Tips dan Trik Bertahan Hidup di 'Era Baru' Clash of Clans

Clash of Clans Indonesia - achmadfaizal - Dec 21, 2015

  1. Playtoko.com - Apa kamu rasa kamu masih sulit beradaptasi dengan 'Era Baru' Clash of Clans sejak update Town Hall 11 kemarin? Berikut ini ada sedikit tips dan trik agar base kamu dapat bertahan hidup lebih mudah, dari aspek pertahanan, menyerang, dan League kamu berada.

    [​IMG]

    Banyak hal yang telah berubah sejak update Town Hall level 11 dirilis kemarin. Bisa dikatakan sekarang adalah 'Era Baru' bagi game terfavorit bagi para clasher, Clash of Clans . Beberapa clasher ada yang dapat beradaptasi dengan mudah mungkin karena mereka sudah berada di level Town Hall tinggi (9 ke atas), tapi ada banyak juga yang merasa kesulitan untuk bertahan hidup. Pada kesempatan ini saya akan coba berbagi tips dan trik sederhana untuk beradaptasi dan bertahan hidup di Era Baru Clash of Clans.

    Update besar-besaran kemarin sangat berdampak bagi para clasher dalam jangkauan Trophy tertentu karena banyaknya perubahan dalam satu waktu. Sistem Shield yang baru juga membuat banyak base yang mulanya jarang menyerang kini akan sering tampak di pilihan target menyerang. Sebelumnya base-base tersebut tidak pernah hancur sehingga tidak pernah terlihat kelemahannya. Banyak sekali clasher (terutama di Gold League) yang tidak peduli dengan bentuk base-nya karena mereka sering mendapat Shield gratis. Jika kamu termasuk clasher yang demikian, maka tips dan trik berikut ini akan sangat bermanfaat.


    Defense/Pertahanan
    Pertama-tama dimulai dari sistem defense/pertahanan yang baru, karena tidak semua orang bisa selalu online untuk membuka base-nya setiap saat. Hal pertama yang penting diingat adalah sekarang kamu tidak dapat melindungi semua resources lagi. Saya rekomendasikan kamu untuk memilih satu atau dua jenis resource saja (Gold/Elixir/Dark Elixir) untuk dikumpulkan. Kemudian fokuslah untuk melindungi tidak lebih dari 2 jenis resource dan gunakan resource yang bukan prioritas untuk meng-upgrade Wall dan traps.

    Contoh: Sebuah base Town Hall 9 yang memiliki lebih dari 200ribu Gold/200ribu Elixir/2ribu Dark Elixir biasanya akan sering diserang dengan pasukan yang kuat. Sedangkan base Town Hall 9 dengan 300ribu Gold/50ribu Elixir/2ribu Dark Elixir jarang diserang pasukan yang kuat. Para clasher (mungkin kamu juga) akan lebih cenderung untuk menyerang base dengan kekayaan yang merata agar hasil loot-nya tidak timpang.


    Maka, sebaiknya kamu segera pindahkan Town Hall ke dalam pusat base karena bangunan tersebut juga merupakan Storage resources dan menimbun 1/5 Dark Elixir yang kamu miliki. Silakan saja jika kamu harus menggunakan Town Hall sebagai pertahanan di bagian pusat base, kehilangan sekitar 20% resource adalah hal yang wajar saat bertahan. Ingat saja, bentuk base yang kuat melindungi Dark Elixir belum tentu dapat melindungi Gold dan Elixir-mu juga, begitu juga sebaliknya.

    Meminimalisir resource dan menggunakan bentuk base yang bertujuan untuk melindungi jenis resource tertentu adalah cara yang terbaik untuk defense/bertahan di Era Baru Clash of Clans.

    [​IMG]

    Attack/Menyerang
    Setelah lebih aman secara pasif, maka saatnya kamu juga lebi pro-aktif untuk dapat bertahan hidup di Era Baru CoC yang lebih liar dan kejam. Seperti yang telah kamu ketahui, sengaja menyerbu Town Hall dalam menyerang sudah tidak relevan lagi. Berikut ini ada beberapa rekomendasi strategi farming yang lebih tepat:
    • BAM (Barbarian, Archer, Minion): masih merupakan strategi farming yang paling efisien. Dengan menggunakan keenam Barrack (di TH11) untuk training troops, pasukanmu akan selalu siap untuk farming berikutnya.
    • GiBarch (Giant, Barbarian, Archer): jika kamu memiliki Archer Queen dan tidak ingin menghabiskan Dark Elixir, gunakanlah formasi ini. Akan terasa lebih mudah farming Dark Elixir dengan formasi GiBarch.
    • Barch (Barbarian, Archer): jika kamu ingin fokus untuk farming Gold dan Elixir, maka gunakan Barch saja. Dengan mengetahui waktu farming yang tepat, kamu akan mudah dapatkan base yang tidak aktif di League Silver dan Gold.
    • Variasi GoWi (Golem, Wizard, xxx): buat kamu yang berada di League Master atau lebih tinggi, coba gunakan variasi GoWiPe , GoWiWi , GoWiVa , dll. Dijamin kamu akan mudah mendapatkan kemenangan 2 bintang dan sekitar 3-4ribu Dark Elixir sebagai bonus loot.
    Perlu diingat juga, semua strategi farming di atas adalah rekomendasi saja. Strategi mana yang paling cocok dengan gaya bermain dan keadaan base-mu mungkin akan baru kamu dapatkan setelah menggunakan satu jenis strategi yang sama selama lebih dari 50 kali.


    League
    Berkat perputaran resource yang lebih aktif di Era Baru Clash of Clans, maka League Crystal dan Master bisa jadi merupakan League yang umum bagi para clasher di Town Hall 9 dan 10. Sistem perubahan bonus League yang baru dari update kemarin juga akan membuat para clasher di level ini (mungkin termasuk kamu) lebih mudah mendapatkan bonus League yang berlimpah.

    [​IMG]

    Seperti yang telah kita ketahui juga, ada sistem baru dari Supercell di mana para clasher yang menyerang base/farming di base yang berada di bawah League-nya maka akan dihentikan untuk sementara. Ada fitur "Personal Break" yang akan mengingatkan clasher-clasher tersebut untuk segera berpindah di League semestinya mereka berada.

    Tips dan trik ini dibuat dalam sudut pandang yang umum, tidak berpihak pada clasher di level bawah, clasher level atas, ataupun dari pihak Supercell. Mungkin tidak semua hal yang saya sebutkan di atas dapat diterapkan bagi base-mu, tapi setidaknya kurang-lebih begitulah keadaan 'Era Baru' Clash of Clans saat ini yang sudah saya rasakan. Jika kamu masih kurang paham mengenai hal-hal baru yang terjadi di Clash of Clans saat ini, kamu bisa kunjungi laman Supercell Support ini: TH11 Update: Everything You Need to Know.

    Baca juga:


    clash of clans, strategi, gowi, gowiwi, gowipe, gowiva, coc, android, ios, tips clash of clans, tips coc, game android, game mobile, game gratis, town hall 11, tips main game, trik clash of clans, trik coc

Share This Page