Yang Terbaru dari Event Google Nexus dan Keuntungannya untuk Mobile Gaming

Game News - achmadfaizal - Sep 30, 2015

    [​IMG]

    Mungkin kabar-kabar terbaru yang disampaikan oleh Google dalam event Nexus semalam tidak terlalu mengejutkan. Wajar saja, kebanyakan informasi yang disampaikan sebelumnya telah leaked alias bocor ke berbagai media dan menjadi rumor yang selalu hangat diperbincangkan. Tapi setidaknya degan Event Nexus semalam kita sudah mendapatkan konfirmasi mengenai produk-produk terbaru yang ditawarkan oleh Google. Dari sekian produk baru yang diperkenalkan, berikut ini tim Playtoko sudah merangkum hal-hal paling penting yang harus kamu ketahui dan keuntungannya untuk mobile gaming.

    1. Nexus 6P
    [​IMG]

    Hal baru yang pertama dan paling penting untuk kamu ketahui adalah Google Nexus 6P. Seperti apa yang tersebar pada rumor-rumor beberapa hari yang lalu, inilah wujud dari Nexus 6P(Plus) yang sebenarnya. Diproduksi oleh Huawei, Nexus 6P memiliki banyak upgrade dari Nexus 6 dan diklaim sebagai "the most premium phone yet" saat ini. Body-nya yang dibalut dengan bahan logam memiliki ketebalan 7.3mm saja dan dibekali dengan fingerprint scanner di bagian belakang yang disebut dengan Nexus Imprint. Berikut ini adalah spesifikasi selengkapnya:
    • Layar: 5.7inchi, resolusi 1440 x 2450 pixels, Corning Gorilla Glass 4
    • Chipset: Qualcomm MSM8994 Snapdragon 810
    • CPU: Quad-core 1.55 GHz Cortex-A53 & Quad-core 2.0 GHz Cortex-A57
    • GPU: Adreno 430
    • Memori: Internal 32/64/128 GB, no card slot, RAM 3GB
    • Kamera Belakang: 12.3 MP, 4608 x 2952 pixels, laser autofocus, dual-LED (dual tone) flash, video 2160p@30fps;
    • Kamera Depan: 5MP, 720p@30fps
    • Baterai: Non-removable Li-Po 3450 mAh
    Resolusi layar Nexus 6P yang sudah mencapai 4K pastinya akan memberikan kepuasan tersendiri saat menonton video, film, dan tentunya bermain game mobile . Bermain game juga tidak akan masalah berkat pembekalan Chipset terkini dan mumpuni dari Snapdragon 810 serta akses kelola memori yang leluasa dengan RAM 3GB. Google bahkan mengklaim bahwa smartphone ini dapat di-charge dua kali lebih cepat dibandingkan iPhone 6 Plus .

    Untuk harga Nexus 6P dibanderol sebesar $499 atau sekitar Rp 7juta-an. Harga yang sudah sepantasnya dibayarkan untuk kualitas premium dari Nexus terbaru andalan Google ini.


    2. Nexus 5X
    [​IMG]

    Produk selanjutnya merupakan produk alternatif yang diklaim lebih 'terjangkau' dan merupakan bentuk refreshment dari produk Nexus 5 sebelumnya, yakni Nexus 5X. Masih diproduksi oleh LG, Nexus 5X kini hadir sedikit lebih besar dengan ukuran layar 5.2inchi. Sama dengan Nexus 6P, Nexus 5X juga dibekali dengan Nexus Imprint dibagian belakang dan menggunakan port USB Type-C 1.0 yang dapat di-plug secara bolak-balik. Berikut ini rincian spesifikasinya:
    • Layar: 5.2inchi, resolusi 1080 x 1920 pixels, Corning Gorilla Glass 3
    • Chipset: Qualcomm MSM8992 Snapdragon 808
    • CPU: Quad-core 1.44 GHz Cortex-A53 & dual-core 1.82 GHz Cortex-A57
    • GPU: Adreno 418
    • Memori: Internal 32/64 GB, no card slot, RAM 2GB
    • Kamera Belakang: 12 MP, 4608 x 2952 pixels, laser autofocus, dual-LED (dual tone) flash, video 2160p@30fps;
    • Kamera Depan: 5MP, 720p@30fps
    • Baterai: Non-removable Li-Po 2700 mAh
    Tidak kalah powerful dari Nexus 6P, Nexus 5X juga dibekali dengan chipset yang cukup mumpuni saat ini dengan Snapdragon 808. Prosesornya juga mengalami banyak peningkatan dengan CPU 6-inti dibandingkan Nexus 5 yang sebelumnya hanya 4-inti. Buat yang suka berfoto-foto dan selfie, kamu juga bisa dapatkan hasil jepretan yang memuaskan dari hardware kameranya yang kekinian. Buat mobile gaming tentunya juga bukan masalah besar untuk memainkan game-game high-end seperti Vainglory, Asphalt 8, Order and Chaos 2: Redemption, dan lain-lain.

    Untuk harga, kamu harus merogoh kocek sebesar $379 atau sekitar Rp 5juta-an. Nominal harga yang cukup worth it untuk sebuah refreshment yang tidak akan mengecewakan.


    3. Pixel C
    [​IMG]

    Last but not least, ada satu produk besar dari Google dan diproduksi oleh Google di luar lini Nexus, yakni sebuah tablet bernama Pixel C. Tidak mau kalah dengan Microsoft Surface dan iPad Air Pro, tablet Pixel C hadir dalam ukuran 10.2 inchi dan disertai dengan bluetooth keyboard yang dapat dilepas-pasang. Sebenarnya nama Pixel ini diambil dari lini laptop Chromebook dari Google, akan tetapi tablet Pixel C akan bekerja dengan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow .

    Ada beberapa kelebihan yang dimiliki tablet 'surface' yang dijamin bakal memuaskan keinginanmu sepenuhnya untuk mobile gaming. Yang pertama adalah pembekalan prosesor NVIDIA Tegra X1 dengan GPU Maxwell pada Pixel C. Kamu pasti tahu kan apa saja kelebihan dari prosesor berteknologi Tegra seperti pada tablet NVIDIA Shield ? Selain itu layar 10.2 inchi-nya memiliki resolusi 2560 x 1800 (2K) dan kecerahan tertinggi saat ini sebesar 500 nit. Kamu bisa menikmati pengalaman gaming terbaik pada layarnya baik saat kamu bermain indoor ataupun outdoor.

    [​IMG]

    Sama seperti Nexus 6P dan Nexus 5X, Pixel C dibekali dengan memori internal 32/64 GB, RAM 3GB, dan port USB Type-C 1.0. Dengan kapasitas memori yang leluasa (dan ukuran layar yang lebih leluasa), pasti bermain game dengan kualitas AAA di tablet ini akan terasa lebih maksimal. Untuk bekerja juga terasa lebih nyaman berkat aksesoris bluetooth keyboard, namun sayangnya keyboard ini dijual terpisah dengan harga $149. Tablet Pixel C sendiri nantinya akan dibanderol dengan harga $499, sama seperti Nexus 6P.

    Selain ketiga gadget baru di atas, Google juga memperkenalkan Chromecast baru serta layanan Chromecast Audio, fitur layanan Family Music dan Family Photos, dan layanan wireless network Project Fi yang baru tersedia untuk Nexus. Satu hal lagi yang terpenting dan membuat pengalaman mobile gaming semakin baik adalah kehadiran Android 6.0 Marshmallow yang akan segera tersedia minggu depan. Dengan sistem operasi baru, tentunya ada banyak bugs yang diperbaiki serta banyak fitur yang mendukung kelola aplikasi (termasuk game mobile di dalamnya) menjadi lebih baik dan nyaman untuk digunakan. Nantikan kabar terbaru seputar Google dan game Android dari kami.

    Baca juga:


    google, chrome, chromecast, nexus, nexus 5x, nexus 6p, nexus 5, nexus 6, pixel c, nvidia, nvidia tegra, nvidia shield, iphone 6 plus, android, marshmallow, android 6.0, game android, game mobile

Share This Page