Waktu yang Tepat untuk Mengupgrade Collector

Q&A - audryadrian - Jun 10, 2015

  1. Playtoko.com - Banyak dari para pemain Clash of Clans yang kurang mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengupgrade collector. Bangunan satu ini memang menimbulkan dan kontra terkait fungsinya, daripada kita berdebat langsung saja cek artikel berikut ini.

    [​IMG]

    Menurut kalian seberapa pentingkah Collector itu? Sebagian dari kalian mungkin berpendapat bangunan ini kurang berguna karena hanya menghasilkan sedikit gold dan elixir, sebagaian lagi berpendapat bangunan ini berguna untuk menghasilkan gold dan elixir secara pasif. Dan banyak pula yang beranggapan bahwa mengupgrade collector hingga level tinggi dengan TH rendah bagus untuk perkembangan base. Tidak ada yang salah dari pendapat kalian, karena setiap orang memiliki prioritasnnya masing-masing. Namun sebagian besar dari kalian pasti bingung menentukan waktu yang tepat untuk mengupgrade bangunan satu ini. Maka dari itu kami akan memberikan solsusi serta saran. Sebelum mengupgrade ada beberapa hal yang harus kalian pahami di bawah ini.

    Level Town Hall

    Pertama kalian harus memahami perbandingan antara level TH dengan level collector milik kalian. Biasanya pemain tergiur untuk mengupgrade collector mereka hingga level maksimum. Memang gold dan elixir yang dihasilkan lebih besar, namun jika kalian mengupgrade collector tanpa perhitungan lawan akan bisa dengan mudah mencuri harta kalian melalui tanpa collector tanpa harus bersusah payah mencurinya dari storage milik kalian. Saya sarankan level collector kalian berada 1 level di bawah level TH kalian.

    Tergantung dari Cara Farming

    Untuk mengupgrade collector, kalian juga harus mempertimbangkannya kembali dengan mengetahui cara bermain kalian di dalam game Clash of Clans. Ada pemain yang rajin online dan rajin farming, pemain seperti ini sebaiknya tidak terlalu membutuhkan collector karena dari hasil farming saja harta yang kalian miliki sudah cukup banyak. Dan bagi yang jarang online, dan ingin mendapatkan harta dengan cara yang mudah tentu kalian akan mengutamakan collector sebagai mata pencarian utama. Karena saya lebih sering farming, maka saya tidak memprioritaskan collector milik saya.

    Waktu yang tepat untuk upgrade collector

    Dan waktu yang tepat untuk mengupgrade collector kalian adalah saat kalian sudah mengupgrade seluruh bangunan yang terdapat pada base kalian. Karena kalian harus memprioritaskan beberapa bangunan yang penting seperti defense serta wall, collector baru akan diupgrade ketika kalian ingin mengupgrade Townhall kalian ke level selanjutnya.

    Dari segi penghasilan, mengupgrade collector memang lebih menggiurkan apalagi kalian tidak perlu susah susah farming. Namun dari segi kemanan, base dengan level collector rendah jarang diserang oleh pemain lain karena lawan akan sulit untuk mencuri harta yang berada di dalam storage milik kalian. Namun jika kalian sudah memiliki level TH yang tinggi, tidak ada salahnya untuk mengupgrade collector kalian ketingkat maksimal. Jadi sekarang kembali lagi kepada kalian


    android, ios, collector, waktu, updgrade, question and answer, tips dan trik, townhall

Share This Page