Review Shooty Skies - Game Bullet Hell Shooter Terfavorit Tahun Ini

Game Review - achmadfaizal - Oct 1, 2015

  1. Tổng

    9/10

    Graphic
    Sound
    Game Play

    Playtoko.com - Game mobile bergaya blocky memang sedang ngetren saat ini, berkat Crossy Road lahirlah satu game arcade menarik yang berjudul Shooty Skies. Dikembangkan oleh Mighty Games, game bullet hell shooter ini tidak akan membuatmu frustasi dan malah ingin bermain lagi dan lagi.

    [​IMG]

    Tanpa ada kabar jadwal rilis sebelumnya, Mighty Games ternyata sudah merilis game debut perdananya Shooty Skies untuk perangkat iOS kemarin, sehari lebih cepat dari jadwal rilis game-game iOS terbaru mingguan. Mungkin strategi ini sengaja dilakukan agar game perdananya tidak tenggelam karena berdatangan dengan belasan game baru lainnya di hari yang sama. Dan saya rasa strategi ini cukup berhasil, buktinya sejak kemarin saya sudah tidak bisa melepaskan game mobile ini dari genggaman saya sepanjang hari.

    Buat kamu yang belum mendengar atau mengetahui tentang Shooty Skies sebelumnya, game mobile ini merupakan produk pertama dari Mighty Games, yakni sebuah developer independen asal Australia yang diprakarsai oleh beberapa developer yang sebelumnya terlibat dalam pengembangan game Crossy Road ( Hipster Whale ). Maka jangan heran jika dari penampilan dasarnya saja sudah tidak terlihat begitu asing di mata. Dan jangan salah prasangka terlebih dahulu, karena formula game Crossy Road memang sangat menarik dan game ini bukanlah sebuah bentuk plagiat.

    [​IMG]

    Langsung memasuki gameplay setelah selesai meng-install-nya, kamu akan langsung dihadapkan dengan tutorial cara bermain game arcade ini. Seketika kamu pun akan langsung merasakan formula gameplay dan kemasan game a la Crossy Road yang sudah tidak asing lagi. Pertama-tama jelas sekali dari gaya gambar blocky -nya, kemudian efek suara yang digunakan, serta UI (User Interface) game ini juga dibuat sangat mirip dengan game menyebrang jalan yang fenomenal tersebut.

    Meskipun terlihat sama dari berbagai hal, tapi inti gameplay utama tentunya berbeda. Di dalam game arcade ini kamu akan memainkan sebuah game bullet hell dalam bentuk yang cukup inovatif. Mengapa bisa saya katakana inovatif? Alasan pertamanya adalah berkat tampilan gameplay isometriknya, berbeda dengan game shooter bullet hell lainnya yang ditampilkan secara top-down atau dari atas. Alasan lainnya dapat kamu temukan dalam konten dan fitur menarik lainnya di dalam Shooty Skies.

    [​IMG]

    Masih di dalam gameplay, satu hal yang saya sukai adalah sistem kontrol yang unik untuk mengeluarkan serangan spesial. Biasa di beberapa game shooter bullet hell pada umumnya untuk mobile, cukup dengan satu jari kita bisa arahkan si pesawat tempur dengan cara menge-drag-nya di layar secara bebas. Dan ketika melepas jari dari layar, maka game akan ter-pause… namun tidak di Shooty Skies. Melepas jari di game ini justru akan membuat si pesawat tempur charging untuk mengeluarkan serangan spesial berupa peluru roket mengincar saat kamu kembali menyentuh pesawat di layar. Cukup inovatif, bukan?

    Hal berikutnya yang mungkin akan kamu sukai adalah animasi yang unik berkat grafis yang bergaya blocky. Memang 3-dimensi, tapi ada keunikan tersendiri saat melihat api dan asap berbentuk kubik setiap kali musuh hancur berkeping-keping. Apalagi jika kamu perhatikan bentuk-bentuk musuhnya juga. Musuhmu bukanlah pesawat tempur, melainkan layar monitor yang sedang menyetel video kucing di youtube, vending machine, radio boombox, dan bentuk-bentuk barang elektronik lainnya yang tidak lazim tapi dapat melayang di udara.

    [​IMG]

    Mode gameplay di Shooty Skies juga sama seperti game inspiratornya, yakni endless. Kamu tidak akan dibekali banyak nyawa, jadi sekali terkena peluru musuh maka kamu akan mati. Kamu tetap bisa melanjutkan permainan dengan membayarkan sejumlah coins atau menonton video iklan jika kamu bermain online. Ingat, ada beberapa jenis musuh yang harus kamu perhatikan, ada yang khusus membawa coins dan yang khusus membawa power-ups, jangan lewatkan kesempatan untuk mengumpulkan coins sebanyak mungkin agar dapat terus bermain dan membuka item baru.

    Sedikit berbeda dalam sistem items, di game gratis ini kamu harus dapat mengumpulkan minimal 500 coins untuk dapat membuka satu jenis item secara acak. Item di sini ada dua jenis, item avatar sebagai pilot dan item senjata. Avatar untuk pilot yang berbeda nantinya akan memberikan tema dunia yang berbeda saat bermain, sedangkan item senjata akan memberikan efek peluru yang berbeda yang akan muncul saat menembak musuh. Sayangnya item senjata memiliki jangka waktu yang terbatas dalam pemakaiannya, tapi bagi saya hal ini bukanlah masalah yang begitu berarti, justru game terasa lebih adil dengan banyaknya coins yang bisa kita dapatkan dalam waktu bermain kurang dari 1 jam.

    [​IMG]

    [​IMG]

    Satu hal lagi yang harus kamu ketahui adalah adanya sistem progress jarak di Shooty Skies. Setiap kali setelah berhasil mencapai jarak tertentu (500, 1000, dst.), nantinya kamu akan membuka Mystery Box yang berisikan hadiah menarik, bisa jadi berisi coins atau item baru. Sebuah strategi yang cukup jenius agar para pemain terus terpacu untuk memenuhi progress-nya sebelum berhenti bermain.

    Kesimpulannya, Shooty Skies berpotensial menjadi game arcade favorit berikutnya setelah Crossy Road jika menginginkan gameplay yang berbeda. Saya rasa layanan game gratis ini juga cukup friendly-user di mana tidak ada pop-up iklan yang muncul secara tiba-tiba ataupun iklan dalam bentuk banner yang mengganggu. Justru dengan menonton iklan kita bisa mendapatkan coins yang berlimpah. Selain itu jika kamu iseng membuka Settings, ada pilihan Bahasa Indonesia yang bisa kamu gunakan, ada juga banyak pilihan bahasa dari negara Asia lainnya. Mighty Games tahu benar bahwa pasar Asia, khususnya Asia Tenggara adalah region yang sangat berpotensial untuk industri game mobile saat ini.

    [​IMG]

    Baca juga:


    crossy road, shooty skies, mighty games, hipster whale, arcade, kasual, game gratis, ios, game ios, game iphone, game ipad, shooter, bullet hell, blocky, isometrik

Share This Page