Square Enix tentang Final Fantasy Record Keeper, All The Bravest, dan Free to Play

Game News - naruto - Mar 30, 2015

  1. Playtoko.com – Sudahkah kamu mengunduh dan memainkan Final Fantasy Record Keeper di smartphone-mu? Kalau belum, coba tengok obrolan bersama dengan tiga produser utamanya!

    [​IMG]

    Artikel ini diterjemahkan dan disadur dari sini.

    Danny Russell, salah seorang penulis dan pengulas di Pocket Gamer, menyempatkan diri bertemu muka dengan tiga produser Final Fantasy Record Keeper sebelum game ini rilis secara global. Tiga produser tersebut ialah: (1) Yu Sasaki ( DeNA ), produser game versi Jepang yang bertanggung jawab dalam pengembangan event pula tim pengembang game; (2) Ichiro Hazama ( Square Enix ) yang bertanggung jawab menyusun cerita dan dunia Record Keeper ; dan (3) Shonosuke Tokumaru (DeNA) yang bertanggung jawab sebagai produser edisi global sekaligus alih bahasa.

    Bagaimana Anda menjelaskan Record Keeper pada para fans Final Fantasy ?

    Sasaki-san: Bagi para penggemar serial Final Fantasy, Record Keeper mewakili sebuah game casual yang dapat kamu mainkan dengan perangkat yang hampir dimiliki semua orang – smartphone. Di waktu yang bersamaan kami menargetkan sebuah game yang dapat menyentuh hati para fans, memantik nostalgia.

    Hampir semua judul dan karakter Final Fantasy dihadirkan dalam game ini, namun dalam Record Keeper mereka diubah wujudnya menjadi pixel art, sehingga kami berharap mereka akan terkejut melihat bagian-bagian dari Final Fantasy yang lebih baru dalam wujud 2 dimensi.

    Hazama-san: Bahkan untuk mereka yang tak familiar dengan serial Final Fantasy, gaya pixel art ini mencerminkan suatu hal yang hangat dan dirindukan tentang bermain game. Bukan gaya abad ke-21... suatu hal yang bisa dinikmati semua penggemar game. Saya merasa bahwa semua orang dapat terjun ke dalam game ini meskipun tidak “mengalami” setiap judulnya.

    Mengenai sprite art, apakah Anda memiliki kesukaran menyesuaikan karakter aslinya dengan versi sprite-nya?

    Hazama-san: Jumlah desainer sprite memang berkurang hari-hari ini, namun mereka masih sangat berbakat. Saat kami meminta desainer-desainer kami untuk mengubah wujud karakter CG ke dalam sprite, mereka biasanya langsung menyodorkan karya yang secara langsung mencerminkan para karakternya. Menjadi hal yang sangat penting saat karakter-karakter ini otomatis dikenal sehingga para pemain dapat terhubung dengan mereka.

    Ada beberapa saat ketika kami harus meminta para desainer untuk memberikan sedikit perunbahan pada sprite karena dirasa kurang cocok. Saat mereka kembali menyodorkan revisinya, kami tidak dapat memberikan penjelasan mengenai apa yang mereka ganti. Mereka akan berkata, “Anda tidak akan mengerti,” namun mereka benar-benar menyempurnakan karya mereka, entah bagaimana caranya.

    Record Keeper telah dirilis selama enam bulan di Jepang, apakah terjadi penyeimbangan dalam game untuk versi Baratnya? Atau adakah perbedaan-perbedaan lainnya?

    Tokumaru-san: Iya, terdapat beberapa perubahan dari versi Jepangnya, namun perubahan ini secara pokok adalah mengenai bagaimana para pemain bermain dan merespon dalam situasi tertentu. Beberapa area memerlukan penyesuaian, sehingga kamu menyesuaikan versi Baratnya, namun secara umum tidak ada perubahan besar dalam game.

    [​IMG]

    Apa hal yang Anda pelajari dari Final Fantasy All The Bravest ?

    Hazama-san: All The Bravest merupakan aplikasi yang asyik, namun bukan merupakan sebuah game. Saya menyadarinya. Record Keeper memiliki kisahnya sendiri, karakter baru, yang terjadi dalam dunia yang sangat Final Fantasy. Kami merencanakan untuk menambahkan lagi karakter-karakter ke depannya.

    Sementara saya melihat All The Bravest sebagai aplikasi yang mengasyikkan, faktanya adalah sebagian penggemar mengharapkan All The Bravest sebagai sebuah judul Final Fantasy yang utuh, yang mana tidak terpenuhi dan membuat mereka kecewa.

    Record Keeper memiliki kisahnya sendiri dan saya dengan bangga meluncurkannya sebagai sebuah judul Final Fantasy. Satu hal yang saya pelajari adalah bagaimana meluncurkan, menjual, dan mempromosikan produk ini dengan baik.

    Record Keeper merayakan sejarah serial Final Fantasy... apa judul Final Fantasy kesukaan Anda?

    Tokumaru-san: Final Fantasy VI adalah kesukaan saya dalam segi cerita dan latar dunianya, tetapi Final Fantasy VII memiliki dampak yang besar bagi saya sebagai sebuah game.

    Sasaki-san: Saya menyukai Final Fantasy X dari segi cerita, yang membuat saya bermain dan memainkannya lagi. Saya sangat menikmati sistem Sphere Grid yang membuat Yuna kuat secara fisik, yang tentu menambah kesenangan tersendiri bagi saya.

    Hazama-san: Saya merasa bahwa Final Fantasy VI memiliki keseimbangan terbaik dalam segi cerita, karakter, plot twist, dan musik. Banyak hal yang membuat Final Fantasy VI menjadi game yang keren.



    Saat bermain Record Keeper, siapa anggota tim yang sering Anda gunakan?

    Tokumaru-san: Saya memiliki beberapa karakter kesukaan yang selalu ingin saya masukkan ke dalam tim, namun kadang Anda harus mengalahkan bos tertentu untuk mendapatkannya.

    Sasaki-san: Saya memiliki cara spesifik dalam menyusun tim saya, yang selalu melibatkan Tidus dan Yuna di dalamnya, berdiri di samping satu sama lain!

    Hazama-san: Saya selalu melibatkan Tyro karena dia merupakan karakter baru, selain Cain dari Final Fantasy IV dan Cyan dari Final Fantasy VI; keduanya merupakan game kesukaan saya.

    Belum adanya karakter dari Final Fantasy XI maupun XIV – adakah rencana untuk melibatkan kedua game ini, atau bahkan Final Fantasy XV?

    Hazama-san: Terdapat rencana-rencana untuk melibatkan Final Fantasy XI dan XIV, dan kami masih mendiskusikan kemungkinan hadirnya Final Fantasy XV.

    Apakah Record Keeper akan tetap menjadi game eksklusif Final Fantasy, atau akankah kita melihat persilangan dengan game Square Enix lain seperti pada DLC Theatrhythm Final Fantasy: Curtain Call?

    Hazama-san: Di Jepang kita telah berkolaborasi dengan serial SaGa, dan terdapat rencana-rencana lainnya.

    Bagaimana dengan Dragon Quest? Atau franchise Barat seperti Tomb Raider?

    Hazama-san: Belum ada rencana spesifik untuk hal tersebut, namun sebagai kemungkinan, akan menjadi keren untuk melibatkan lebih banyak judul game kami. Namun, ya belum ada rencana yang demikian.

    (terdiam sejenak) Hmm... Tomb Raider bisa jadi keren ya.

    Bagaimana dengan, misalnya, Hitman, atau Soul Reaver, atau bahkan Bub dan Bob dari Puzzle Bobble...

    Hazama-san: Puzzle Bobble!? Ide yang sangat bagus!

    Sasaki-san: Bayangkan sebuah stage Puzzle Bobble...

    [​IMG]
    Apakah Anda memperhatikan aspek di mana game ini hanya dapat dimainkan secara online, dan sudahkah Anda menerima umpan balik dari pemain Jepang mengenai hal ini?

    Sasaki-san: DeNA telah merilis game ini secara global, sehingga kami tahu bagaimana memperlakukan berbagai wilayah jaringan. Meskipun Record Keeper memerlukan jaringan internet, game ini sebenarnya tak memerlukan koneksi yang cepat di sepanjang waktu.

    Tokumaru-san: Saya bertanggung jawab dalam membawa beberapa judul game Jepang ke Barat beberapa tahun ini, dan tak banyak isu dari pengguna mengenai koneksi internetnya.

    Struktur game yang mendasari Record Keeper dibuat berdasarkan sebuah judul game yang telah diboyong ke Barat, sehingga saya dengan percaya diri mengatakan bahwa game ini dapat beroperasi dengan baik di sebagian besar wilayah. Saya berharap banyak orang yang akan memainkannya di tempat-tempat dengan koneksi internet yang memadai!

    Bagaimana Anda menyesuaikan IAP untuk Record Keeper?

    Hazama-san: Dalam berbagai game gratis yang berfokus pada karakter, karakter-karakter ini merupakan bagian dari sistem undian. Namun dalam Record Keeper, mereka diperoleh dengan memainkan game tersebut, seperti menyelesaikan suatu level, dan bermain di event-event mingguan. Saya merasa ini adalah poin yang bagus dalam game ini.

    Hanya perlengkapan dan senjata-senjatanyalah yang masuk dalam sistem undian, yang memancing orang untuk terus memainkannya.

    Adakah saran bagi pemain di Barat untuk memulai game ini?

    Tokumaru-san: Terdapat wiki untuk strategi resmi yang diluncurkan bersamaan dengan rilisnya game ini, di mana para pemain dapat saling membantu. Itu akan menjadi tempat di mana Anda bisa menemukan bagaimana cara mengalahkan bos-bos yang kuat. Versi Jepangnya sudah membuktikan bahwa hal ini sangat populer.

    Sasaki-san: Karena Record Keeper memuat banyak sekali karakter, dengan kepribadian dan kemampuan yang berbeda-beda, salah satu cara untuk menikmati game ini adalah dengan menggunakan karakter kesukaanmu. Bagaimanapun juga, hal menyenangkan lainnya adalah dengan menggunakan karakter baru dan kombinasi kemampuan yang bekerja dengan baik. Komunitas game ini sangatlah aktif di Jepang, dengan menemukan kombinasi-kombinasi yang efektif.

    Hazama-san: Pada awalnya, Anda dapat bermain dengan mudah karena tingkat kesulitan yang rendah, namun hal tersebut akan berubah. Saat tingkat kesulitan bertambah, Anda mungkin masih dapat mengalahkan bos, namun skor Anda belum tentu bagus.

    Ada saatnya Anda memikirkan tim dan strategi yang Anda gunakan. Saat itulah game ini terasa mendalam dan mengasyikkan.

    Demikian wawancara Danny Russell dengan tiga produser Final Fantasy Record Keeper. Kamu juga dapat membaca ulasan tentang game ini di sini, lho. Segera unduh dan mainkan game RPG klasik ini!

    Baca juga:


    game android, game iOS, Final Fantasy Record Keeper, Final Fantasy, Record Keeper, Square Enix, DeNA, RPG, game gratis, Final Fantasy All The Bravest, All The Bravest

Share This Page