Tips dan Trik Membangun Clan yang Solid Part 2

Q&A - audryadrian - Jun 11, 2015

  1. Playtoko.com - Kamu jadi pengurus atau ketua clan di game Clash of Clans bro? Bingung gimana carnaya agar clan kamu solid dan aktif? Kita punya solusinya nih, ada beberapa tips yang dapat membuat clan kalian semakin solid di sini, cekidot.

    [​IMG]

    Sebagai Clasher sejati tentu kalian mengingikan Clan yang solid dan akitf. Dengan Clan yang solid dan aktif , perkemangan kalian di dalam game Clash of Clans ini akan terbantu. Karena dengan adanya Clan, kalian bisa meminta bantuan troop, saran, serta tambahan harta ketika sedang war. Namun untuk membangun Clan yang solid dan aktif itu tidak lah mudah. Diperluakan banyak pengorbanan mulai dari waktu dan tenaga. Tapi saya jamin setelah melihat beberapa tips di bawah ini, Clan yang kalian dirikan dan tempati akan semakin solid dan aktif.

    1. Perlakukan Seperti Bisnis

    Dengan memperlakukan clan layaknya bisnis, clan kalian akan memiliki tujuan serta alur yang jelas. Dan jika kalian sudah memperlakukannya layaknya bisnis, dijamin clan kalian akan lebih jelas arah dan tujuannya. Dan untuk membuat Clan yang solid kalian juga memerlukan peraturan yang jelas dan bisa ditaati para member.

    2. Harus Aktif

    Jika kalian ingin clan kalian aktf, kalian juga harus aktif di dalam game Clash of Clans ini. Buat obrolan-obrolan bersama teman satu clan kalian. Dan agar para member clan kalian nyaman berada di dalam Clan, usahakan selalu memenuhi permintaan troop para member kalian. Dengan begitu para member kalian berkeyakinan bahwa clan yang mereka masuki adalah clan yang selama ini mereka dambakan.

    3. Jalin Komunikasi

    Sebagai pengurus atau member Clan yang baik, tentu kalian juga harus saling bertegur sapa di dalam maupun di luar game. Cara ini dinilai kaurat untuk membuat Clan kalian aktif dan solid. Buat saja group facebook, BBM, LINE, dan semacamnya untuk media komunikasi antar member di dalam Clan kalian.

    4. Rekrut Melalui Forum

    Bagi kalian yang menginginkan member yang aktif, coba rekrut mereka melalui forum-forum game atau group Clash of Clans. Biasanya pemain yang sering aktif di dalam forum dan group akan lebih aktif lagi di dalam game. Dan jika kalian sudah memiliki 2-5 member yang aktif, dapat dipastikan Clan kalian akan lebih solid dan aktif kedepannya.

    5. Buat Suasana Nyaman

    Dan jika Clan kalian sudah aktif, buat suasana dan lingkungan di dalam Clan kalian senyaman mungkin agar para member di dalamnya betah. Dan dengan suasana yang nyaman kalian akan lebih mudah lagi mengembangkan Clan kalian menjadi lebih besar dan pastinya War akan berjalan dengan lancar.

    Memang membangun clan yang aktif itu sangat sulit apalagi harus membangun clan yang solid, tentu lebih sulit lagi. Namun semua kembali lagi kepada kalian dan member kalian, jika kalian sebagai pengurus Clan tidak aktif dan kuran ramah terhadap member kalian, yang terjadi Clan kalian malah menjadi sepi dan seperti mati. Begitu juga dengan para member, member juga harus bekerja sama agar clan yang mereka tempati menjadi tempat tinggal yang nyaman, saling berkominkasi ketika online akan membuat clan kalian lebih aktif. Dan setelah clan kalian sudah aktif, kalian tinggal menyiasati agar kalian menjadi solid.

    Bagaimana Caranya agar Clan Solid ?

    Jika kalian ketua clan, pilih para pengurus clan yang berpengalaman atau memiliki donasi troop terbanyak di Clan kalian. Dengan cara itu kalian bisa melihat mana member yang peduli terhadap Clannya. Dan untuk pengurus, kalian harus sering aktif untuk memantau clan dan membuat jadwal war dengan waktu yang tepat. Bagi para member jangan terlalu pelit untuk memberikan troop, karena dengan saling membantu kalian akan semakin kuat.


    android, ios, tips dan trik, clash of clans, clan, solid, clan solid, aktif, clan aktif

Share This Page