Tips dan Trik Menginstall Google Play Store Secara Manual

Tips Android/iOS - achmadfaizal - Mar 10, 2015

  1. Playtoko.com - Aplikasi Google Play Store kamu hilang begitu saja dari smartphone kamu? Atau memang tidak ada sejak awal kamu membelinya? Ngga usah panik, simak dan ikuti tips dan trik menginstall Google Play Store secara manual di sini!

    Hai, mobile gamers! Apakah aplikasi Google Play Store di smartphone atau tablet kamu pernah bermasalah?

    [​IMG]

    Kalau aplikasi Google Play Store kamu mengalami masalah teknis seperti tidak bisa dibuka atau muncul notifikasi Error dengan kode angka tertentu, kamu bisa ikuti tips dan trik cara memperbaikinya di artikel yang ditulis oleh teman saya Audry sang master Photoshop. Tapi bagaimana kalau jenis masalahnya adalah Google Play Store tidak ada sama sekali?

    Hal ini mungkin saja terjadi oleh beberapa sebab, contohnya mungkin saja karena proteksi browsing smartphone atau tablet Android kamu yang kurang aman sehingga smartphone kamu terserang virus atau malware yang menyebabkan terhapusnya Google Play Store. Atau mungkin karena kamu membeli smartphone di sembarang tempat tanpa mengecek isiannya terlebih dahulu, kamu mendapati smartphone atau tablet Android tanpa aplikasi bawaan yang sangat penting ini.

    Betapa pentingnya kehadiran Google Play Store di smartphone kamu karena tanpanya kamu tidak bisa menggunakan aplikasi-aplikasi super keren untuk Android. Supaya kamu ngga pusing lagi kalau hal ini terjadi pada smartphone kamu, milik anggota keluargamu atau milik teman-temanmu, kamu bisa simak dan ikuti tips dan trik cara menginstall Google Play Store secara manual berikut ini.

    1. Dapatkan file APK untuk Google Play Store
    Hal pertama yang wajib kamu lakukan tentunya adalah memiliki file APK untuk Google Play Store. Buat kamu yang belum terlalu mengenal file APK, jenis file ini mirip seperti file .exe yang terdapat pada sistem operasi Windows untuk menginstall sebuah aplikasi, begitu juga dengan file .apk untuk sistem operasi Android.

    Untungnya kamu bisa dapatkan file yang saya maksud dengan gratis di APKMirror atau di XDA Developers.

    [​IMG]
    File APK untuk Google Play Store yang saya buka di aplikasi file explorer

    2. Ubah aturan Settings
    Lalu setelah memiliki file APK, kamu tidak bisa langsung menginstallnya begitu saja, kecuali jika setting pengamanan smartphone kamu sudah mengizinkannya. Untuk mengecek statusnya dan mengubah setting pengamanannya, kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini:
    • Buka Settings > lalu pilih Security
    • Di bagian Device Administration, klik pada box di Unknown sources
    • Lalu akan muncul pertanyaan, klik Ok
    • Nanti tanda centang akan muncul di boxnya
    [​IMG]

    Tujuan dari setting pengamanan ini adalah untuk memperbolehkan si smartphone atau tablet untuk menginstall file APK yang kamu perintahkan. Sebagai sekedar pengingat, sebaiknya kamu nonaktifkan kembali setting Unknown sources ini setelah selesai menginstall Google Play Store karena terkadang ada adware yang menginstall sembarang aplikasi di smartphone atau tablet kamu tanpa sepengetahuanmu saat sedang kamu gunakan untuk browsing.

    3. Install langsung dari smartphone
    Nah setelah semua persiapan beres, kini saatnya menginstall. Kalau tadi kamu mendownload file APK-nya langsung dari browser di smartphone atau tablet kamu, berarti kamu bisa langsung menginstall Google Play Store dari smartphone.

    Maka aplikasi yang akan kamu perlukan adalah file explorer atau aplikasi sejenisnya yang dapat menampilkan file-file yang baru saja kamu download dari browser. Temukan letak file APK-nya (biasanya terdapat pada folder Downloads), klik, lalu pilih Install ketika muncul pertanyaan seperti pada gambar di bawah ini:

    [​IMG]
    Mudah banget, kan?

    Atau...

    4. Install dari PC/laptop
    Mungkin kamu membaca artikel tips dan trik ini melalui PC/laptop, sehingga kamu mendownload file APK-nya di browser PC/laptop. Tidak masalah, cukup hubungkan smartphone atau tablet kamu dengan menggunakan kabel USB atau mungkin melalui jaringan Bluetooth jika tersedia. Copy file APK yang sudah kamu download, lalu Paste di memori internal/external smartphone kamu (memori mana saja yang terbaca oleh PC/laptop).

    Setelah terkopi, lanjutkan dengan cara nomor 3 dan... voila! Aplikasi Google Play Store kamu sudah muncul kembali di smartphone dan tablet kesayanganmu.

    [​IMG]

    Bagaimana bro, caranya mudah untuk diikuti, kan? Di samping dari cara manual di atas (jika masih belum berhasil juga), saya sarankan kamu untuk hanya konsultasikan masalah ini pada service center merk smartphone atau tablet yang kamu gunakan agar ditangani oleh pihak yang ahli. Selamat mencoba!

    Baca juga:
    Download APK dari APKMirror
    [​IMG]

    Download APK dari XDA Developers
    [​IMG]


    tips android, trik android, tips dan trik android, tips menginstall Google Play Store, Google Play, Google Play Store, android, Google Play error, smartphone android, tablet android

Share This Page