Tips dan Trik Clash of Clans - Farming dengan Strategi Serangan Go-To

Base design - Strategy - achmadfaizal - Jun 24, 2015

  1. Playtoko.com - Kamu sedang butuh strategi baru yang lebih efektif dan efisien untuk farming? Mungkin kamu harus coba farming dengan strategi serangan Go-To, strategi yang unik, cepat, dan mantap! Kapan lagi kamu farming pakai Wall Breaker?

    [​IMG]

    Mendengar namanya mungkin memang aneh, strategi Go-To , tapi memang begitulah nama yang diberikan oleh penciptanya (Collin) yang di-share melalui forum Clash of Clans di Reddit. Mendengar namanya yang unik dan komposisinya yang menarik, saya rasa clasher pembaca setia Playtoko juga harus tahu jenis strategi farming yang masih jarang dikenal banyak orang ini. Jika melihat dari komposisi dan langkah-langkah strateginya, saya sarankan jika kamu ingin mencoba strategi Go-To ini hanya untuk di Crystal dan Master League. Biar kamu ngga penasaran, langsung saja simak strategi selengkapnya berikut ini.

    Komposisi troops


    20x[​IMG] 12x[​IMG] 16x[​IMG] 20x[​IMG] 64x[​IMG]

    Goblin

    Alasan mengapa harus membawa 20 Goblin adalah karena kamu tidak akan pernah tahu seberapa banyak bangunan pertahanan yang akan kamu hadapi. Kamu juga akan memerlukan Giant dalam jumlah besar untuk mengalihkan perhatian para bangunan pertahanan sehingga troops kamu yang lainnya dapat farming mencuri resources dengan leluasa. Dengan jumlah tersebut juga kamu dapat menembus bagian pusat atau Storage musuh dengan mudah.

    Wall Breaker
    Wall Breaker pasti selalu memiliki peranan yang penting dalam strategi serangan darat, terkecuali jika bersama dengan Hog Rider. Lagipula 12 bukanlah jumlah yang terlalu banyak, kamu tidak akan tahu seberapa banyak tembok base musuh yang harus kamu hancurkan. Beberapa base juga biasanya memiliki Gold Storage di empat posisi yang berbeda, maka dari itu dengan sejumlah Wall Breaker di empat sisi akan membuka jalan mudah bagi Goblin mencuri Gold musuh.

    Minion
    Kali ini Minion memiliki peranan penghasil damage yang terbesar dibandingkan unit troops lainnya di dalam strategi ini, dan tentunya lebih murah. Sebaiknya kamu luncurkan Minion setelah semua unit troops lainnya meluncur karena unit terbang berwarna biru ini cukup lemah, splash damage dari Wizard Tower dan kecepatan tinggi Archer Tower dapat melumpuhkannya seketika.

    Goblin
    Urusan farming tentunya Goblin adalah juaranya berkat kekuatan damage dua kali lipat lebih besar terhadap bangunan resources. Goblin akan terasa sangat efektif ketika difokuskan untuk menyerang Storage, terutama Dark Elixir Storage. Setelah semua unit troops lainnya menghancurkan Gold Mine dan Elixir Collector, kamu bisa segera luncurkan Goblin yang akan berlari menuju Storage tanpa terganggu sedikitpun.

    Archer
    Kalau si pemanah cantik yang satu ini memang ngga perlu diragukan lagi keahliannya di dalam Clash of Clans. Tepat setelah meluncurkan Giant, para Archer dapat menghancurkan semua bangunan luar dan lapisan awal musuh dengan sangat cepat. Kamu juga akan memerlukan troop ini untuk memancing dan mematikan isi troops Clan Castle lawan agar bisa menembus base lebih mudah.


    Strategi Farming Go-To

    Farming Collector
    Strategi awal ini sangat sederhana. Jika kamu melihat base yang bangunan Gold Mine, Elixir Collector, dan Dark Elixir Drill nya penuh namun bangunan Storage-nya kosong, maka base tersebut sudah lama ditinggalkan pemiliknya. Jelas sekali kamu tidak perlu serang mengincar bangunan Storage-nya, cukup hancurkan bangunan Collector-nya yang biasanya diletakkan di bagian luar base.

    [​IMG]

    Gambar di atas adalah salahsatu contoh mangsa yang paling enak buat disantap. Kalau sudah begini, maka kamu tidak perlu menghancurkan base hingga bagian terdalamnya. Saya sarankan kamu untuk cukup serang dari satu sisi base saja, tidak perlu menghambur-hamburkan banyak troops. Luncurkan beberapa unit Giant untuk mengalihkan perhatian bangunan pertahanan terdekat, lalu turunkan beberapa Archer di belakangnya untuk mencuri dari bangunan Collector.


    Farming Storage
    Terkadang kita tidak dapat menemukan base yang tidak aktif untuk kita serbu Collector-nya. Ngga masalah, justru inilah kegunaan strategi farming Go-To yang sesungguhnya. Jika kamu menemukan base dengan resources sebanyak 400k tapi kamu tidak yakin bisa merenggut semua Storage-nya, sebaiknya cari base yang lain saja.

    [​IMG]

    Gambar di atas adalah salahsatu contoh mangsa yang berat untuk strategi ini. Strategi Go-To mungkin belum tentu bisa merampas resources dari semua bangunan Storage yang ada, namun ada kemungkinan terbesar 70-90% berhasil. Untuk base seperti ini, luncurkan beberapa Giant di dekat 2 bangunan Wizard Tower di atas (yang ditunjuk anak panah merah) dan 2 baris Archer tepat setelahnya. Kemudian lanjutkan dengan unit-unit troops lainnya tepat dari arah utara (anak panah orange), Wall Breaker dapat membukakan jalan bagi Goblin untuk merampas Dark Elixir Storage di sana.

    [​IMG]

    Jenis keadaan base lainnya seperti gambar di atas adalah yang paling mudah untuk diruntuhkan dengan strategi Go-To. Gold Mine dan Elixir Collector-nya cukup penuh, kita sudah bisa dapatkan sekitar 150k resources hanya dengan menghancurkannya. Anak panah merah adalah posisi terbaik bagi Giant untuk meluncur dan lingkaran biru adalah di mana Archer dan Goblin meluncur setelahnya. Setelah menunggu beberapa detik, luncurkan kembali Goblin di posisi yang ditunjukkan anak panah orange dan diikuti dengan sisa unit troops lainnya. 2 Elixir Storage di bawah mungkin tidak bisa kamu capai, tapi saya yakin kamu sudah bisa dapatkan sekitar 80% dari total resources yang bisa kamu rampas.


    Bagaimana guys, strategi Go-To ini mudah dipahami, kan? Awalnya mungkin strategi ini terasa sedikit mahal karena melibatkan Wall Breaker, namun jika sudah sering digunakan, kamu akan rasakan sendiri keuntungannya. Untuk lebih menghemat lagi, silakan saja lepaskan Minion dari komposisi troops agar kamu bisa hemat dan farming Dark Elixir lebih banyak lagi. Semoga ngabuburit dengan Clash of Clans kali ini bisa menghasilkan farming resources yang berlimpah ya!

    Baca juga:


    farming, clash of clans, tips clash of clans, tips coc, trik coc, trik clash of clans, strategi go-to, go-to, giant, archer, minion, wall breaker, goblin, strategi farming, android, ios, tips main game, game gratis, game android, game ios, game mobile

Share This Page