Siapakah Karakter yang Paling Tua di Clash of Clans versi How-Old.net?

Funny - achmadfaizal - May 4, 2015

  1. Playtoko.com - Apa kamu tahu berapa saja umur para karakter pasukan di Clash of Clans? Yuk, lihat hasil deteksi dan pindaian How-Old.net untuk game mobile ini dan lihat mana yang wajar dan mana yang perlu dipertanyakan hasilnya.

    Hai, clasher! Apa kamu sudah tahu How-Old.net ?

    [​IMG]

    Kalau kamu pengguna sosial media sejati pasti sudah tahu dengan tren foto yang lagi marak banget di sana-sini. Baik di Path, Facebook, Instagram, dan Twitter, lagi nge-tren banget orang-orang yang share foto mereka dengan tag kuning berupa angka dan jenis kelamin di atasnya mukanya. Yaitu How-Old.net, sebuah aplikasi terbaru dari Microsoft yang dapat melacak umur seseorang atau lebih dari wajah-wajah yang terdeteksi pada sebuah foto.

    Kalau dilihat-lihat sih sepertinya alogirtma yang digunakan mirip dengan sistem teknologi Face Recognition pada fitur Tag Photo di Facebook. Akan tetapi bukan nama yang di-tag, melainkan prediksi umur dan jenis kelamin si empunya wajah seakurat mungkin. Tapi apa benar akurat ngga yah? Ada yang benar-benar akurat 100% dan bahkan ada juga yang melenceng ngga jelas hasilnya. Ya maklum saja, teknologi dan rumus algoritmanya masih dalam tahap perkembangan serta faktor kualitas foto juga dapat mempengaruhi hasil pindaian foto.

    Nah, apa kamu sudah coba How-Old.net pada karakter-karakter pasukan Clash of Clans ? Terinspirasi dari Gamespot yang memindai umur karakter-karakter video game ternama (Lara Croft, Snake, Cloud Strife, Link, dll.), kali ini tim Playtoko iseng-iseng mencoba untuk memindai umur dan jenis kelamin dari para karakter ikonik di CoC.

    Dan seperti yang sudah kami duga, sayangnya tidak semua karakter di dalam Clash of Clans bisa dideteksi umurnya oleh How-Old.net :-(. Ya wajar sih, tidak semua karakter di dalam game gratis ini berwujud manusia dengan wajah sewajarnya, sehingga karakter berbentuk selain manusia (Wall Breaker, Goblin, Minion, Lava Hound) tidak dapat terdeteksi. Berikut ini ada beberapa karakter yang masih bisa dideteksi dan hasilnya lumayan mengejutkan! Karena agak aneh, maka dari itu saya bagi menjadi 2 hasil: hasil yang wajar dan hasil yang perlu dipertanyakan.


    Yang mungkin tergolong wajar

    1. Barbarian King dan Archer Queen (saat bersama)
    [​IMG]

    Barbarian King: Pria, 30 tahun (y)
    Archer Queen: Wanita, 23 tahun (y)

    Seorang Raja dan seorang Ratu memang biasanya identik digambarkan dengan sosok paruh baya atau bahkan tua renta. Mungkin memang agak jarang bisa kita temukan Raja-Ratu yang masih berumur muda dan dapat dilihat kewibawaannya. Tapi contoh nyatanya ada kok, lihat saja Prince William (Duke of Cambridge) dan Catherine (Kate Middleton, Duchess of Cambridge) yang masih berumur 30-an. Jadi, anggap saja Barbarian King dan Archer Queen adalah refleksi kedua calon Raja dan Ratu dalam dunia game.


    2. Giant
    [​IMG]

    Giant: Pria, 38 tahun (y)
    Berlanjut dengan si raksasa, Giant. Ukuran badan yang besar memang tidak mempengaruhi soal umur, tapi jika kita lihat dengan seksama, rasanya wajar saja jika si Giant ini berumur 38 tahun. Dewasa, kuat, dan cukup bijaksana mengayomi pasukan lainnya untuk menjadi penerobos pertahanan lawan di bagian terdepan.

    3. Healer

    [​IMG]

    Healer: Wanita, 19 tahun
    Sang penyembuh bersayap ini versi How-Old.net mengatakan berumur 19 tahun... cukup masuk akal. Mungkin sebenarnya para Healer sudah tua, tapi berkat kekuatan sihir penyembuhnya yang digunakan oleh mereka untuk mereka sendiri sehingga menghilangkan efek kerutan wajah dan alhasil tampak seperti baru berumur 19 tahun :3.

    4. Wizard

    [​IMG]

    Wizard: Pria, 65 tahun (y)
    Banyak yang bilang wajar... oke, saya setuju. Mungkin saja si Mr. Wizard ini selain memiliki sihir bola-bola api, juga memiliki sihir yang serupa seperti mbak Healer, sehingga walaupun ia sudah berumur 65 tahun, tapi wajahnya tetap tampak awet muda :3.


    Yang perlu dipertanyakan

    1. Archer Queen (sendirian)
    [​IMG]

    Archer Queen: Wanita, 5 tahun... what? o_O
    Tadi sih pas lagi bareng Barbarian King memang wajar, tapi saat sendirian kok dia malah jadi cuma berumur 5 tahun ya? Hahaha. Mungkin How-Old.net sudah agak muak saat saya kembali memasukkan foto Archer Queen untuk dipindai kedua kalinya, alhasil umurnya turun drastis. Tapi setidaknya wajah sang Ratu seorang masih bisa terdeteksi dan berjenis kelamin tepat.

    2. Lady Villager
    [​IMG]

    Lady Villager: Wanita, 10 tahun... yang bener aja boss -_-
    Ini sih aneh banget, masa iya sejak awal game hingga seterusnya kita cuma dipandu oleh seorang bocah berumur 10 tahun? Si mbak-mbak yang kerjaannya cuma tepok-tepok ngga jelas ini sih saya kira seharusnya berumur 30-an ya. Nampaknya How-Old.net sudah mulai error nih dengan CoC...

    3. Valkyrie

    [​IMG]

    Valkyrie: Pria, 24 tahun... jadi dia banci? :v
    Kalau yang satu ini sih udah ngaco berat ya, sob! Sudah jelas-jelas berpakaian layaknya wanita, berambut cantik panjang dan menggunakan high heels, eh ternyata hasil pindaiannya malah seorang Pria. Padahal sih kalau deteksi umur rasanya sudah tepat. Mungkin karena wajahnya yang sedang garang atau terlihat maskulin, alhasil malah terdeteksi Pria deh.

    4. Archer

    [​IMG]

    Archer: Wanita, 5 tahun... nampaknya How-Old.net sudah lelah :'(
    Saya sudah kehabisan kata-kata dan komentar deh untuk yang terakhir ini. Mungkin karakter wajahnya memang mirip dengan Archer Queen (sendirian), jadi wajar saja jika algoritma teknologi ini menhasilkan pindaian yang serupa. Setidaknya si Archer dapat terdeteksi wajahnya dan jenis kelaminnya tepat, tidak seperti Barbarian yang malang :'(.

    Ya, selain Barbarian, masih ada karakter berwujud manusia lainnya yang tidak dapat berhasil How-Old.net deteksi seperti Hog Rider, Builder, dan Witch. Tapi sejauh ini saya cukup takjub dan salut dengan teknologi terbaru yang diperkenalkan oleh Microsoft. Mudah-mudahan saja kedepannya teknologi ini semakin canggih ya, sob!

    Bagaimana dengan pendapatmu sendiri? Apa kamu setuju dengan penilaian versi Playtoko?

    Baca juga:


    clash of clans, how-old.net, android, ios, microsoft, how old

Share This Page