Sebangsa - Aplikasi Media Sosial Bikinan Indonesia

Humor & Others - adibasir - Jan 21, 2015

  1. Playtoko.com - Indonesia memang selalu tercatat sebagai salah satu negara dengan pemakai sosial media terbanyak di dunia, kali ini ada satu media sosial baru yang buatan asli Indonesia. Simak beritanya!

    [​IMG]

    Friendster , Myspace , Facebook , Twitter , Instagram , Path , Vine . Memang sudah banyak sekali media sosial yang ada, baik yang masih aktif maupun yang sudah tidak aktif, Indonesia selalu mengikuti tren tersebut. Dan memang, menurut saya media sosial di Indonesia merupakan sesuatu yang sudah menjadi semacam kebutuhan bagi para pengguna smartphone.

    Namun hampir dari semua itu merupakan media sosial dari perusahaan asing. Kali ini sudah hadir satu media sosial atas hasil karya anak bangsa yang bernama Sebangsa. Namun apakah perbedaan media sosial(Medsos) ini dengan medsos yang lain?

    Dikutip dari blog resmi sebangsa "Sebangsa berniat dorong partisipasi masyarakat memperbaiki pelayanan publik". Dari kutipan tersebut bisa terbayang bahwa tujuan utama dari medsos ini adalah sebagai penghubung antara masyarakat dengan badan pelayanan masyarakat.

    Fitur utama yang terdapat pada medsos ini yang membedakannya dari medsos-medsos lainnya yaitu fitur yang bernama sebangsa911 dan sebangsa1800. Fitur sebangsa911 adalah fitur agar para pemakai bisa meminta pertolongan, panggilan darurat, memberitahukan keadaan dan memberikan pengaduan. Sementara sebangsa1800 berguna agar para pemakai dapat bertanya, memberikan komplain atau saran kepada jasa-jasa yang tersedia atau bahkan untuk pegawai-pegawai resmi dari badan pemerintah.

    Fitur-fitur tersebut adalah fitur-fitur yang bagi saya membedakan medsos ini dari medsos yang lainnya. Selepas dari fitur-fitur tersebut, medsos ini terasa seperti gabungan dari medsos-medsos lainnya, terutama twitter karena menurut saya banyak sekali kemiripannya dengan twitter seperti penggunaan tanda pagar dan trending topic. Selain dari itu terdapat juga pengaruh dari medsos Google+ dengan adanya grup, dan pengaruh medsos 4Square dengan adanya fitur lokasi.

    Memang apabila saya ungkapkan seperti demikian akan terkesan bahwa medsos ini menjiplak dari medsos-medsos yang sudah ada, tetapi memang tidaklah ada ide yang benar-benar orisinil, layaknya ucapan latin nihil novi sub sole, tidak ada yang baru dibawah matahari, dan bahwa semua ide pasti dipengaruhi dari ide-ide yang sudah ada sebelumnya.

    Dan tentunya saya tidak bisa menilai seberapa bagus medsos ini karena tidak seperti game, medsos hanya akan ternilai sendiri dari seberapa besar dan aktif para pemakainya, dan yang pasti ini adalah suatu karya anak bangsa yang patut saya banggakan.

    Lihat juga:


    Social Media, Media Sosial, Media, Sosial, Facebook, Twitter, Friendster, Myspace, Instagram, 4square, Google+, Google, Path, Vine

Share This Page