dapatkan tapi hasilnya tentu akan bertambah ke dalam tabungan Gold-mu. Fitur ini hanya dapat dibuka jika kamu memiliki Key (Gold Key, Silver Key, Bronze Key) yang bisa kamu dapatkan secara acak atau sebagai hadiah dari mode permainan Adventure.

    [​IMG]

    Kemudian ada juga fitur Arena di Rob and Roll yang berfungsi sebagai ajang gengsi demi memperebutkan posisi peringkat tertinggi di Leaderboards. Fitur ini akan berlangsung dalam periode waktu tertentu dan dibatasi dengan 5 energi untuk bermain.

    Dan satu lagi adalah Guild. Di fitur Guild, kamu akan memainkan mode permainan yang berbeda, yakni lebih fokus pada arah swipe Minion agar dapat tepat sasaran menghancurkan penjara kerajaan dan membebaskan tahanan di dalamnya. Bersistem energi dan leaderboard juga seperti Arena, kamu bisa unjuk kebolehan Guild-mu di antara Guild lainnya. Selain itu ada pula Guild Points yang akan memberikan bonus berupa Diamonds bagi para anggota Guild jika Guild tersebut berhasil memenuhi Points yang diminta.

    [​IMG]

    Rob and Roll merupakan sebuah game kasual yang cukup mengejutkan. Tampilan luarnya yang sangat kasual akan membuatmu berpikir bahwa game arcade ini merupakan game yang ringan dan jauh dari unsur sosial ataupun perkembangan karakter di dalamnya. Padahal, Rob and Roll bisa saja menyita waktumu karena penasaran untuk mencapai peringkat tertinggi dan memahami gameplay Pachinko yang unik lebih dalam lagi.

    Baca juga:


    arcade, dena, pinball, pachinko, dena corp., ios, kasual, casual, game ios, game iphone, game ipad, game mobile, game gratis, robin hood

Share This Page