Setelah Mengklaim Swing Copter Berplagiat, Bog Racer Menghilang dari Google Play?

Game News - achmadfaizal - Aug 27, 2014

  1. Playtoko.com - Bog Racer, sebuah time-killer game yang dirilis oleh Open Name menghilang dari peredaran. Kabarnya, sang developer mengklaim bahwa Swing Copter dari .GEARS Studios memplagiat game-nya. Benarkah demikian?


    [​IMG]

    Banyak cerita serupa seperti kabar burung yang satu ini dimana sebuah game yang dirilis oleh "developer xxx" meledak dipasaran dan kemudian mulai banyak bermunculan game-game dengan fitur yang serupa, lebih tepatnya seperti copycats, menjamur di dunia mobile gaming. Beberapa ada yang menjiplak namanya saja, ada yang menjiplak desain karakternya, ada juga yang meniru gameplay-nya dengan gambar dan animasi yang berbeda.

    Bog Racer , sebuah casual game yang dirilis oleh Open Name tidak lama dari tanggal rilisnya kini telah menghilang di peredaran dunia mobile gaming. Tapi sebelumnya, baru saja beberapa waktu yang lalu, Swing Copters , masterpiece terbaru dari Dong Nguyen ( .GEARS Studios ) dirilis dan berhasil meledak di pasaran mobile gamers. Seperti pada kejadian Flappy Bird sebelumnya, banyak copycats yang beredar di Google Play dan Google pun tidak menunggu waktu yang lama untuk menghapusnya.

    Lalu, apa yang menjadi permasalahan antar kedua game/developer ini? Open Game , sebuah studio developer indie, mengklaim bahwa game Swing Copters telah mencuri ide dari Bog Racer. Lalu bagaimana dengan buktinya? Kami disini tidak memihak pada kubu manapun, tapi kami akui memang ada beberapa kesamaan dari kedua game tersebut.

    [​IMG]

    [​IMG]
    Secara umum, memang gameplay yang ditawarkan memiliki kemiripan. Kedua game ini memiliki rintangan dimana gamer harus menyeimbangkan objek agar bisa terbang vertikal melalui rintangan palu-palu yang bergoyang (Swing Copter)/bisa menyebrangi satu tempat ke tempat lain melalui jembatan yang disediakan (Bog Racer). Karena gameplay-nya yang sangat sederhana, sangat mungkin terjadinya ketidaksengajaan dalam hal ini.

    Open Game sangat yakin bahwa Swing Copters telah meniru ide mereka dan menginginkan agar Swing Copters dihapuskan dari semua mobile app stores karena telah melanggar hak cipta. Kurang lebih, berikut adalah pernyataan yang disampaikan oleh Open Game:
    Dengan keadaan dimana sekarang justru Bog Racer yang tidak dapat kite temukan di Google Play store, sungguh ironis pada kenyataannya memang benar bahwa Google telah menghapuskan copycats dari Swing Copters yang menjamur di pasaran. Sambil kita menunggu pernyataan/tanggapan yang resmi, mari kita simak lagi gameplay dari Bog Racer ini:



    bog racer, swing copters, open game, .gears studios, dong nguyen, android, ios

Share This Page