Review Wedding Escape - Bukan Kawin Lari, Tapi Lari Dari Kawin!

Game Review - achmadfaizal - May 13, 2015

  1. Tổng

    8/10

    Graphic
    Sound
    Game Play

    Playtoko.com - Malang benar rasanya jika ada sepasang pengantin yang gagal menikah karena salahsatu calonnya kabur saat pernikahan. Tapi di Wedding Escape, hal ini justru sangat menghibur, bro! Seberapa jauh kamu bisa berlari di game puzzle ini?

    [​IMG]

    Pernikahan adalah hari terindah yang mungkin dialami bagi setiap manusia di muka bumi ini. Hari yang sacral, suci, dan penuh kegembiraan. Tapi, bagaimana kalau salahsatu pengantinnya kabur dari acara pernikahannya sendiri? Sangat terdengar konyol, walaupun sebenarnya hal ini memang mungkin sudah biasa terjadi… di sinetron, telenovela, film, dan kisah fiksi drama romantis lainnya. Kamu belum pernah menemukan hal semacam ini di dalam game mobile , kan?

    Sekarang kamu bisa menyaksikan kejadian yang unik dan langka tersebut, dan bahkan menjadi pelaku utamanya di Wedding Escape ! Bukannya kawin lari tapi justru kamulah yang berlari dari perkawinanmu sendiri. Entah hal apa yang menjadi alasan sang pengantin kabur dari pernikahan tapi yang pasti game ini sangat konyol. Mulai dari awal kamu kabur hingga dikejar-kejar oleh berbagai petugas yang bersangkutan dan pada akhirnya jika kamu gagal maka mau tidak mau pernikahan dilaksanakan.

    Dirilis oleh Firebird Games ( Android )/Rafael Lima ( iOS ), game ini merupakan game mobile kedua yang mereka tawarkan. Sebelumnya sudah ada Space Beats Saga , sebuah game gratis bertema sci-fi dengan pesawat luar angkasa yang lumayan bikin ketagihan. Meskipun nama publisher ini belum terlalu tenar, namun kualitas produk game-nya tidak boleh kamu remehkan. Untuk impresi awal saja saya sudah cukup terhibur, maka sayang rasanya jika tidak diulas lebih lanjut.


    Match 3 puzzle model baru
    Konsep utama game-nya saja sudah lucu, gameplay-nya juga tidak kalah menarik. Kamu akan memainkan sebuah game match 3 puzzle yang berbeda dengan game serupa lainnya. Tidak seperti Candy Crush Saga dan tidak seperti Puzzle & Dragons , meskipun sama saja permintaannya untuk membuat kepingan puzzle dengan warna dan bentuk sama yang saling berdampingan sebanyak minimal 3 buah.

    [​IMG]
    Si pengantin pria kabur dari kejaran Intel!

    Kepingan puzzle-nya tidak digeser, kamu hanya bisa mengubah warna puzzle yang sudah ada. Di Wedding Escape tersedia dua buah kepingan puzzle – koin dan berlian – dengan dua warna yang bereda – koin perak, koin emas, dan berlian biru, berlian ungu. Jadi, match baru akan terbentuk setelah kamu bisa membuat sedikitnya tiga kepingan koin perak/koin silver/berlian biru/berlian ungu yang saling berdampingan. Sangat unik, dan tentunya fresh dan original mengingat belum ada game match 3 puzzle lainnya yang memiliki mekanisme sama seperti game ini.

    Saat si pengantin mulai berlari, saya sempat bermain terburu-buru karena saya pikir awalnya game gratis ini memiliki waktu yang terbatas untuk setiap stage-nya karena si pengantin yang sedang berlari kabur masih dikejar oleh calon suami/istrinya tepat di belakangnya dalam situasi slow motion. Tapi kenyataannya tidak kok, jadi kamu tetap bisa memainkan game puzzle ini dengan santai. Justru adegan kejar-kejaran yang ditampilkan melamban di bagian atas layar membuat game ini menjadi tampak lebih kocak.

    [​IMG]
    Kalau kesempatanmu habis, ya jadi kawin deh

    Banyak unsur hiburannya
    Selain adegan kejar-kejaran pengantin yang lucu dan unik saat bermain, masih banyak hal-hal lainnya yang membuat Wedding Escape terasa semakin menghibur. Hal pertama yang membuat saya sontak terhibur adalah tulisan-tulisan apresiasi yang muncul ketika saya berhasil membuat kombinasi puzzle yang panjang dan alhasil mendapatkan skor yang tinggi. Kalau di Candy Crush Saga biasanya kamu akan sering mendengar ‘Delicious’, ‘Sweet’ dan ungkapan kata manis lainnya, di sini kamu akan mendapatkan pujian layaknya seorang jawara seperti ‘Admirable!’, ‘Stellar!’, dan ‘Extraordinary!!!’. Apresiasi dari dalam game berhasil membuat saya semakin nyantol dengan game ini.

    [​IMG]
    Sekarang giliran pengantin wanita yang kabur

    Hal berikutnya yang sangat menghibur tentunya adalah kemasan game secara audiovisual yang membuatnya tidak mudah dilupakan. Sejak awal bermain di menu utama, saat bermain, dan saat mengakses fitur lainnya, semuanya terasa sangat halus layaknya sedang mengeksplorasi game berkualitas bintang lima. Well, mungkin memang game ini pantas mendapat predikat tersebut. Apalagi jika kamu perhatikan, saat di menu utama sebelum bermain, paras wajah si pengantin yang akan kabur terlihat bete karena memang ia tidak menginginkan pernikahan tersebut berlangsung.

    Last but not least, 60 pilihan karakter di dalam game berhasil membuat saya tertawa geli. Bukan hanya bentuk karakternya yang lucu, tapi ternyata ada banyak karakter yang diadopsi dari karakter fiksi lainnya, seperti Avatar (Na’vi) yang diberi nama Blue Pocahontas, Pikachu dengan nama Rodent Cosplay, Freddy dari Five Nights at Freddy’s dinamai Animatronic Bear, dan Hellboy yang dinamai Inferno Kid. Bahkan ada juga tokoh dari dunia nyata seperti President Barack dan Michelle Obama yang diberi nama Thanks President dan Thanks First Lady, coba bayangkan saja jika pernikahan mereka berdua dibatalkan akibat game konyol ini. Masing-masing karakter ini bisa kamu dapatkan secara gratis bila berhasil menempuh jarak/mencetak skor tertentu atau dengan membelinya seharga Rp 12.000 per karakter.

    [​IMG]
    Beda karakter maka beda pasangan kawinnya, guys

    [​IMG]
    Jangan lupa untuk sering pakai power-ups!

    Dengan judul ‘escape’ bukan berarti harus selalu menjadi game endless runner, buktinya dengan mekanisme match 3 puzzle pun tetap menyenangkan. Ditambah lagi dengan sistem power-ups yang cukup beragam dan rasanya kamu tidak akan bisa terlepas dari bantuannya agar bisa kabur sejauh mungkin. Misi kabur yang kamu lalui pun tidak monoton, setiap stage yang kamu lewati menggambarkan situasi tempat yang berbeda dan orang berbeda yang mengejarmu. Pokoknya semua fitur di sini dikemas secara apik dan sangat menghibur.

    Secara keseluruhan, saya cukup terpuaskan dengan keunikan yang ditawarkan oleh Wedding Escape. Ukuran game ini kecil, bisa kamu mainkan secara offline, dan tidak terlalu boros baterai – kecuali jika kamu sudah ketagihan dan tidak terasa sudah memainkan game ini berjam-jam lamanya. Lari terus jangan sampai kawin!

    Baca juga:



    wedding escape, match 3 puzzle, puzzle, android, ios, game mobile, game gratis, firebird games, rafael lima, space beats saga, candy crush saga, puzzle & dragons

Share This Page