Review Sonic Runners - Game Klasik dengan Segudang Fitur Asyik

Game Review - achmadfaizal - Jun 26, 2015

  1. Tổng

    9/10

    Graphic
    Sound
    Game Play

    Playtoko.com - Akhirnya Sonic Runners dirilis secara global! Kehadiran Sonic, Tails, Knuckles dan kawan-kawannya kali ini masih bertujuan untuk mengalahkan Dr. Eggman demi menyelamatkan para Animals. Seberapa jauh kamu bisa berlari dengan Sonic?

    [​IMG]

    Satu janji dari SEGA sudah terpenuhi, game mobile yang kini menjadi fokus bagi pengembang dan penerbit game raksasa asal Jepang tersebut akhirnya merilis Sonic Runners secara global. Game ini memang sebelumnya sudah lebih awal dirilis di App Store dan Google Play Jepang, khusus Jepang, dan membawakan karakter Sonic memang tidak salah. Meskipun sebenarnya dari segi gameplay secara keseluruhan tidak jauh berbeda bila dibandingkan seri game Sonic yang jadul sejak pertama kemunculannya di era ’90-an, namun tetap saja, siapa sih yang ngga suka tokoh Sonic the Hedgehog ini?

    Sebelumnya mungkin kamu juga pernah memainkan Sonic Dash yang telah beredar sejak tahun 2013 lalu. Dan jika dilihat, game Dash tersebut memang sangat menakjubkan, sebuah kombinasi yang pintar antara gaya game endless run khas mobile ( Temple Run , Minion Rush , dll.) dengan karakter Sonic yang biasanya berlari secara horizontal menjadi dalam tampilan sudut pandang orang ketiga seolah-olah kita berlari tepat di belakang Sonic. Lalu dengan semua kehebatan SEGA dalam Sonic Dash, apakah Sonic Runners bisa menandinginya?

    Tandingan ataupun bukan, game gratis yang akan saya bahas kali ini bukanlah game tandingan yang bisa kita sandingkan dengan sesame franchise-nya karena jelas kemasannya berbeda. Meskipun juga sebelumnya SEGA telah memporting versi re-mastered Sonic the Hedgehog dan Sonic the Hedgehog 2 , saya rasa kita tetap memerlukan kehadiran Sonic Runners di mobile.

    [​IMG]

    Alasan yang pertama mengapa game mobile ini begitu berkesan adalah penampilannya. Masih dalam skema side-scrolling, kamu akan disuguhkan dengan tampilan 3-dimensi cell-shaded yang belum pernah ditampilkan oleh SEGA untuk serial franchise game Sonic sebelumnya. Wajar saja, mengingat kualitas smartphone dan tablet masa kini sudah bisa menampung game sekelas PC dan konsol dan juga tuntutan para gamer yang cenderung untuk meminta game berkualitas-AAA di layar sentuh. Beberapa animasi di dalamnya juga tersinkronisasi dengan baik dan terlihat cukup baru karena memang ada banyak fitur baru yang ditambahkan ke dalam game klasik ini.

    Sebelum mengulas fitur-fitur barunya, rasanya saya perlu juga menyampaikan bahwa saya cukup terkesan dengan sistem cerita yang disisipkan di setiap kali mulai bermain di sebuah stage. Ceritanya sederhana dan juga sangat klasik: kamu sebagai Sonic bersama teman-teman sesame Hedgehog berusaha untuk menyelamatkan para Animals yang dijerat oleh si jahat Dr. Eggman . Meskipun hanya sebuah percakapan, setidaknya ada bumbu-bumbu baru yang jarang dimiliki game Sonic lainnya namun tersedia di dalam Sonic Runners dengan gratis.

    [​IMG]

    Berbicara soal fitur-fitur baru, fitur yang paling menonjol dan menarik perhatian saya adalah fitur Buddies. Fitur ini dapat kamu akses dengan membuka menu Characters yang ternyata membuat game – yang saya kira hanyalah sebuah game arcade sederhana – ternyata memiliki unsur perkembangan karakter yang sangat kompleks layaknya sebuah game RPG . Seorang Sonic di sini dapat dinaikkan levelnya yang akan berpengaruh dengan kenaikan atributnya, yang meliputi durasi dari efek-efek power-ups yang tersedia. Dan game ini adalah seri game Sonic yang memiliki power-ups terbanyak dari game Sonic lainnya; ada 10 macam power-ups yang bisa didapatkan baik saat bermain atau dibekal sebelum mulai bermain.

    [​IMG]

    Mengenai fitur Buddies, kamu dapat memasangkan maksimal 2 partner untuk berlari bersama Sonic. Buddies sendiri sebenarnya merupakan semacam equipment bila diandaikan di dalam sebuah game RPG. Buddies akan memberikan efek tersendiri jika dipasangkan, contohnya seperti menambahkan bonus skor beberapa persen atau menyerang Dr. Eggman secara otomatis saat ia tiba. Sebuah penambahan fitur yang unik dan membuat Sonic Runners terasa lebih fresh.

    Oh ya, mungkin kamu sedikit bingung saat membaca kalimat “menyerang Dr. Eggman secara otomatis saat ia tiba”. Ya, memang Dr. Eggman akan selalu tiba setiap kali kamu bermain, jika kamu berhasil mencapai jarak tertentu. Untuk menghadapi villain utama ini juga tidak terlalu sulit, cukup hindari setiap objek yang dijatuhkan oleh Dr. Eggman dengan lompatan Sonic yang dapat dilakukan tiga kali berturut-turut, lalu tabrakkan Sonic ke arah Dr. Eggman. Jika kamu berhasil mengalahkannya dalam satu kesempatan, maka kamu akan bermain secara normal lagi dan mungkin juga akan berhadapan lagi dengannya.

    [​IMG]

    Satu hal lagi yang membuat saya tidak bosan dan tidak ingin berhenti memainkan Sonic Runners adalah segudang power-ups nya yang menarik dan sayang jika dilewatkan. Saya memang tidak sering mengikuti serial game-game Sonic, maka dari itu saya cukup terkesima dengan keunikan power-ups yang bisa saya dapatkan dapat bermain. Contohnya adalah seperti Yellow Drill yang akan dapat membuat Sonic berlari menembus tanah, atau Indigo Asteroid yang membuat si landak biru ini berubah menjadi Asteroid penghancur segala benda yang ada di hadapannya.

    [​IMG]

    [​IMG]

    Hanya ada satu hal yang sangat menggangu yang saya rasakan di dalam game gratis ini, yakni pop-up ads yang seringkali muncul sesuka hati. Iklan-iklan yang muncul sangat menggangu, namun mau tidak mau saya harus memakluminya mengingat ini adalah sebuah game free-to-play. Padahal mungkin tidak masalah jika game mobile ini menjadi sebuah game premium/berbayar dan terbebas dari segala iklan yang suka muncul secara tiba-tiba.

    [​IMG]

    Kesimpulannya, Sonic Runners adalah game action yang wajib kamu miliki dan mainkan sekarang juga. Karena kamu akan selalu bermain secara online, SEGA senantiasa mengadakan event spesial yang akan memberikanmu kesempatan untuk mendapatkan hadiah-hadiah menarik dalam edisi terbatas. Contohnya seperti event ulangtahun Sonic yang sedang berlangsung saat saya menuliskan artikel ulasan ini. Selain itu kamu juga dapat menggunakan karakter lainnya seperti Tails dan Knuckles jika sudah melewati stage tertentu. Dan saya juga yakin bahwasannya game ini akan selalu mendapatkan perhatian khusus dan pembaruan menarik lainnya dari SEGA.

    Baca juga:



    sonic, sonic runners, sonic the hedgehog, sega, android, ios, game mobile, game gratis, game android, game ios, game iphone, game ipad, sonic dash, sonic the hedgehog 2, endless run, action, rpg, temple run, minion rush, dr. eggman, tails, knuckles

Share This Page