Tips dan Trik Clash of Clans - Rahasia Mitos Seputar Wall/Tembok

Base design - Strategy - achmadfaizal - Jan 12, 2015

  1. Playtoko.com - Apa kamu masih sedang dalam tahap meratakan upgrade Wall kamu saat ini? Sebelum kamu mengambil langkah yang salah, coba simak ulasan rahasia mitor seputar Wall/tembok berikut ini terlebih dahulu.

    [​IMG]
    Apakah jumlah dan level Wall/tembok yang kamu miliki sudah efektif menjaga base?

    Hai clashers, apakah kamu tipe gamer yang suka berburu atau mencari tahu soal mitos di dalam game? Jujur saja saya tidak terlalu suka menjadi fanatik terhadap sebuah game hingga menggali-gali isinya demi berbagai persepsi dari hal-hal yang tidak wajar. Tapi mungkin terkecuali untuk Clash of Clans , betapa masih ada beribu-ribu pertanyaan yang rasanya ingin disampaikan pada game mobile yang masih bertahan di posisi teratas pada kategori Top Grossing baik di Google Play maupun di App Store.

    Nah kali ini saya akan coba membahas 2 mitos paling umum yang berhubungan dengan Wall atau tembok di Clash of Clans. Ingin tahu ada mitos apa saja? Check this out!

    1. 'Katanya' membeli Wall/tembok hanyalah pemborosan Gold
    Sebelum membahas inti mitos ini lebih dalam, mari coba kita mengingat-ingat kembali saat pertama kali kita memainkan Clash of Clans. Pada awalnya, baru sekitar 1 sampai 2 jam bermain kamu pasti mulai melihat berbagai base yang sudah memiliki Wall. Dan pada saat itu kamu belum memiliki troops Wall Breaker , maka troops kamu harus memakan waktu yang lebih lama untuk menembus tembok base lawan. Pada saat itu rasanya masih sangat mudah memainkan game strategi ini hingga akhirnya kamu menyadari kehadiran Mortar dan mungkin kamu kalah juga pada penyerangan tersebut.

    Sejak saat itu kamu pasti mulai berpikiran bahwa Wall atau tembok merupakan aset yang sangat baik untuk menghambur-hamburkan Gold yang sudah kamu kumpulkan. Benar, kan? (saya sendiri berpikir demikian).

    Kalau benar seperti itu, kamu (bagi yang sudah bermain sangat jauh hingga Town Hall 8/9/10) mungkin juga ingat saat-saat dimana Wall atau tembok di Clash of Clans mulai berubah menjadi berwarna ungu dan cukup mahal. Kemudian kamu mulai mendengar dan membaca berbagai rumor yang mengatakan bahwa Wall/tembok tidak terlalu penting, sehingga kamu bisa membiarkannya saja setelah mencapai level 6 atau 7. Padahal sebenarnya level Wall cukup penting, tapi tidak seberapa penting bila dibandingkan dengan harga yang harus dibayarkan untuk meng-upgrade Wall ketika kamu dapat menggunakan sejumlah Gold yang telah susah payah kamu kumpulkan dari menyerang base pemain lain untuk memperkuat bangunan pertahanan.

    [​IMG]

    Memang musuh utama Wall adalah para Wall Breaker, Jump Spell dan Hog Rider , namun tidak mungkin ada pemain yang mau membawa 30 Wall Breaker / 5 Jump Spell / 20 Hog Rider sekaligus dalam sekali serangan. Cepat atau lambat, para troops darat akan bergerak menembus Wall dan jika kamu melihat troops seperti Golem yang melakukannya, maka kamu bisa akui bahwa Wall adalah aset yang sangat penting.

    Bahkan saya juga rekomendasikan bagi para pemain di bawah Town Hall 9 untuk membiarkan Wall atau temboknya sampai level 7 saja dan lebih fokus pada peerkembangan bangunan pertahanan. Tapi tidak ada salahnya juga jika kamu tetap ingin meng-upgrade Wall (prioritas terakhir) sebagai bahan motivasi untuk terus mengumpulkan Gold sebanyak-banyaknya.

    [​IMG]
    PEKKA yang mampu melompati 5 lapis Wall dengan Jump Spell

    2. 'Katanya' semakin banyak lapisannya maka semakin kuat
    Mudah-mudahan saja kamu bukan tipe pemain yang suka memiliki Wall atau tembok berlapis ganda (atau bahkan lebih) di base kamu, karena hal ini benar-benar bentuk pemborosan pada penggunaan Wall. Wall Breaker dapat merusak tembok yang berlapis dengan radius splash damage yang dimilikinya. Sedangkan Wizard dan Archer juga dapat menembak tembok berlapis ganda di bagian dalamnya tanpa harus menghancurkan bagian luarnya dahulu. Mungkin sejauh ini kedengarannya sudah cukup mengerikan, namun bagaimana dengan lapisan Wall yang lebih banyak lagi?

    Nah sekarang coba kita buat taktik dengan membangun Wall/tembok berlapis 5 sehingga Wizard dan Archer tidak akan mampu lagi untuk menembak bagian dalamnya. Begitu juga dengan Wall Breaker, minimal akan membutuhkan lebih dari 5 unit troops tersebut untuk dapat mencapai lapisan terdalamnya. Padahal rasanya tidak akan terlalu sulit untuk bisa menembus 5 lapis Wall dengan menggunakan Jump Spell. Mungkin kali ini kedengarannya agak melantur, tapi buktinya bisa kamu lihat sendiri dari gambar di atas bahwa melompat tembok 5 lapis saja bukanlah masalah bagi para troops dengan menggunakan Jump Spell.

    Nah sekarang coba kita tingkatkan lagi jumlah lapisannya hingga 10 lapis Wall/tembok. Apakah menurutmu para Hog Rider bisa melompatinya? Oh tentu saja bisa! Hod Rider dapat melompat sebanyak apapun lapisan tembok yang kamu buat. Hal ini berlaku bagi para Hog Rider karena sebenarnya mereka tidak memiliki sistem yang sama seperti troops daratan, mereka memiliki sistem troops udara (hanya saja penampakannya seperti troops daratan) sehingg mereka tidak akan mempedulikan Wall sebanyak apapun itu.

    [​IMG]
    Hog Rider bisa melompati 10 lapis Wall tanpa masalah!

    Mungkin artikel tips dan trik Clash of Clans ini secara sekilas tidak terlalu menolongmu karena mungkin kamu sudah memenuhi semua upgrade pada level Town Hall kamu atau kamu sudah tahu bahwa Wall yang berlapis-lapis tidaklah berguna. Pada intinya melalui artikel ini saya ingin menunjukkan pada kalian beberapa logika di dalam Clash of Clans dan hal teoritis apa saja yang memungkinkan untuk diterapkan. Jadi mulai saat ini, lebih berbijaklah dalam membangun Wall/tembok dan perhatikan penggunaan Hog Rider dan Jump Spell lebih baik kedepannya. Happy clashing!

    Baca juga:


    wall breaker, hog rider, clash of clans, tips clash of clans, tips coc, trik clash of clans, trik coc, strategi clash of clans, strategi coc, archer, wizard, jump spell, android, ios, mitos wall, mitos tembok, clash of clans wall, wall clash of clans, tips wall, tips wall clash of clans, game android, game ios, game gratis, game mobile gratis, game android gratis, free game, download game android gratis, game mobile, tip main game

Share This Page