Review The Duckforce Rises - Ini Dia Batman Versi Donal Bebek!

Game Review - achmadfaizal - Oct 22, 2015

  1. Tổng

    8/10

    Graphic
    Sound
    Game Play

    Playtoko.com - Bukan cuma Batman yang bisa bergaya di kotanya, para bebek dari Disney juga memiliki aksi heroik dalam usaha menyelamatkan Duckburg di The Duckforce Rises. Game card battle RPG ini cukup sederhana dan layak dimainkan segala umur.

    [​IMG]

    Mendengar nama Disney , hal pertama yang terlintas di benak saya adalah Donal Bebek , Desi Bebek, Paman Gober, dan tiga keponakannya Kwik, Kwek, dan Kwak. Maklum, tokoh karakter keluarga bebek dari Disney adalah yang sering disiarkan di saluran televisi nasional saat saya masih kecil sehingga merekapun menjadi tokoh karakter favorit saya. Mungkin memang bisa dikatakan sebagai tokoh karakter Disney yang mainstream seperti Mickey, lagipula siapa yang tidak suka dan ketawa setiap kali mendengar Donal Bebek marah-marah khas bebeknya?

    Sangat senang rasanya saat pertama mendengar kerjasama antara Disney dan Square Enix dalam Kingdom Hearts, ada Donal Bebek di dalamnya! Dan ada satu kesenangan baru lagi yang didatangkan oleh Disney baru-baru ini. Dikembangkan oleh Sanoma Media Finland , The Duckforce Rises sudah bisa kita mainkan di perangkat iOS . Menceritakan tentang para bebek dan dunia bebek yang sedang dalam bahaya, kamu harus ketahui uniknya game mobile ini lebih lanjut.

    [​IMG]

    Buat kamu yang mengikuti kisah The DuckTales pasti sudah tidak asing dengan nama Duckburg. Di The Duckforce Rises, diceritakan kota Duckburg yang kacau balau akibat serangan para villain jahat seperti Magica De Spell, Valkyrie Duck, dan the Beagle Boys. Bersama dengan Donal Bebek, Paman Gober, dan Gyro Gearloose, kamu memiliki misi untuk menyelamatkan Duckburg dengan berbagai macam teknologi yang dikembangkan di markas, tokoh bebek heroes lainnya, dan tentunya dengan sekumpulan kartu.

    The Duckforce Rises sendiri merupakan sebuah game RPG dengan gameplay card battle yang unik dan sederhana. Saat pertama kali mendengar bahwa game ini merupakan sebuah card game , saya sudah antisipasikan permainan kartu yang kompleks seperti Hearthstone, akan tetapi nyatanya game ini lebih ‘kalem’ dari yang saya duga. Cukup dengan memainkan satu kali tutorial di awal saya yakin kamu mampu menguasai game gratis ini dengan mudah.


    Saya dapat katakan permainan card battle yang sederhana karena kamu tidak perlu memusingkan sistem mana atau energy dalam urusan draw kartu. Peraturannya mudah diingat, di setiap giliran kamu akan diberikan kesempatan untuk menggunakan tiga kartu dari lima kartu yang tersedia, sedangkan tim musuh akan menggunakan satu kartu untuk masing-masing unitnya. Kamu akan menang jika HP musuh mencapai nol, dan sebaliknya kalah jika bebek-bebekmu yang mati lebih awal.

    [​IMG]

    Untuk kartunya kamu juga tidak perlu khawatir akan bingung dengan isi deskripsi tiap kartu. Setiap kartu dilengkapi dengan ikon karakter yang menunjukkan karakter mana yang dapat menggunakan kartu tersebut, ilustrasi kartun, deskripsi singkat, dan efeknya. Untuk kartu aksi menyerang ada angka seberapa besar damage yang akan dihasilkan, dan untuk kartu dengan efek lainnya dapat kamu baca di bagian deskripsi kartu, seperti meningkatkan kekuatan serangan, memberikan perlindungan, dan lain-lain.

    Setiap karakter bebek di The Duckforce Rises juga dilengkapi oleh Ultimate Skill yang beragam dan berbeda bagi setiap karakter. Donal Bebek memiliki Ultimate Skill berupa serangan brutal yang dapat melukai semua musuh, sedangkan Paman Gober dapat melindungi dan membalikkan serangan musuh, dan lain-lain. Kartu Ultimate Skill bisa kamu dapatkan setelah satu karakter melakukan 5 kali aksi dengan kartu biasa, tandanya bisa kamu lihat di lima slot kartu di atas ikon HP masing-masing karakter. Perlu kamu ingat, hal ini juga berlaku bagi musuh lho!

    [​IMG]

    Terlepas dari semua ilustrasi kartu yang terlihat mengandung unsur kekerasan, tapi ketika kartu tersebut digunakan sama sekali tidak ada kekerasan yang berarti. Setiap unsur aksi di dalam game mobile ini nampaknya telah disesuaikan dengan porsi kartun anak-anak sehingga anak-anak di bawah umur pun tetap dapat memainkan game ini dengan leluasa, tapi masih dalam pengawasan orang dewasa tentunya. Untuk orang dewasa seperti saya juga rasanya sangat menyenangkan dan menghibur melihat kekonyolan para bebek dan musuhnya dalam tampilan grafis 3 dimensi yang indah.

    Kembali mengenai gameplay-nya sebagai game card battle, tidak ada fitur sistem atur deck kartu di dalam game ini. Hanya ada sistem perkembangan karakter melalui sistem Rank yang bisa kamu lakukan dengan membayarkan sejumlah Gems. Semakin tinggi Rank seekor bebek maka semakin tinggi daya serang, HP, dan koleksi kartunya. Dengan kata lain, tidak ada fitur semacam shop untuk membeli kartu baru di The Duckforce Rises selain dengan meningkatkan Rank karakter.

    [​IMG]

    Di dalam game yang bersistem dungeon crawler ini tentunya kamu dapat melakukan grinding untuk mengumpulkan banyak Gems agar bisa cepat meningkatkan Rank karakter. Pasalnya, semakin jauh kamu bermain maka semakin sulit musuh yang akan kamu hadapi. Maka sangat penting bagimu untuk meningkatkan Rank karakter bebek sebelum memainkan level yang lebih tinggi. Sayangnya sistem energi di dalam game free-to-play ini sangat pelit, hanya ada maksimal 3 energi yang berarti 3 kali bermain sebelum terpenuhi kembali secara otomatis dalam waktu 15 menit.

    Untungnya setiap kali sebelum memulai sebuah level, kamu akan disuguhkan dengan sedikit percakapan Donal Bebek yang khas dengan gaya sarkasmenya. Percakapan tersebut juga nantinya merupakan pengantar jalan cerita agar kamu bisa menggunakan karakter lainnya di The Duckforce Rises. Memang tidak cepat, perlu usaha yang lebih dan progres permainan yang jauh agar kamu bisa merekrut karakter bebek lainnya.

    [​IMG]

    Buat kamu yang suka bermain game RPG dan juga menyukai karakter Donal Bebek dari Disney, The Duckforce Rises merupakan pilihan yang tepat. Game mobile ini juga merupakan hiburan yang ringan dan layak untuk dimainkan segala umur. Mungkin kamu ingin mengenalkan karakter Donal Bebek ke anak atau keponakanmu yang masih balita, setidaknya game ini dapat memperlihatkan sisi heroik dari para bebek Disney.


    Baca juga:


    ios, game ios, game iphone, game ipad, game gratis, game mobile, disney, sanoma media finland, donald duck, donal bebek, the duckforce rises, ducktales remastered, rpg, card battle, card game, turn-based

Share This Page