Tips dan Trik Clash of Clans - Tips Bertahan dari Serangan 'LavaLoonion'

Base design - Strategy - achmadfaizal - Jun 16, 2015

  1. Playtoko.com - Apa kamu sering merasakan nyeseknya base yang diratakan oleh serangan LavaLoonion? Kamu ngga perlu pusing dan cemas lagi dengan mengikuti tips bertahan dari serangan LavaLoonion berikut ini.

    Hai, clasher! Apa kamu pernah atau suka menggunakan strategi serangan LavaLoonion ?

    [​IMG]

    Setelah mencapai Champions League ke atas atau sedikitnya setelah kamu mencapai Town Hall level 8 dan seterusnya pasti kamu akan sering menemukan riwayat pasukan yang menyerang base-mu semakin beragam. Keragaman clasher yang menyerangmu tentunya tergantung dengan bentuk base kamu sendiri juga. Saat kamu menggunakan base non-farming, pastinya akan ada banyak clasher yang menyerangmu dengan tujuan farming trophy atau pushing league.

    Untuk farming trophy dan pushing league di level atas memang tidak mudah. Tapi ada satu strategi serangan yang cukup populer dan digunakan banyak clasher, yakni strategi LavaLoonion. Awalnya terinspirasi dari strategi LavaLoon yang dipercaya terjamin untuk Clan War, kemudian berkembang dengan penambahan Minion sehingga tujuan penggunaanya bergeser ke farming trophy. Nah, buat kamu yang base-nya sering dihancurkan oleh pasukan Lava Hound , Balloon , dan Minion ini, sebaiknya kamu ikuti rincian tips bertahannya berikut ini.


    1. Posisi Town Hall
    Jangan simpan Town Hall kamu berdekatan apalagi dikelilingi oleh bangunan pertahanan secara langsung. Ingat, di LavaLoonion ada Balloon - Balloon memiliki splash damage sehingga mereka juga akan mengancurkan bangunan yang berada di sekitar bangunan defense yang diincar menjadi target utamanya. Jika para Balloon berhasil menembus base bagian pusatmu dan menyerang bangunan defense di samping Town Hall, maka Town Hall kamu berada dalam bahaya besar.

    [​IMG]
    Awalnya begini

    [​IMG]
    Beberapa detik kemudian sudah begini

    2. Posisi Seeking Air Mine dan Air Bomb yang tepat
    Bagian ini adalah bagian yang paling penting. Kamu harus meletakkan traps-traps pengincar pasukan udaramu dengan tepat karena Seeking Air Mine harus bisa menghancurkan Lava Hound secepeta mungkin sehingga kamu tidak akan menghambur-hamburkan Air Bomb pada Lava Hound. Untuk menemukan posisi yang paling tepat, coba buat sedikit eksperimen dan prediksi sendiri. Dari pengalaman pribadi saya, saya cukup berhasil dengan posisi Seeking Air Mine dan Air Bomb di dekat Air Defense karena biasanya clasher cenderung berpikir bahwa Air Defense tidak terlalu mampu melukai Lava Hound.

    [​IMG]

    Saya paham betul, mungkin kamu tidak akan selalu beruntung setiap saat, tapi jika kamu berhasil melumpuhkan Lava Hound dengan cepat, maka kemungkinan si penyerang untuk menang sangat kecil. Ingat saja bahwa pertahanan yang hancur 1 bintang hanya akan merugikan satu pertiga dari apa yang bisa didapat jika berhasil 3 bintang.

    [​IMG]

    Untuk Air Bomb mungkin sedikit sulit, jadi letakkan saja di dekat Air Defense agar Air Bomb tidak terpicu dnegan kehadiran Lava Hound. Kedengarannya memang seperti sia-sia saja, tapi percayalah Air Bomb akan lebih efektif jika terpicu saat Lava Hound sudah meledak dan terpecah menjadi Lava Pup yang kecil-kecil.


    3. Posisi Air Defense
    Untuk Air Defense sendiri, saya sarankan kamu untuk meletakkannya di daerah pusat base (tapi tidak terlalu dekat Town Hall). Lalu apa yang akan terjadi dengan cara ini? Para Lava Hound akan mengincar Air Defense selagi para Balloon bergerak mendekatinya, inilah saat yang tepat untuk memperdaya gerak Balloon yang lamban. Saat Lava Hound dan Balloon mendekati pusat base, tidak ada celah besar di antara posisi Air Defense yang kamu letakkan, maka mereka akan dihancurkan dengan mudah.

    [​IMG]

    Intinya adalah sebisa mungkin letakkan Air Defense dengan posisi di mana keduanya saling mencakupi tapi masih memiliki sedikit celah di antaranya. Dengan cara ini, maka pasukan yang bergerombol di udara tidak akan mampu fokus dan mau tidak mau akan terpecah belah.


    4. Inferno Tower vs. LavaLoonion
    Pasti akan muncul satu pertanyaan klasik yang sangat mendasar dengan peranan Inferno Tower: apakah sebaiknya diset Single-target atau Multi-target? Inferno Tower dengan set Single-target akan menjadi pembunuh yang sadis bagi Lava Hound namun kemudian akan tidak berguna setelahnya karena Inferno Tower akan menyerang Lava Pups yang sangat banyak satu per satu sedangkan para Balloon akan leluasa menghancurkan base-mu. Saat para Lava Pups sudah habis, para Balloon sudah lebih jauh lagi melangkah dan Inferno Tower tetap saja menyerang mereka satu per satu.

    [​IMG]

    Sedangkan Inferno Tower dengan set Multi-target akan mampu menghabiskan para Balloon dan Lava Pup dengan cepat, dan penyerangmu akan kewalahan karena bingung mau menjatuhkan posisi Freeze Spell yang tepat di mana. Maka dari itu, atur Multi-target untuk Inferno Tower dan sebarkan di sejumlah area yang terpisah jauh agar penyerang semakin kesulitan dan kebingungan dengan Freeze Spell-nya.


    Bagaimana bro, tips-nya mudah untuk dipahami dan diikuti, kan? Untuk bertahan dari serangan LavaLoonion ngga perlu ribet, hanya kamu akan membutuhkan lebih banyak eksperimen dan pengalaman agar bisa mendapatkan strategi yang terbaik. Berikut ini juga ada contoh desain sebuah base di Town Hall 10 yang diyakini dapat bertahan dari LavaLoonion dengan baik.

    [​IMG]

    Baca juga:


    lava hound, balloon, minion, lavaloonion, pentaloon, lavaloon, strategi lavaloonion, tips clash of clans, trik clash of clans, coc, tips coc, trik coc, android, ios, tips main game, game mobile, game gratis, strategi lavaloon, game android, game ios

Share This Page