Review SimCity BuildIt - Jadi Walikota Secara Mobile Ternyata Menyenangkan Juga

Game Review - achmadfaizal - Dec 9, 2014

  1. Tổng

    9.3/10

    Graphic
    Sound
    Game Play

    Playtoko.com - Jaman sekarang sudah saatnya melakukan banyak hal secara mobile, termasuk mengelola kota virtual kamu di SimCity BuildIt. Game simulasi dari Electronic Arts yang baru dirilis beberapa hari lalu ini berhasil menyita waktu saya, bagaimana denganmu?

    [​IMG]
    Satu lagi game penghujung akhir tahun yang bakal bikin kamu ketagihan, SimCity BuildIt

    "Kabar gembira, untuk kita semua!" Ini bukan iklan suplemen kok, haha. Tapi benar, saya akan bawakan kabar gembira karena saya akan mengulas tuntas SimCity BuildIt yang sudah dirilis awal minggu lalu. Awalnya saya sedikit skeptis dengan persyaratan game mobile ini karena kualitas grafis-nya yang cukup memanjakan mata ini saya kira akan memerlukan gadget berspesifikasi tinggi seperti prosesor Nvdia Tegra, tapi untungnya ternyata tidak. Lebih kerennya lagi, game ini dibuat F2P alias bisa kamu download dan mainkan secara gratis . Dan hanya dalam tutorial awal kurang dari 10 menit kamu sudah bisa menguasai berbagai fitur utama di dalam game. Penasaran ada fitur-fitur apalagi di dalam game gratis ini? Simak ulasannya berikut ini.

    Kemasannya sesuai ekspektasi

    Ternyata penantian 3 bulan sejak pengumumannya hingga perilisannya membuahkan hasil kemasan game sesuai dengan ekspektasi para penggemarnya, termasuk saya. Saya akui SimCity BuildIt bisa menjadi game simulasi terbaik tahun ini. Kombinasi kualitas grafis, kontrol, dan pengaturan sudut kamera yang dinamis dan smooth menjadikan game mobile ini sangat mudah dipelajari dalam waktu 5 menit dan enak dinikmati hingga berjam-jam lamanya.

    [​IMG]

    [​IMG]

    Kalau boleh saya bandingkan dengan game simulasi sand box serupa yang baru juga rilis beberapa waktu lalu, Godus, saya rasa SimCity BuildIt memiliki kemasan yang lebih luwes dan interaktif. Walaupun dalam hal luas area lebih dimenangkan oleh Godus, namun game terbaru dari Electronic Arts ini yang dibuat online sejak awal perilisannya memungkinkan pemainnya untuk selain berinteraksi dengan rakyatnya, juga berinteraksi dengan pemain lain melalui fitur Global Trade HQ (selengkapnya akan saya bahas nanti).

    Selain itu saya juga cukup bahagia karena screenshot teaser yang pernah diperlihatkan pada bulan September lalu memang benar adanya sesuai dengan kenyataan pada game-nya yang sudah rilis saat ini. Biasanya beberapa game ternama, sebut saja seperti Asphalt Overdrive, yang memberikan penampilan teaser memukau akan tetapi penampilan asli game-nya jauh dari suguhan teaser-nya. Well, hal seperti ini memang biasa dilakukan banyak publisher untuk menarik perhatian para gamers agar mendownload atau membeli game-nya nanti. Tapi kalau membuat teaser yang tidak 'menipu', ngga ada salahnya, kan?

    [​IMG]
    Perhatikan juga sistem perairan, listrik, dan pembuangan kota kamu

    Juragan toko material

    Setelah berhari-hari saya mainkan SimCity BuildIt, entah mengapa kesan yang tercipta di benak saya bukanlah menjadi seorang Walikota namun lebih seperti menjadi 'juragan toko material'. Hal ini sangat berkaitan erat dengan sistem game F2P ( free-to-play ) dimana ada sistem resources dan mata uang yang digunakan untuk membangun game lebih jauh dalam satu arahan agar pemain juga mencicipi fitur IAP (in-app purchases) dari Electronic Arts, singkatnya ada sistem Simoleons dan SimCash di dalam SimCity BuildIt.

    Kalau kamu juga memainkan game Hay Day , kurang lebih sistem gameplay-nya tidak jauh berbeda dengan SimCity BuildIt. Malah bisa saya bilang seperti Hay Day versi modern di kota metropolitan. Hanya saja objek dan material yang dibutuhkan yang membedakan kedua game simulasi tersebut. Di SimCity BuildIt, Factory adalah kunci utama pertumbuhan kota metropolis kamu. Dari Factory kamu bisa memproduksi bahan-bahan baku material seperti besi logam, kayu gelondongan, plastik, dll. Dari bahan baku ini kamu tidak bisa langsung menggunakannya, kamu harus memproses bahan-bahan baku ini di berbagai Store, karena kebutuhan bangunan Residential akan memerlukan bahan baku terproses yang beragam. Contohnya di Building Supply Store kamu bisa membuat 1 paku dengan 2 logam, 1 papan dengan 2 kayu, dll., atau di Hardware Store untuk membuat 1 palu dengan 1 logam dan 1 kayu, 1 pita meteran dengan 1 logam dan 1 plastik, dll.

    Tapi semua barang ini tidak bisa kamu tampung semua, kamu memiliki limitasi daya tampung bahan baku yang ditentukan oleh City Storage, mirip dengan Silo dan Barn di Hay Day. Untuk bisa memperbesar daya tampung City Storage kamu akan membutuhkan bahan baku yang tidak akan bisa didapatkan dari Factory, yaitu kamera, kunci, dan bar Storage. Bahan-bahan ini bisa kamu dapatkan gratis secara random dari pendapat para warga yang muncul dari bangunan Residential atau kamu bisa membelinya di Global Trade HQ atau membelinya secara langsung dengan SimCash yang cukup mahal. Disinilah letak pendekatan sistem IAP dalam SimCity BuildIt karena di saat kamu bermain, kamu ingin terus membangun kotamu sedangkan segala bahan terbatas dan storage kepenuhan sehingga akhirnya kamu terdesak untuk menggunakan SimCash.

    [​IMG]
    Sering-seringlah cek pendapat rakyat kotamu

    Saat kamu akan membeli bahan baku di Global Trade HQ, kamu akan mengunjungi kota si penjual bahan baku tersebut. Namun saat berkunjung, interaksi yang disediakan hanya terbatas pada interaksi jual-beli bahan baku dengan Simoleons, selebihnya kamu tidak bisa melihat statistik perkembangan kota pemain lainnya secara lebih detil. Di awal permainan nanti kamu akan diperkenalkan dengan Daniel, seorang Walikota AI (Artificial Intelligence) yang sudah mencapai level 20, kamu pasti akan terpukau saat pertama kali mengunjugi Daniel's City.

    [​IMG]
    Ini dia penampakan Daniel's City yang bikin iri

    Kesimpulannya, game mobile ini cocok banget buat kamu yang sejak dulu sudah menggemari SimCity di PC atau konsol. Atau kamu yang suka game simulasi sand box tapi baru ingin coba memainkan game dari Electronic Arts dan Maxis ini, saya rasa kamu wajib mencobanya. Saya tunggu impresi kamu sendiri setelah kamu coba mainkan SimCity BuildIt ya!

    Baca juga:
    Download SimCity BuildIt, Android & iOS
    [​IMG]


    simcity, sim city, simcity buildit, sim city buildit, electronic arts, maxis, game simulasi, game simulation, game sand box, simulasi, simulation, sand box, game gratis, gratis, f2p, game f2p, game free-to-play, free-to-play, iap, hay day, supercell, clash of clans, game mobile, tips main game, download game gratis, free game, game mobile gratis, game android, game ios, game baru, game terbaru

Share This Page