Samsung Resmikan Galaxy S9 dan S9+, Tonjolkan Kemampuan Kamera yang Canggih

Game News - droidunj - Feb 26, 2018

  1. Samsung akhirnya resmikan flagship terbaru, Galaxy S9 dan S9+. Meksi sekilas mirip S8, namun spek kameranya dapatkan upgrade besar-besaramn. Seganas apa? Cekidot!

    [​IMG]

    Menjelang digelarnya Mobile World Congress 2018 di Barcelona, Spanyol, salah satu raksasa smartphone dunia, Samsung, memperkenalkan jagoan baru mereka! Lewat acara yang digelar di Barcelona, Spanyol, Samsung resmi umumkan produk smartphone flagship mereka untuk awal tahun 2018 ini, dari lini Galaxy S Series, apalaggi kalo bukan Galaxy S9 dan Galaxy S9+. Kedua smartphone tersebut hadir dengan upgrade baru, terutama dari sisi kamera, yang membuatnya menawarkan keunggulan tersendiri kalo dibandingkan pendahulunya dari lini Galaxy S Series.

    [​IMG]

    Samsung masih usung desain dasar yang mereka gunakan di smartphone flagship mereka untuk awal tahun 2017 lalu, Galaxy S8/S8+ di Galaxy S9/S9+. Kedua smartphone baru ini sekilas punya desain yang sangat mirip dengan pendahulunya itu. Ukuran layar yang dipake kedua smartphone itu masih sama, yaitu 5.8″ untuk Galaxy S9 dan 6.2″ di Galaxy S9+, dengan resolusi 2960 x 1440 piksel, masih dengan panel Super AMOLED serta Gorilla Glass 5.

    [​IMG]

    Yaa meski sangat mirip, kedua smartphone baru ini tentunya masih memiliki sedikit perbedaan bila dibandingkan dengan pendahulunya. Galaxy S9/S9+ hadir dengan fingerprint scanner yang ditempatkan di posisi yang lebih nyaman dijangkau, masih di sisi belakang smartphone, tapi kini lokasinya dipindahkan ke bawah kamera, gak lagi di samping kanan kamera seperti di Galaxy S8/S8+. Selain itu, Samsung disebut juga sedikit memangkas ukuran keseluruhan dari bodi kedua smartphone ini, serta melakukan beberapa perubahan minor untuk peletakan beberapa komponen.

    [​IMG]

    Galaxy S9/S9+ diotaki dengan SoC terbaru mereka, masih dengan fabrikasi 10 nm, yaitu Exynos 9810. SoC ini usung prosesor octa-core, dengan 4x core Mongoose 3rd Gen. 2.9 GHz dan 4x Cortex A55 1.9 GHz. Untuk GPU, Samsung sertakan Mali-G72 MP18 di dalam SoC tersebut. Seperti yang mereka biasa lakukan untuk smartphone flagship mereka, untuk Galaxy S9/S9+ ini, Samsung juga menghadirkan varian yang pake SoC dari Qualcomm, khusus untuk wilayah Amerika Utara dan China, yaitu dengan Snapdragon 845.

    [​IMG]

    Kapasitas RAM Galaxy S9/S9+ masih sama dengan yang ditawarkan di pendahulunya, yaitu 4 GB di Galaxy S9 dan 6 GB di Galaxy S9+. Ada opsi kapasitas internal storage dari 64 GB. 128 GB, hingga 256 GB untuk kedua smartphone tersebut. Samsung juga sediakan slot MicroSD, dengan dukungan MicroSD hingga 256 GB, untuk kedua smartphone baru ini. Baterai 3000 mAh tersedia untuk Galaxy S9, sementara Galaxy S9+ menggunakan baterai dengan kapasitas 3500 mAh.

    Opsi konektivitas di kedua smartphone baru ini juga nyaris mirip dengan yang ditawarkan pendahulunya. Galaxy S9/S9+ hadir dengan dukungan WiFi 802.11 a/b/g/n/ac dual-band, Bluetooth 5.0, serta mengusung konektor USB Type-C dengan standar USB 3.1. Sementara untuk 4G LTE, kedua smartphone ini tawarkan dukungan hingga Cat. 18, dengan 6CA (Carrier Aggregation).

    [​IMG]

    Hal yang sangat ditonjolkan Samsung untuk kedua smartphone baru ini adalah kamera. Samsung tingkatkan lagi kemampuan kamera di smartphone flagship mereka ini jadi lebih baik lagi dari pendahulunya yang emang udah dikenal memiliki kamera yang sangat baik. Salah satu fitur baru yang diusung oleh kamera di Galaxy S9/S9+ adalah fitur variable aperture di kamera utama 12 MP yang diusung kedua smartphone itu, dengan opsi f/1.5 dan f/2.4. Kamera utama tersebut juga dibekali dengan optical image stabilization dan dual-pixel phase detection autofocus. Khusus untuk Galaxy S9+, Samsung juga hadrikan dual camera untuk kamera utama, dengan kamera telephoto 12 MP f/2.4, sebagai pendamping dari kamera yang disebutkan di atas. Sementara untuk kamera selfie, kamera 8 MP f/1.7 dengan fitur autofocus seperti yang ditawarkan di Galaxy S8/S8+ kembali digunakan di kedua smartphone ini.

    [​IMG]

    Beralih ke kemampuan perekaman video, Samsung juga hadirkan mode super slow motion di kedua smartphone baru mereka ini. Mode ini memungkinkan perekaman video 720p di 960 fps, yang akan hasilkan video slow motion dengan kecepatan yang sangat lambat. Samsung juga tamabahkan fitur event detection yang disebut memungkinkan kamera merekam video slow motion di momen yang tepat. Masih di video, kedua smartphone ini juga telah mendukung perekaman video dengan codec HEVC (H.265). Anjay!


Share This Page