Wah, Google Siapkan Sertifikasi Khusus untuk Hape Gaming Android

Game News - droidunj - Oct 11, 2019

  1. Google kabarnya sedang menyiapkan sertifikasi ponsel-ponsel gaming bagi produsen smartphone. Untuk apa tujuannya? Yuk simak ulasannya di sini!

    [​IMG]

    Wah ada berita menggembirakan nih untuk kamu para mobile gamer Android. Google kabarnya lagi siapkan sertigikasi hape hape gaming untuk produsen smartphone. Nah sertifikasi ini tujuannya untuk memberi standar baru untuk hape gaming berplatform Android. Seperti yang kita tau, kebanyakan hape gaming sekarang kurang jelas rasa gamingnya. Hal ini disebabkan oleh spek dan fiturnya yang mirip dengan hape flagship pada umumnya. Tanpa adanya fitur fitur tambahan yang khususu disiapkan untuk main game, gak ada poin plus yang bisa ditawarkan oleh hape gaming ketimbang hape flagship biasa.

    Oleh karena itu, Google pun menyiapkan sertifikasi ini dengan harapan kalo produsen hape bisa menaati dokumen ini sebagai syarat mutlak yang harus ada di hape gaming. Sertifikasi ini bersisi beberapa prasyarat yang harus dipenunhi oleh vendor hape supaya device mereka layak disebut hape gaming.

    [​IMG]

    Lalu apa saja prasyarat tersebut? berikut diantaranya:

    1. Device yang bersangkutan harus memiliki performa yang stabil saat digunakan untuk main game selama mungkin. Stabil disini berarti tidak boleh overheat yang mengakibatkan thermal throttling dan penonaktifan core CPU.
    2. Smartphone gaming tersebut harus memiliki chipset CPU dan GPU performa tinggi paling mutakhir yang mampu memberikan pengalaman gaming yang nyaman.
    3. Dukungan API Vulkan versi 1.1 serta OpenGL ES harus ada di smartphone tersebut, guna menjamin kompatibilitas device tersebut dengan game-game sekarang dan yang akan datang.
    4. Terakhir, untuk menjamin performa gaming yang seamless, smartphone gaming harus mampu menyisakan memori 2.3 GB sebelum aplikasi-aplikasi background mulai ditutup.
    Nah dengan adanya prasyarat ini, besar harapannya buat vendor smartphone untuk menjejali hape gaming mereka yang akan datang dengan fitur pendukung gaming, Kayak misalnya menyediakan external fan untuk cegah overheat, serta ROM tanpa bloatware untuk ningkatin efisiensi RAM. Dengan begitu, kelebihan hape gaming dalam bermain game ketimbang hape flagship biasa akan makin menonjol. Khususnya dalam hal performa.


Share This Page