Rudiantara: Indonesia Akan Mendapatkan Teknologi 4G Pada Tahun 2015

Gadget - adibasir - Dec 1, 2014

  1. Playtoko.com - Setelah bertahun-tahun dikabarkan, Menkominfo kabinet kerja, Rudiantara menyatakan bahwa penduduk Indonesia akan dapat menikmati teknologi internet cepat 4G tahun depan.

    Bisa dibilang sejauh ini pemakaian mobile internet di Indonesia masih jauh dari sempurna. Bahkan seringkali saya tidak mendapatkan jangkauan data seluler pada tempat-tempat tertentu. Selain dari jangkauan, kecepatannya juga masih tidak dapat diandalkan. Gabungan dari kedua itu jelas terkadang membuat saya kesal, terutama apabila sedang terkena macet.

    Namun, ada kabar gembira bagi para pengguna data seluler, Menteri Komunikasi dan Informatika dari Kabinet Kerja, Rudiantara mengatakan bahwa tahun depan teknologi jaringan nirkabel generasi keempat atau yang biasa disebut dengan 4G sudah dapat dinikmati oleh para pengguna.

    [​IMG]

    Bahkan Rudiantara juga menyatakan bahwa pada akhir tahun 2014 pemerintah sudah akan memberikan izin komersil untuk layanan 4G LTE kepada para operator. Rudiantara harapkan dengan layanan ini, pemakaian 4G di Indonesia akan berkembang pesat.

    Pada bulan Desember ini, layanan 4G yang diluncurkan akan memakai memakai frekuensi 900 MHz

    "Desember. Sekarang 900 Mhz. Kemudian awal tahun depan kita akan tata untuk menyiapkan frekuensi di 1.800 Mhz, 2.100 Mhz, dan 2.300 Mhz, tapi 2.300 Mhz sudah kan sebetulnya," kata Rudiantara.

    Dikabarkan ada 3 operator yang sudah mendaftar untuk memakai jaringan super cepat itu. Rumornya adalah Telkomsel, Indosat dan XL Axiata.

    Rudiantara juga menyatakan bahwa pembangunan pita lebar masih dibutuhkan untuk mendukung layanan ini.

    “Kalau misalkan kita bicara sekarang Internet lelet, mudah-mudahan sampai dengan 2019 secara bertahap akan ditingkatkan kapasitas (cakupannya). Total dibutuhkan biaya atau dana kurang lebih Rp 270 triliun," ujar Rudiantara.

    Selain dari 4G, beliau juga memberitakan mengenai Palapa Ring yang akan menghubungkan pulau-pulau di Indonesia.

    Dengan berita ini saya jelas mengharapkan pada hari ini satu tahun ke depan saya sudah bisa melakukan browsing, gaming, dan streaming dengan menggunakan layanan supercepat tersebut.
    Lihat juga:


    Internet, 4g, menkominfo, telekomunikasi

Share This Page