Review Siegefall - Bukan Sekedar Tandingan Clash of Clans yang Biasa

Game Review - achmadfaizal - Jun 29, 2015

  1. Tổng

    7/10

    Graphic
    Sound
    Game Play

    Playtoko.com - Tidak hanya di Yu-Gi-Oh! kamu bisa memanggil naga penyembur api, di Siegefall kamu juga bisa melakukannya! Game mobile RTS terbaru dari Gameloft ini cukup menarik perhatian, tapi apakah bisa menyisihkan peringkat pesaingnya, Clash of Clans?

    [​IMG]

    Menjadi pelopor memang dapat menghasilkan banyak keuntungan, selain berkesan orisinil, banyak juga orang lain yang akan mengikuti jejak sang pelopor. Hal ini juga seringkali terjadi di dunia gaming, termasuk industru game mobile . Contoh paling besar yang dapat dilihat adalah Clash of Clans ( CoC ) yang masih saja menduduki peringkat teratas di Google Play dan App Store, sebuah game pelopor real-time strategy ( RTS ) di mobile. Tidak heran jika banyak pengembang dan penerbit yang berusaha mengikuti jejaknya, meskipun tidak banyak juga yang bisa berhasil menyainginya.

    Contohnya adalah seperti Gameloft , penerbit game raksasa ini baru saja memperkenalkan dan mengedarkan game ‘sejenis CoC’ pertamanya yang berjudul Siegefall . Mendengar nama pengembang dan penerbit game yang satu ini pasti judul game seperti Asphalt dan Modern Combat adalah yang pertama kali terlintas di benakmu. Dan cukup unik rasanya mengingat CoC yang sudah bergelut dengan kesuksesannya selama bertahun-tahun, namun kemudian Gameloft muncul untuk menguji peruntungannya dalam pasar yang sama. Mungkin belum ada kata terlambat bagi Gameloft untuk merebut tahta best mobile RTS.

    [​IMG]

    Memang menarik perhatian, Siegefall dibekali dengan kualitas grafis yang menurut saya jauh lebih baik dibandingkan Clash of Clans. Meskipun belum seberapa kerennya jika dibandingkan dengan Rival Kingdoms: Age of Ruins dari Space Ape Games, tapi saya sudah bisa dapatkan kesan yang baik dan menemukan identitas game ini dari penampilan visualnya saja. Mungkin kedengarannya konyol, tapi saya akui animasi saat loading game ini keren banget! Tidak kalah keren juga animasi yang ditampilkan oleh Hero dan unit pasukan lainnya saat bertempur.

    Kesan yang baik sudah disampaikan oleh kualitas visual yang baik, begitu juga dengan kualitas audionya. Buat kamu yang suka menikmati jalan cerita dan keragaman karakter, kamu pasti akan menyukai dubbing yang dimiliki masing-masing karakter. Efek suara yang ditimbulkan saat berperang seperti suara dentuman meriam atau semburan api juga cukup harmonis dengan visual yang ditampilkan. Hanya mungkin kamu akan kaget ketika pertama kali melihat betapa besarnya sosok seorag Hero bila dibandingkan dengan unit-unit prajurit lainnya yang jadi berkesan… mini.

    [​IMG]

    Mungkin memang sengaja dibuat sedemikian rupa sehingga Hero merupakan salahsatu unsur terpenting di dalam Siegefall. Ya, salahsatu, karena unsur kedua yang tidak kalah pentingnya adalah Card atau sebut saja kartu ajaib. Keduanya memiliki peranan penting dalam menciptakan serangan yang kuat untuk menghancurkan base lawan. Suka atau tidak, saya rasa kamu akan selalu membutuhkan keduanya saat ingin berperang. Mengapa demikian?

    Dari sekian pertarungan yang telah saya rasakan, baik pertarungan dalam mode skenario (Chapter 1, Chapter 2, dst.) maupun pertarungan melawan base pemain lainnya, kamu tidak akan bisa berbuat banyak tanpa kehadiran sesosok Hero. Sejauh ini ada tiga Hero yang bisa kamu miliki, Knight Teren, Queen Nor, Chief Sigvard, dan satu lagi (kemungkinan) menyusul di update game berikutnya. Masing-masing Hero memiliki kekuatan, pertahanan, dan kecepatan yang jauh lebih tinggi dari unit prajurit apapun dan mereka juga memiliki skill-nya masing-masing yang akan aktif dengan sendirinya saat bertarung. Berbeda dengan Clash of Clans yang baru memperbolehkanmu bertemu dan menggunakan Hero setelah mencapai Town Hall level 7, sedangkan di sini kamu sudah mendapatkannya sejak awal.

    Begitu juga dengan Card, kamu akan senantiasa membutuhkannya jika kamu ingin menang. Card di Siegefall kurang lebih memiliki fungsi yang serupa dengan Spell di CoC. Ada berbagai macam kartu ajaib dengan kegunaannya yang beragam juga, mulai dari menyembuhkan nyawa prajurit, menyambar base musuh dengan petir, meriam berapi, es pembeku, hingga memanggil bantuan semburan api dari seekor naga. Semuanya ditampilkan dengan animasi dan kualitas audiovisual yang sangat baik. Hanya saja kekurangannya, kamu tidak bisa menentukan jenis kartu apa yang akan kamu ciptakan. Kamu hanya bisa memberikan perintah Craft di Card Crafter dengan membayarkan sejumlah Gold atau bubuk ajaib untuk mendapatkan Card tingkat tinggi.

    [​IMG]

    [​IMG]

    Satu keunikan lainnya yang membuat Siegefall lebih berkesan adalah sistem kendali pasukan yang bisa dilakukan langsung oleh pemainnya. Memang sistem kendali seperti ini bukanlah hal yang baru mengingat sebelumya sudah pernah diterapkan oleh game RTS serupa seperti Boom Beach dan DomiNations . Tapi di samping pengendalian unit prajurit perkelompok ini, kita juga dapat menambah pasukan jika mendapatkan sejumlah makanan yang dibutuhkan dengan cara menghancurkan bangunan-bangunan tertentu di base musuh. Namun pada dasarnya jika pasukan awalmu sudah mati, ya mereka mati dan tidak akan kembali, unit tambahan ini hanya berperan sebagai serangan tambahan agar kamu bisa mencapai tujuanmu.

    Beberapa hal lainnya dari segi konten tidak jauh berbeda dengan Clash of Clans, kamu harus membangun base yang kokoh agar tidak mudah hancur diserang pemain lainnya dan meng-upgrade segala detil di dalamnya seiring meningkatnya Keep-mu (sejenis Town Hall). Sedangkan untuk mencari lawan pemain lain, kamu akan dihadapkan dengan sistem yang sama seperti Boom Beach, base berbagai level akan muncul di map dan sistem matchmaking ditentukan oleh seberapa banyak Medal yang telah kamu raih. Medal sendiri merupakan semacam poin yang didapat jika penyeranganmu berhasil, sama seperti Trophy di CoC.

    [​IMG]

    Selebihnya tidak ada banyak hal yang begitu menarik di Siegefall. Well, pada dasarnya saya memang tidak terlalu menyukai game yang memakan banyak waktu dalam hal persiapan saja (seperti upgrade bangunan, melatih prajurit, membuat kartu ajaib, dll.). Bahkan menurut saya sistem tata bangunan di dalam game gratis ini jauh lebih kaku dibandingkan Clash of Clans di mana kamu bahkan dapat membuat gambar atau tulisan dengan tatanan tembok sesuka hati; meskipun pada dasarnya game ini jauh lebih realistis dan lebih terasa tema medieval-nya. Bagaimanapun juga, saya rasa kamu harus coba mainkan game ini terlebih dahulu, siapa tahu saja kamu bisa move on dari CoC!

    Baca juga:



    rts, gameloft, siegefall, strategi, real time strategy, android, ios, game mobile, game android, game ios, game gratis, clash of clans, coc, dominations, boom beach, asphalt, modern combat

Share This Page