The Legend of Zeldo: Link’s Awakening, Klon Flappy Bird yang Mungkin Dieksekusi

Game News - naruto - Apr 30, 2015

  1. Playtoko.com – Lagi-lagi muncul sebuah klon Flappy Bird, dan sang pengembang cukup berani karena ia mencomot salah satu judul Zelda, franchise Nintendo. Apakah game iOS ini akan ‘dieksekusi mati’ oleh Satoru Iwata?

    [​IMG]

    Kita sudah banyak, mungkin terlalu banyak melihat klon Flappy Bird bertebaran baik di Google Play maupun App Store. Kini satu lagi klon game arcade tersebut nongol di App Store, dan pengembangnya bisa dibilang menukil salah satu franchise terbesar Nintendo , yakni The Legend of Zelda .

    Berjudul The Legend of Zeldo: Lonk’s Awakening, ini bukanlah fan game maupun bootleg, melainkan sebuah game klon flap-flap yang meminjam dunia Hyrule di mana Link dan kawan-kawan hidup. Kamu bermain sebagai Lonk – Link versi cewek – yang melayang-layang di kastil penuh lava milik Ganondoof, untuk menyelamatkan Pangeran Zeldo. Kali ini pedang Lonk ketinggalan di rumah, jadi dia memilih melayang-layang seperti bajing sembari menghindari dinding kastil dan mengumpulkan Ruple.

    [​IMG]

    Meskipun sang pengembang, yakni Virtually Competent , menuliskan bahwa ia tidak mengambil aset apapun dari game aslinya, melainkan membuatnya dari awal, kita bisa melihat dengan jelas bahwa tipografi judul Lonk’s Awakening di menu utamanya saja sudah sangat mirip dengan tipografi aslinya. Terdapat pula item-item plesetan seperti Whim Waker dan Irony Boots yang dapat kamu beli dengan Ruple yang kamu kumpulkan. Game plesetan.

    Pertanyaannya adalah, apakah game ini akan selamat dari tuntutan Nintendo? Kita tahu bahwa di awal tahun ini Nintendo mengumumkan kerja samanya dengan DeNA untuk memasuki pasar game mobile, di mana franchise-franchise ternama Nintendo akan dibuatkan konten baru berupa game mobile. Dengan turunnya Nintendo ke bumi Google Play dan App Store sebentar lagi, tentu mereka akan memberikan pengawasan yang lebih ketat terhadap para pengembang game yang ‘tidak sengaja’ mendompleng judul-judul terkenal mereka.

    [​IMG]

    Lonk’s Awakening sendiri sudah dirilis secara gratis – dan tanpa iklan – untuk perangkat iOS, dan kemungkinan akan juga meluncur ke Android. Namun situs pengembang game ini sendiri memiliki versi browser dari judul plesetan Zelda yang meminta donasi, atau menawarkan versi berbayar untuk diunduh dan dimainkan di berbagai perangkat. Prediksi saya sih, Nintendo bakal ‘mengeksekusi mati’ game ini, alias diturunkan dari App Store karena dianggap mencuri hak cipta. Harapan saya, semoga game-game mobile Nintendo nantinya tidak seburuk Lonk’s Awakening. Jangan sampai.

    Baca juga artikel-artikel terbaru Playtoko:


    game iOS, The Legend of Zeldo: Lonk's Awakening, Lonk's Awakening, Zelda, Link's Awakening, Virtually Competent, klon, Flappy Bird, Nintendo, DeNA

Share This Page