Tips dan Trik Clash of Clans: Cara Cerdas Memanfaatkan Bomb

Base design - Strategy - achmadfaizal - Sep 15, 2015

  1. Playtoko.com - Siapa sangka Bomb si trap jenis pertama di Clash of Clans masih bermanfaat hingga Town Hall 10? Jangan remehkan jenis trap yang satu ini karena efek ledakannya dapat menggagalkan siasat musuh yang membawa Wall Breaker.

    Hai, clasher! Seberapa sering kamu kesal karena Bomb yang sudah kamu pasang tidak bekerja dengan efektif?

    [​IMG]

    Bomb sebagai jenis trap pertama di Clash of Clans memang sudah tidak begitu populer keberadaannya jika kamu sudah menginjak Town Hall level 6 ke atas. Banyak yang beranggapan seperti ini: sudah ada Giant Bomb, lalu apa fungsinya Bomb?. Meskipun ukurannya memang kecil, damage yang dihasilkan juga kecil, namun jika kita siasati dengan cerdas pasti akan dapat menghasilkan efek yang lebih bermanfaat. Lagipula tidak mungkin Supercell merancang kehadiran Bomb di CoC tanpa ada fungsi yang jelas.


    Kebanyakan clasher yang saya temui memiliki, atau lebih tepatnya menempatkan, Bomb pada titik-titik atau dengan cara yang kurang efektif. Diantaranya seperti menciptakan sekumpulan Bomb yang bertumpuk, menempatkannya di bagian terdalam base dengan tujuan untuk melumpuhkan Wizard saat diserang dengan GoWiPe, atau menyebarkannya secara acak di luar base dengan tujuan membunuh Archer dan tidak ada satu pun Archer yang berhasil mati karena Bomb.

    Fakta 1: Bomb cukup menyakitkan
    Padahal Bomb dapat kita manfaatkan dengan cerdas, yakni mempertemukan bom dengan bom = Bomb vs. Wall Breaker ! Yes, buat kamu yang bingung mau berbuat apa dengan Bomb, manfaatkan Bomb sebaik-baiknya untuk menghancurkan Wall Breaker musuh. Mungkin memang satu Bomb tidak dapat membunuh satu WB secara langsung, tapi ternyata Bomb level maksimal di Town Hall 9 dapat langsung membunuh WB dalam satu ledakan!

    [​IMG]

    Sesuai dengan angka yang ditunjukkan oleh tabel di atas, masih ada kesempatan besar bagi Bomb untuk dapat berfungsi dengan lebih efektif hingga Town Hall 10. Dengan jumlah maksimum 6 Bomb yang dapat kamu miliki, maka kamu juga memiliki 6 kali kesempatan untuk menggagalkan WB yang hendak membuka jalan bagi troops penyerang lainnya. Seperti yang kita ketahui, WB adalah troops yang paling penting bagi strategi serangan darat jika si penyerang tidak membawa Jump Spell atau Hog Rider.


    Fakta 2: Sifat ledakan Bomb
    Setelah mengetahui fakta yang sangat bermanfaat ini, maka sekarang saatnya lihat base kamu sendiri dan cari sisi base bagian mana yang biasanya menjadi target utama para WB (sangat dianjurkan bagi kamu untuk mengecek defense log secara rutin). Biasanya WB akan bergerak menuju sisi tembok yang berada di antara celah dua bangunan atau di sisi tembok yang berdekatan dengan lekuk pojok base.

    Bomb memiliki waktu delay selama 1.5 detik setelah ditemui/dilewati troops musuh untuk meledak. Bomb juga memiliki jarak radius ledakan yang cukup jauh yakni 3 kotak. Maka posisi yang paling tepat untuk menempatkan Bomb bukan menempel langsung dengan tembok melainkan dengan jarak 1 kotak. Dengan cara ini, Bomb dapat menghancurkan WB sebelum WB sempat menyalakan bom peledaknya dan Bomb ini juga dapat menghasilkan damage terhadap lebih dari satu WB yang berada di sekitarnya.

    [​IMG]

    Jika kamu hendak menerapkan tips ini pada desain base untuk Clan War, sebaiknya perhatikan hasil serangan musuh yang pertama pada base-mu. Jika penerapan tips ini berhasil, biasanya penyerang berikutnya akan membawa Jump Spell atau Hog Rider atau mungkin menyerang dengan strategi udara. Antisipasikan hal ini dengan memiliki bentuk base yang aman dari serangan Hog Rider dan Balloon sejak awal sebelum Clan War dimulai. Selamat mencoba dan semoga beruntung!

    Baca juga:


    bomb, wall breaker, wall, clash of clans, coc, tips clash of clans, tips coc, clash of clans bomb, coc bomb, clash of clans wall breaker, coc wall breaker, android, ios, game gratis, tips main game, game android, game mobile, strategi, trap

Share This Page