Tips dan Trik Clash of Clans: Tips Membangun Clan yang Solid

Base design - Strategy - audryadrian - Dec 5, 2014

  1. Playtoko.com - Bagi para pemain Clash of Clan, Clan adalah rumah kedua bagi mereka. Di Clan kita dapat menemukan teman baru dari berbagai daerah serta negara.

    [​IMG]
    Clan yang solid hanya bisa di dapat melalui komunikasi yang baik antar anggotanya.

    Clan adalah tempat berkumpulnya para pemian Clash of Clans di dalam satu kelompok. Kelompok ini berasal dari berbagai daerah dan negara dari seluruh dunia. Dan ada saatnya dimana kalian bisa bergabung dengan Clan dari berbagai belahan dunia di game Clash of Clans ini. Syarat utama untuk mendirikan atau bergabung di sebuah Clan adalah bangunan Clan Castle yang harus kalian dirikan. Saat pertama kalian memainkan game Clash of Clans kalian akan mendapati sebuah bangunan yang rusak serta dikelilingi oleh pohon dan batu, nah bangunan itulah yang disebut Clan Castle. Untuk mendirikannya kembali kalian harus membayar sebesar 40.000 gold, biaya yang cukup besar saat kita baru memulai game Clash of Clans. Tapi seiring waktu berjalan, kondisi perekonomian di base kalian akan meningkat dan kalian bisa mendirikan Clan Castle ini.

    [​IMG]

    Dan untuk bergabung di sebuah Clan cara cukup mudah kalian hanya tinggal mencari nama Clan, atau kalian diundang kedalam sebuah Clan untuk bergabung. Namun untuk mendirikan sebuah Clan kalian harus membayar 40.000 gold lagi. Dan mendirikan sebuah Clan itu tidak mudah, harus ada member yang setia dan patuh terhadap aturan dan ketua yang membimbing serta membantu para member di dalam. Agar Clan yang kalian tempati atau pimpin semakin solid dan selalu mendapatkan kemenangan saat war, ikutilah langkah-langkah berikut.

    Untuk Member.

    1. Bersikap Baik.
    Saat baru pertama kali memasuki sebuah Clan, hal yang pertama memperkenalkan diri kalian. Dan jika kalian sudah lama berada di Clan tersebut tetaplah ramah kepada pendatang baru atau member lainnya. Usahakan membantu para newbie yang baru pertama kali masuk kedalam sebuah Clan.

    2. Bertanya.
    Tidak ada salahnya jika kita bertanya jika tidak mengetahui sesuatu. Tanyakan kepada para member lain tentang bentuk base atau strategi yang harus kalian gunakan pada saat war. Cara ini juga bisa menjadi sarana mempererat komunikasi antar member.

    3. Membantu.
    Seperti yang saya sudah terangkan, sebagai member yang sudah lama, kalian harus membantu member lainnya. Membantu Clan juga banyak caranya, mulai dari mengisi permintaan troop dari member lain, memberi saran kepada member lain, dan mengatur strategi pada saat war.


    Untuk Pengurus Clan.

    1. Tegas.
    Sebagai pemimpin kita harus memiliki jiwa kepemimpinan dan sebagai pemimpin kita juga harus tegas kepada para anggota. Tegas yang saya maksud bukanlah pribadi yang kaku atau jutek kepada anggota lain. Tegas yang saya maksudkan adalah memberikan suatu aturan di dalam sebuah Clan tapi sifatnya hanya sebuah teguran semata. Jangan terlalu keras dan kaku terhadap member, agar Clan yang kita pimpin nyaman dan lebih asyik.

    2. Selalu Berkomunikasi.
    Saat sedang war ataupun tidak, sebagai ketua kita harus menjalani kumunikasi kepada member. Agar para member betah dan setia kepada Clan yang kita pimpin. Dan saat berkomunikasi usahakan memakai bahasa yang santai tapi tetap sopan.

    3. Memberikan Saran.
    Jika sedang war komunikasi antar anggota sangat diperlukan apalagi sebagai pemimpin, kita harus memberikan komando kepada para member kita agar war berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil yang maksimal. Dan usahakan memberikan saran kepada seluruh member tentang bentuk base yang mereka miliki atau strategi yang cocok untuk mereka gunakan.

    Yang terpenting dari sebuah Clann adalah komunikasi dan kebersaamaan antar anggota Clan. Jika kita telah membuat lingkungan di dalam Clan menjadi nyaman, para member juga akan semakin solid dan Clan yang kita pimpin atau tempati akan semaki kuat dari sebelumnya.


    android, ios, clash of clans, tips dan trik, clan, clan castle

Share This Page