Tips dan Trik Clash of Clans: Tips Membangun Base serta Letak Trap saat Clan War

Base design - Strategy - audryadrian - Aug 11, 2015

  1. Playtoko.com - War Base yang tangguh adalah senjata ampuh bagi kalian untuk bisa memenangkan war. Jika lawan tidak mendapatkan bintang, clan kalian bisa terus memperlebar jarak dengan lawan dan bisa dengan mudah memenangkan war.

    [​IMG]

    Menyerang dan bertahan pada saat war memang tidak mudah. Diperlukan strategi serta ketelitian saat mendesain maupun melancarkan serangan. Tapi yang menjadi fokus kita kali ini adalah defense pada saat war. Banyak yang tidak menyadari bahwa desain base sangat berpengaruh terhadap hasil akhir war. Semakin kuat base milik kita, lawan akan sulit untuk mendapatkan 3 bintang jika seluruh member menerapkan strategi pertahanan yang sama sepeti kalian bisa dipastikan clan kalian akan menjadi pemenangan pada saat war. Ada 3 kunci utama pada saat mendesain base yaitu :

    1. Desain Base Berbeda dari Biasanya.

    Saat war kalian harus mendesain ulang atau memdoifikasi desain dari base kalian sebelumnya. Di sini kita harus meletakkan storage di luar base atau daerah yang cukup strategis. Perlu kalian ketahui storage ini bisa kalian gunakan sebagai tembok tebal, HP dari storage yang cukup besar akan memperlambat troop lawan untuk memasuki base kalian. Ketika troop lawan asyik menghajar storage, alat defense kalian akan menyerang pasukan lawan. Maka dari itu, letak dari storage ini harus berada pada jangkauan mortar dan alat defense lainnya.

    2. Clan Castle dan Townhall Harus Saling Berdekatan.

    Ini dia yang harus kalian perhatikan guys. Usahakan letak dari Clan Castle dan Townhall selalu berdekatan. Cara ini digunakan agar troop lawan sulit untuk memancing troop dari dalam clan castle kalian, selain itu troop dari dalam clan castle akan keluar pada waktu yang tepat sehingga troop lawan akan habis sebelum mencapai town hall kalian.

    3. Air Defense, Mortar, dan Inferno Tower.

    Ketiga alat defense ini merupakan alat defense inti yang artinya kalian harus menjadikan alat defense ini sebagai ujung tombak serangan. Selain itu kalian juga harus melindungi alat defense ini semaksimal mungkin dengan meletakkannya di dalam base atau tengah base sehingga troop lawan akan sulit untuk menjangkaunya.

    Bentuk Base

    [​IMG]


    Desain dan bentuk base juga sangat menentukan guys. Jika kalian sudah memiliki town hall dengan level tinggi saya sarankan untuk mendesain base dengan lorong-lorong untuk menjebak troop lawan. Selain itu usahakan base kalian lebih luas dari biasanya pada saat war, dengan mendesain base kalian lebih luas troop lawan akan memakan waktu lebih lama untuk bergerak dari satu bangunan ke bangunan lainnya.

    Trap

    [​IMG]


    Setelah kalian mendesain base dengan lorong-lorong di dalamnya, kini saatnya kita meletakkan trap di tiap lorong tersebut. Saat meletakkan trap tersebut kalian harus memperthatikan komposisi dari tiap trap. Usahakan Air bomb dan Air mine berada di dekat Air defense untuk menjatuhkan troop seperti Dragon dan Lava Hound. Sedangkan Giant Bomb letakan di daerah sekitar Mortar. Dan untuk Spring Trap dan Bomb kalian bisa meletakannya di sekitar lorong-lorong tersebut. Untuk Hidden Tesla level 4 ke atas kalian bisa meletakkannya diantara Air defense atau Mortar, dan jika hiden tesla kalian masih berada di bawah level tersebut, saya sarankan untuk meletakkannya di luar base atau di sisi base.

    Aspek-aspek di atas adalah kunci utama untuk membangun war base yang sulit untuk ditaklukan. Dan menurut saya selain alat defense yang menjadi perhatian, kalian juga harus memperhatikan trap. Trap ini bisa sangat membantu kalian dalam menghadapi troop lawan. Letak trap yang strategis akan membuat troop lawan kualahan menghadapi pertahan base kalian yang kokoh.


    android, ios, tips dan trik, war base

Share This Page